Mau Berlaku di RI, Mandatori Bensin Etanol Malah Ditentang di AS
26 Oktober 2025, 10:10 WIB
Toyota optimis bahwa pemesanan kendaraan di Februari 2025 bakal positif karena berdekatan dengan Lebaran
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Toyota mengungkap bahwa Februari akan menjadi ajang masyarakat melakukan pembelian kendaraan. Pasalnya pada akhir Maret 2025 musim mudik Lebaran sudah dimulai.
Oleh sebab itu mereka akan memaksimalkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. Pasalnya itu adalah ajang yang dipercaya bakal dimanfaatkan masyarakat memesan kendaraan.
“Menuju bulan puasa dan libur lebaran nanti biasanya jadi salah satu waktu favorit masyarakat untuk melakukan pembelian kendaraan. Ditambah event motorshow seperti IIMS juga harapannya bisa ikut berkontribusi positif,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM (Toyota Astra Motor) kepada KatadataOTO (03/02).
Ia pun percaya bahwa mobil berkapasitas tujuh orang penumpang bakal menjadi pilihan yang paling banyak diminati masyarakat. Pasalnya kendaraan bakal digunakan untuk perjalanan ke kampung halaman.
“Jenis mobilnya sendiri rasanya masih didominasi oleh 7-seater baik itu MPV ataupun SUV. Karena memang kebutuhannya akan banyak untuk mudik yang membutuhkan akomodasi luas,” tambahnya kemudian.
Ia pun menegaskan bakal memberikan beragam promo penjualan untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Perlu diketahui bahwa pada sepanjang 2024 Toyota masih menjadi pabrikan dengan penjualan kendaraan terbesar di Indonesia. Pada periode tersebut mereka berhasil melepas 293.788 unit atau menguasai 33 persen dari pasar nasional.
Catatan tersebut lebih sedikit dibanding pencapaian di periode serupa tahun lalu yang sebesar angka sebanyak 325.395 unit atau setara 32,6 persen total market.
Penurunan juga terlihat pada wholesales perusahaan di 2024. Sepanjang Januari hingga Desember tahun lalu, pengiriman kendaraan dari pabrik ke diler adalah adalah sebanyak 288.982 unit atau 33,4 persen pasar.
Angka tersebut jelas lebih kecil dibanding pencapaian di periode serupa tahun lalu yaitu sebesar 336.777 unit sehingga membuat Toyota menguasai 33,5 persen dari total pasar.
Toyota Kijang Innova berhasil menjadi model yang paling banyak dikirim ke diler. Wholesales model tersebut mencapai 63.676 unit.
Kemudian Toyota Avanza berhasil menguasai posisi kedua dengan wholesales sebesar 55.838 unit sepanjang 2024.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 Oktober 2025, 10:10 WIB
24 Oktober 2025, 18:00 WIB
24 Oktober 2025, 08:00 WIB
24 Oktober 2025, 07:00 WIB
22 Oktober 2025, 11:00 WIB
Terkini
26 Oktober 2025, 10:10 WIB
Perluasan mandatori etanol 10 persen menjadi 15 persen tuai protes di Amerika Serikat, ini alasannya
26 Oktober 2025, 07:15 WIB
Atta Halilintar memiliki koleksi kendaraan yang cukup beragam dan beberapa diantaranya sudah dimodifikasi
25 Oktober 2025, 19:00 WIB
Chery Tiggo Cross CSH mendapatkan respons positif dari konsumen, mulai diserahkan ke 1.000 konsumen pertama
25 Oktober 2025, 17:00 WIB
Vinfast di Indonesia terus mengembangkan lini bisnis untuk mendukung pemerintah mewujudkan energi bersih
25 Oktober 2025, 15:14 WIB
Francesco Bagnaia memenangkan Sprint Race MotoGP Malaysia 2025, disusul Alex Marquez dan Fermin Aldeguer
25 Oktober 2025, 09:00 WIB
Tiga siswa berhasil memperoleh penghargaan di AHM Best Student 2025 berkat inovasinya di bidang lingkungan
25 Oktober 2025, 09:00 WIB
Kakorlantas berkomitmen agar ETLE diperkuat kehadirannya di seluruh wilayan Indonesia khususnya di pulau Jawa
25 Oktober 2025, 07:00 WIB
Demi memanjakan para konsumen di Tanah Air, Changan berencana memboyong Deepal S05 varian REEV tahun depan