Aturan Insentif PPnBM Impor Mobil Listrik CBU Berubah Lagi
20 November 2024, 08:00 WIB
Impor mobil 2024 mengalami kenaikan dengan Toyota menjadi penyumbang terbanyak dibanding pabrikan lain
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Impor mobil di 2024 mengalami peningkatan cukup besar dibandingkan pada 2023. Hal ini karena semakin banyaknya pabrikan masuk ke Tanah Air namun belum membuka fasilitas produksi.
Berdasarkan data Gaikindo, jumlah mobil yang diimpor periode Januari hingga Desember 2024 adalah sebesar 97.010 unit. Angka itu 80.95 lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya yaitu sebanyak 88.915 unit atau tumbuh 9,1 persen.
Dari jumlah itu, Toyota menjadi importir kendaraan terbesar dengan membawa 33.594 unit sehingga menguasai 40,2 persen. Jumlah itu turun 6,1 persen atau sekitar 2.193 unit dari 2023 yang sebanyak 35.787 unit.
BYD menjadi pabrikan terbesar kedua karena telah membawa 16.767 unit sepanjang 2024. Pabrikan asal China tersebut menguasai 17,3 persen dari total kendaraan impor Tanah Air.
Berikutnya ada Suzuki yang menduduki posisi ketiga setelah memasukkan 12.542 unit kendaraan sepanjang 2024. Jumlah itu naik 12 persen atau 1.347 unit dari tahun sebelumnya yaitu 11.195 unit.
Kemudian Mitsubishi Motors ada di posisi empat dengan jumlah impor sebanyak 5.822 unit. angka ini menurun 54 persen atau 6.848 unit dari 2023 yang sebanyak 12.670 unit.
Mazda menjadi penutup lima besar importir terbesar di Indonesia setelah memasukkan 4.377 unit, turun 943 unit atau sekitar 17,7 persen. Padahal di 2023 unit masuk adalah 5.320 unit.
Merek | Jumlah |
Toyota | 33.594 |
BYD | 16.767 |
Suzuki | 12.542 |
Mitsubishi Motors | 5.822 |
Mazda | 4.377 |
Honda | 4.263 |
Lexus | 2.460 |
Hyundai – HMID | 1.906 |
BMW | 1.847 |
Citroen | 1.324 |
Lainnya | 12.108 |
Total | 97.010 |
Meski menyambut positif kedatangan pabrikan baru ke Indonesia, Gaikindo berharap merek-merek tersebut akan berinvestasi dan merakit kendaraan secara lokal. Hal ini penting terhadap keberlangsungan industri otomotif Tanah Air.
“Saya bilang sama merek-merek baru itu jangan impor CBU, langsung CKD dengan bodi (mobil) yang sudah dicat. Investasinyakan ringan,” kata Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gaikindo di ICE BSD, Tangerang beberapa waktu lalu.
Apabila mobil dirakit di dalam negeri, Jongkie kembali menegaskan beberapa komponen dipakai bisa berasal dari dalam negeri. Sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan serta mendukung industri lokal.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
20 November 2024, 08:00 WIB
02 September 2024, 21:00 WIB
13 Mei 2024, 16:00 WIB
04 Mei 2024, 18:06 WIB
18 Desember 2023, 13:12 WIB
Terkini
17 Januari 2025, 11:00 WIB
Kemudahan serta keringanan pembelian secara kredit menjadi kunci utama penjualan kendaraan dari Daihatsu
17 Januari 2025, 10:00 WIB
Terdapat beberapa cara agar tidak lupa jadwal perawatan mobil demi menjaga performa kendaraan milik Anda
17 Januari 2025, 09:00 WIB
Kemenperin berharap peserta IIMS 2025 bisa menghadirkan diskon atau potongan harga spesial bagi pengunjung
17 Januari 2025, 08:00 WIB
Ada kenaikan harga Rp 1 juta-Rp 4 jutaan, Daihatsu yakin LCGC masih akan tetap diminati oleh konsumen
17 Januari 2025, 07:00 WIB
Cara urus SIM hilang di Januari 2025 cukup mudah asalkan pemohon membawa seluruh persyaratan secara lengkap
17 Januari 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 17 Januari 2025 tetap dilaksanakan secara maksimal meski masyarakat akan libur akhir pekan
17 Januari 2025, 06:00 WIB
Fasilitas SIM keliling Bandung tidak beroperasi di akhir pekan, berikut informasi lengkap layanannya hari ini
17 Januari 2025, 06:00 WIB
Jelang akhir pekan, masyarakat tetap bisa mengurus dokumen berkendara di lima lokasi SIM Keliling Jakarta