Pemilik Mobil Disebut Beralih ke Motor Karena Daya Beli Melemah
26 Desember 2025, 11:00 WIB
Toyota optimis bahwa pemesanan kendaraan di Februari 2025 bakal positif karena berdekatan dengan Lebaran
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Toyota mengungkap bahwa Februari akan menjadi ajang masyarakat melakukan pembelian kendaraan. Pasalnya pada akhir Maret 2025 musim mudik Lebaran sudah dimulai.
Oleh sebab itu mereka akan memaksimalkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Pasalnya itu adalah ajang yang dipercaya bakal dimanfaatkan masyarakat memesan kendaraan.
“Menuju bulan puasa dan libur lebaran nanti biasanya jadi salah satu waktu favorit masyarakat untuk melakukan pembelian kendaraan. Ditambah event motorshow seperti IIMS juga harapannya bisa ikut berkontribusi positif,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM (Toyota Astra Motor) kepada KatadataOTO (03/02).
Ia pun percaya bahwa mobil berkapasitas tujuh orang penumpang bakal menjadi pilihan yang paling banyak diminati masyarakat. Pasalnya kendaraan bakal digunakan untuk perjalanan ke kampung halaman.
“Jenis mobilnya sendiri rasanya masih didominasi oleh 7-seater baik itu MPV ataupun SUV. Karena memang kebutuhannya akan banyak untuk mudik yang membutuhkan akomodasi luas,” tambahnya kemudian.
Ia pun menegaskan bakal memberikan beragam promo penjualan untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Perlu diketahui bahwa pada sepanjang 2024 Toyota masih menjadi pabrikan dengan penjualan kendaraan terbesar di Indonesia. Pada periode tersebut mereka berhasil melepas 293.788 unit atau menguasai 33 persen dari pasar nasional.
Catatan tersebut lebih sedikit dibanding pencapaian di periode serupa tahun lalu yang sebesar angka sebanyak 325.395 unit atau setara 32,6 persen total market.
Penurunan juga terlihat pada wholesales perusahaan di 2024. Sepanjang Januari hingga Desember tahun lalu, pengiriman kendaraan dari pabrik ke diler adalah adalah sebanyak 288.982 unit atau 33,4 persen pasar.
Angka tersebut jelas lebih kecil dibanding pencapaian di periode serupa tahun lalu yaitu sebesar 336.777 unit sehingga membuat Toyota menguasai 33,5 persen dari total pasar.
Toyota Kijang Innova berhasil menjadi model yang paling banyak dikirim ke diler. Wholesales model tersebut mencapai 63.676 unit.
Kemudian Toyota Avanza berhasil menguasai posisi kedua dengan wholesales sebesar 55.838 unit sepanjang 2024.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 Desember 2025, 11:00 WIB
23 Desember 2025, 18:00 WIB
23 Desember 2025, 08:00 WIB
22 Desember 2025, 19:00 WIB
20 Desember 2025, 16:38 WIB
Terkini
26 Desember 2025, 13:00 WIB
BYD jawab kebutuhan pelanggan yang membutuhkan pengisian daya super cepat saat melakukan perjalanan jarak jauh
26 Desember 2025, 11:00 WIB
Menurut Yamaha membeli motor baru menjadi opsi lebih ramah di kantong saat kondisi ekonomi sedang sulit
26 Desember 2025, 09:00 WIB
perang harga sekilas menguntungkan konsumen semata, padahal menyimpan bahaya di masa depan yang merugikan
26 Desember 2025, 07:00 WIB
Pemerintah telah membatasi fungsi bahu jalan tol dan masyarakat diharapkan mematuhinya untuk kelancaran lalu lintas
26 Desember 2025, 06:00 WIB
Ada beberapa syarat maupun biaya yang diperhatikan sebelum mendatangi lokasi SIM keliling Bandung hari ini
26 Desember 2025, 06:00 WIB
Sebelum libur tahun baru, layanan SIM keliling Jakarta masih tersedia di sejumlah lokasi sekitar Ibu Kota
25 Desember 2025, 15:00 WIB
Cicilan paling murah all new Honda Vario Street 125 di Jakarta pada Desember 2025 adalah Rp 429 ribuan
25 Desember 2025, 13:00 WIB
Pembangunan jalur Puncak II akan dilanjutkan tahun depan dengan estimasi biaya mencapai Rp 4,7 triliun