Penjualan Chery Merosot Lagi di Agustus 2025, Minus 12,9 Persen
10 September 2025, 14:00 WIB
Di tengah lesunya penjualan mobil di Indonesia, Gaikindo berharap GIIAS 2024 bisa memberi dampak positif
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Gelaran GIIAS 2024 sudah memasuki hari ketujuh. Sejumlah pabrikan meluncurkan produk anyar dalam pameran yang digelar di ICE BSD, Tangerang.
Selain itu terdapat sejumlah merek baru ikut melantai di sana. Membuat Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) berharap ajang tahunan tersebut bisa memberi dampak positif.
“Saya ingin dengan adanya GIIAS 2024 dapat menambah animo masyarakat untuk datang melihat. Tujuan utama agar menstimulus mereka buat membeli kendaraan,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo saat ditemui disela-sla pameran..
Dia menilai pameran otomotif yang diselenggarakan bisa berperan besar dalam penjualan mobil di Tanah Air. Sebab saat ini kondisinya tengah lesu atau menurun.
Jadi dia berharap GIIAS 2024 mampu mendongkrak angka penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air. Dengan begitu mampu mencatatkan hasil lebih baik lagi.
“Tahun lalu dalam 11 hari terjual kira-kira 27 ribu mobil. Mudah-mudahan GIIAS 2024 bisa lebih baik atau paling tidak sama,” Nangoi melanjutkan.
Memang pasar otomotif terutama kendaraan roda empat sedang tidak baik-baik saja. Menurut data Gaikindo, penjualan Wholesales atau dari pabrik ke diler sepanjang semester satu berhenti di 408.012 unit.
Jumlah tersebut terkoreksi 19,5 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pasalnya di 2023 menyentuh angka 506.427 unit.
Sedangkan penjualan ritel berjumlah 431.987 unit atau turun sebesar 14 persen dari tahun sebelumnya yang berhasil mencapai 502.533 unit.
Tentu jumlah di atas jauh dari yang diharapkan Gaikindo. Apalagi mereka menargetkan 1,1 juta kendaraan roda empat terjual di 2024.
Melihat fakta di atas, Nangoi ternyata tengah berkoordinasi dengan jajarannya buat membahas kembali target telah ditentukan.
“Kami akan coba lihat sebelum (GIIAS) berakhir. Apakah akan direvisi atau tidak, tapi kemungkinan besar akan revisi,” tegas Nangoi.
Di sisi lain Nangoi menjelaskan ada sejumlah faktor membuat penjualan mobil di Indonesia turun drastis. Salah satunya adalah karena krisis ekonomi yang mempengaruhi daya beli masyarakat.
Lalu melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat turut memberi tekanan. Kemudian pemilihan presiden 2024 juga menjadi batu sandungan.
Tak heran jika penjualan mobil di Indonesia pada semester satu 2024 turun drastis. Gaikindo pun berharap kondisi ini segera berlalu.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
10 September 2025, 14:00 WIB
10 September 2025, 12:00 WIB
10 September 2025, 08:00 WIB
09 September 2025, 18:00 WIB
08 September 2025, 08:00 WIB
Terkini
10 September 2025, 19:00 WIB
GAC resmi mengumumkan harga Aion UT yang meluncur di GIIAS 2025, tipe terendah Rp 325 juta on the road Jakarta
10 September 2025, 18:00 WIB
IMOS 2025 kembali digelar di ICE BSD, Tangerang pada 24-28 September untuk mendongkrak penjualan motor
10 September 2025, 17:00 WIB
Ferry Irwandi yang dikenal sebagai kreator konten sekaligus aktivis, memiliki ketertarikan di dunia otomotif
10 September 2025, 16:00 WIB
Dominasi mobil Cina di Eropa membuat Porsche sampai Mercedes-Benz kesulitan untuk bersaing menggaet konsumen
10 September 2025, 15:00 WIB
Naxtra adalah baterai sodium-ion alternatif LFP dan lithium ion, diproduksi CATL mulai Desember 2025
10 September 2025, 14:00 WIB
Kinerja penjualan mobil baru Chery kembali menunjukan hasil kurang maksimal, terjadi penurunan di Agustus 2025
10 September 2025, 13:00 WIB
Alex Marquez berhasil bangkit dan meraih kemenangan di MotoGP Catalunya 2025 meskipun sempat terjatuh
10 September 2025, 12:00 WIB
Penjualan mobil secara retail di Agustus 2025 naik lima persen dari Juli, target tahun ini tidak berubah