Pemerintah Ajak Xiaomi Buka Pabrik Mobil Listrik di Indonesia
14 Oktober 2025, 08:00 WIB
Daihatsu mampu menorehkan penjualan cukup positif pada September 2025 berkat kontribusi Sigra dan Gran Max
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Astra Daihatsu Motor (ADM) menunjukan kinerja positif pada September 2025. Karena penjualan mereka bisa mengalami kenaikan.
Menurut catatan Gaikindo, pada bulan lalu Daihatu berhasil membukukan 11.390 unit dari diler ke konsumen (retail sales).
Jumlah di atas mengalami peningkatkan tipis dari 11.008 pada Agustus 2025. Menjadi sebuah raihan positif bagi produsen asal Jepang itu.
Daihatsu pun buka suara mengenai catan apik kali ini. Mereka mengaku bersyukur atas kinerja positif tersebut.
"Betul bahwa retail sales Daihatsu di September 2025 mencatatkan angka 11.390 unit dengan kenaikan lebih dari tiga persen," ungkap Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation kepada KatadataOTO, Selasa (14/10).
Tri menjelaskan kalau ada sejumlah faktor pendukung kenapa penjualan mobil baru Daihatsu naik di September 2025.
Seperti contoh dengan memaksimalkan tingginya minat masyarakat terhadap kendaraan komersial mereka.
"Ditandai dengan kenaikan penjualan unit Daihatsu Gran Max (di bulan lalu)," Tri melanjutkan.
Selain itu mobil Low Cost Green Car (LCGC) Daihatsu juga tidak kalah digandrungi konsumen di dalam negeri.
Kendaraan roda empat dengan banderol terjangkau itu turut menjadi tulang punggung Daihatsu di pasar dalam negeri.
"Dan juga (ada) kenaikan di sektor LCGC, khususnnya Daihatsu Sigra," pungkas Tri.
Berbekal dua produk di atas, Daihatsu mampu menunjukan kinerja cukup positif, terutama di pasar mobil baru.
Mengingat penjualan kendaraan roda empat anyar pada bulan lalu kembali terkoreksi cukup dalam.
Masih dalam data Gaikindo, sepanjang September 2025 penjualan retail sales hanya berada di level 63.723 unit.
Raihan tersebut turun 4,20 persen jika dibandingkan dengan penjualan retail di Agustus 2025.
Kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih dinilai sebagai salah satu faktor utama di dalamnya.
Daya beli masyarakat terhadap kendaraan roda empat anyar juga sangat terpengaruh. Mereka seperti enggan membelanjakan uangnya.
Jika dilihat lebih rinci, Toyota bertahan di posisi pertama merek dengan penjualan terbanyak yaitu 20.072 unit.
Lalu di peringkat kedua ditempati oleh Daihatsu. Pada tangga ketiga ada Suzuki yang mengirimkan 5.477 unit.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
14 Oktober 2025, 08:00 WIB
13 Oktober 2025, 08:00 WIB
10 Oktober 2025, 15:00 WIB
09 Oktober 2025, 18:00 WIB
07 Oktober 2025, 22:31 WIB
Terkini
14 Oktober 2025, 17:00 WIB
GWM memboyong sejumlah produk unggulan sebagai bentuk upaya mereka menggoda para konsumen di Indonesia
14 Oktober 2025, 16:00 WIB
Suzuki e-VanVan siap meramaikan Japan Mobility Show 2025, motor listrik retro yang mirip Honda Monkey 125
14 Oktober 2025, 15:00 WIB
Proses negosiasi antara Pertamina bersama BP AKR dan Vivo mengenai kuota tambahan impor BBM terus berjalan
14 Oktober 2025, 14:00 WIB
Suzuki Fronx modif yang mejeng di ajang IMX 2025 tampil menggoda para pengunjung pameran di akhir pekan
14 Oktober 2025, 13:00 WIB
Tidak sembarangan, penerapan BBM campuran etanol 10 persen atau E10 harus memperhatikan ekosistem pendukung
14 Oktober 2025, 12:00 WIB
Ada produk baru dengan harga kompetitif disinyalir jadi salah satu faktor penyebab lesunya penjualan LCGC
14 Oktober 2025, 11:00 WIB
Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku bahwa dirinya memang jarang menggunakan pengawalan kecuali saat acara resmi
14 Oktober 2025, 10:00 WIB
Toyota dan CATL disinyalir segera melokalisasi baterai lini elektrifikasi seperti bZ4X dan Veloz Hybrid