Transmisi Matic, Sejarah dari Minoritas ke Mayoritas

Transmisi matic jadi pilihan nomor satu karena kepraktisannya dan setelah 100 tahun berikut sejarah dari minoritas ke mayoritas

Transmisi Matic, Sejarah dari Minoritas ke Mayoritas

TRENOTO – Transmisi matic atau otomatis saat ini mendominasi penjualan mobil juga motor di dunia termasuk Indonesia. Atmosfernya sungguh jauh berbeda dibandingkan era tahun 80-90an di mana para pembeli masih gandrung pada kendaraan bertransmisi manual.

Saat itu, transmisi matik disebut memiliki banyak handicap. Di antaranya seperti tidak terlalu responsif, kurang tenaga saat diajak berakselerasi ditanjakan hingga mahal perawatannya dan repot jika mogok di jalan karena tidak bisa langsung ditarik.

Seiring berjalannya waktu, makin padatnya lalu lintas seperti di Jakarta dan makin berkembangnya teknologi transmisi matic yang makin canggih, prilaku konsumen berubah. Saat ini penjualan didominasi mobil bertransmisi matic, bahkan milenials banyak mengganggap aneh dan tidak praktis jika saat ini melihat masih ada yang menggunakan transmisi manual.

Photo : Istimewa

Sejarah Transmisi Matic

Sejarah transmisi matic dimulai oleh Alfred Horner, seorang insinyur mesin uap asal Kanada yang disebut sebagai perancang pertama di dunia pada 1921 atau tepat 100 tahun lalu. Saat itu Horner merancang transmisi otomatis yang cara kerjanya menggunakan udara terkompresi.

Sayangnya projek ini dianggap gagal karena tidak bisa menyalurkan tenaga dengan baik. Sampai akhirnya sistem transmisi ini tidak pernah masuk jalur produksi dan dipasarkan.


Terkini

mobil
Farizon Resmi Masuk Indonesia, Berniat Produksi EV di Tanah Air

Farizon Auto Resmi Masuk Indonesia, Gandeng Arista Group

Arista Group bekerja sama dengan Farizon untuk menjual kendaraan listrik niaga untuk pasar di Indonesia

mobil
Mobil Lubricants

Mobil Lubricants Gelar Program Apresiasi, Konsumen Bisa Ikut

Konsumen bisa mengikuti program apresiasi berhadiah Mobil Lubricants, cukup dengan melakukan pembelian oli

news
KNKT Sorot Dua Faktor Penting di Balik Kecelakaan Truk GT Ciawi

KNKT Sorot Dua Faktor Penting di Balik Kecelakaan Truk GT Ciawi

KNKT ungkap dua faktor yang berperan di balik terjadinya kecelakaan truk di GT Ciawi pada 4 September 2025

modifikasi
Modifikasi Yamaha Aerox Alpha Aliran Vietnam Style, Dana Pelajar

Modifikasi Yamaha Aerox Alpha Aliran Vietnam Style, Dana Pelajar

Salah satu aliran modifikasi yang bisa diadopsi para pengguna Yamaha Aerox Alpha adalah Vietnam Style

otosport
Strategi yang Bikin Pedro Acosta Nyaris Podium di Catalunya

Strategi yang Bikin Pedro Acosta Gagal Podium di Catalunya

Pedro Acosta nyaris naik podium di MotoGP Catalunya 2025, namun dikalahkan oleh rider KTM Enea Bastianini

otopedia
Pelat nomor cantik

Cara dan Biaya Pembuatan Pelat Nomor Cantik, Ada yang Rp 20 juta

pembuatan pelat nomor cantik tidak bisa sembarangan dan ada biaya yang cukup besar karena nilainya mencapai Rp 20 juta

mobil
Insentif Mobil Listrik CBU Disetop, Angin Segar buat Produsen

Insentif Mobil Listrik CBU Disetop, Angin Segar buat Produsen

Insentif mobil listrik CBU disetop akhir 2025, bisa menghambat calon investor tetapi punya sisi positif

mobil
KPK Siap Lelang Mobil BJ Habibie yang Disita dari Ridwan Kamil

KPK Siap Lelang Mobil BJ Habibie yang Disita dari Ridwan Kamil

KPK sudah menyiapkan dua skema untuk melakukan lelang mobil BJ Habibie yang dibeli oleh Ridwan Kamil di 2021