Pemerintah Klaim Penghentian Insentif Bisa Pacu Pembangunan Pabrik
16 Desember 2025, 15:00 WIB
Toyota optimis bahwa pemesanan kendaraan di Februari 2025 bakal positif karena berdekatan dengan Lebaran
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Toyota mengungkap bahwa Februari akan menjadi ajang masyarakat melakukan pembelian kendaraan. Pasalnya pada akhir Maret 2025 musim mudik Lebaran sudah dimulai.
Oleh sebab itu mereka akan memaksimalkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Pasalnya itu adalah ajang yang dipercaya bakal dimanfaatkan masyarakat memesan kendaraan.
“Menuju bulan puasa dan libur lebaran nanti biasanya jadi salah satu waktu favorit masyarakat untuk melakukan pembelian kendaraan. Ditambah event motorshow seperti IIMS juga harapannya bisa ikut berkontribusi positif,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM (Toyota Astra Motor) kepada KatadataOTO (03/02).
Ia pun percaya bahwa mobil berkapasitas tujuh orang penumpang bakal menjadi pilihan yang paling banyak diminati masyarakat. Pasalnya kendaraan bakal digunakan untuk perjalanan ke kampung halaman.
“Jenis mobilnya sendiri rasanya masih didominasi oleh 7-seater baik itu MPV ataupun SUV. Karena memang kebutuhannya akan banyak untuk mudik yang membutuhkan akomodasi luas,” tambahnya kemudian.
Ia pun menegaskan bakal memberikan beragam promo penjualan untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Perlu diketahui bahwa pada sepanjang 2024 Toyota masih menjadi pabrikan dengan penjualan kendaraan terbesar di Indonesia. Pada periode tersebut mereka berhasil melepas 293.788 unit atau menguasai 33 persen dari pasar nasional.
Catatan tersebut lebih sedikit dibanding pencapaian di periode serupa tahun lalu yang sebesar angka sebanyak 325.395 unit atau setara 32,6 persen total market.
Penurunan juga terlihat pada wholesales perusahaan di 2024. Sepanjang Januari hingga Desember tahun lalu, pengiriman kendaraan dari pabrik ke diler adalah adalah sebanyak 288.982 unit atau 33,4 persen pasar.
Angka tersebut jelas lebih kecil dibanding pencapaian di periode serupa tahun lalu yaitu sebesar 336.777 unit sehingga membuat Toyota menguasai 33,5 persen dari total pasar.
Toyota Kijang Innova berhasil menjadi model yang paling banyak dikirim ke diler. Wholesales model tersebut mencapai 63.676 unit.
Kemudian Toyota Avanza berhasil menguasai posisi kedua dengan wholesales sebesar 55.838 unit sepanjang 2024.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
16 Desember 2025, 15:00 WIB
16 Desember 2025, 10:00 WIB
16 Desember 2025, 08:00 WIB
15 Desember 2025, 10:00 WIB
15 Desember 2025, 07:00 WIB
Terkini
16 Desember 2025, 21:03 WIB
Ajang penghargaan Forwot Car of The Year 2025 menunjuk Mitsubishi Destinator menangkan kategori utama
16 Desember 2025, 20:59 WIB
Dalam investigasinya, NGK banyak menemukan busi palsu merek NGK beredar luas di kota-kota besar Indonesia
16 Desember 2025, 20:57 WIB
Rizki Juniansyah, atlet angkat beban Tanah Air menambah pundi-pundi emas Indonesia dalam ajang SEA Games 2025
16 Desember 2025, 18:00 WIB
Niterra melakukan investagi dengan beberapa pihak untuk memberantas peredaran busi NGK palsu di Indonesia
16 Desember 2025, 17:00 WIB
BYD menyiapkan dua model mobil baru yang mengincar pasar global di kuartal pertama 2026, ada sedan dan SUV
16 Desember 2025, 16:00 WIB
Maxus menjual dua model MPV listrik mewah, namun angka penjualannya masih tertinggal jauh dari Denza
16 Desember 2025, 15:00 WIB
Meski tanpa insentif pemerintah optimis produsen mobil tetap mau berinvestasi dengan membangun pabrik di Indonesia
16 Desember 2025, 14:00 WIB
Salah satu produk Mitsubishi Fuso, yakni Canter tengah mengikuti pengujian Biodiesel B50 dari pemerintah