Alasan Suzuki Tidak Hilangkan Gundukan di Tengah Platform Heartect

Suzuki tidak hilangkan gundukangan di tengah platform heartect untuk menjawab kebutuhan pengembangan kendaraan

Alasan Suzuki Tidak Hilangkan Gundukan di Tengah Platform Heartect
  • Oleh Adi Hidayat

  • Minggu, 23 Februari 2025 | 14:00 WIB

KatadataOTO – Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025, Suzuki menampilkan platform Heartect yang sudah digunakan pada pada beberapa model andalan mereka. diantaranya adalah Suzuki Ertiga, XL7 hingga S-Presso.

Platform Heartect juga sudah digunakan pada Suzuki Fronx yang dikabarkan bakal segera hadir di Indonesia. Sehingga pilihan SUV di Tanah Air akan menjadi lebih beragam dibandingkan saat ini.

Menariknya, dari rangka tersebut masih terdapat gundukan pada bagian tengah. Padahal belakangan ini line up Suzuki sudah menggunakan sistem penggerak roda depan sehingga lantai seharusnya bisa rata dan menambah ruang kaki buat para penumpang.

Keunikan itu pun diakui Suzuki untuk menyesuaikan kebutuhan pengembangan kendaraan di masa depan. Pasalnya platform tersebut tidak hanya akan digunakan buat mobil front wheel drive tetapi juga rear wheel drive dan 4x4.

Platform Heartect
Photo : KatadataOTO
“Platform ini tidak hanya untuk dipakai kendaraan tapi juga 4x4 hingga RWD. Jadi nanti semua mobil bisa menggunakannya secara optimal tanpa harus ada pengembangan tambahan,” ungkap Hoshino Masaharu, Vice President PT Suzuki Indomobil Motor beberapa waktu lalu.

Berkat ini maka proses pengembangan model baru Suzuki bisa berlangsung lebih cepat dan perusahaan bisa bersaing dengan pabrikan global lain.

Meski demikian dirinya mengakui khusus buat Suzuki Jimny dan kendaraan niaga akan menggunakan rangka berbeda.

“Jadi platform Heartect disiapkan untuk dipakai pada kendaraan penumpang baik itu ICE maupun hybrid,” tegasnya kemudian.

Banyak Keunggulan

Hoshino Masaharu mengungkao bahwa platform Heartect memiliki beragam keunggulan yang bisa dirasakan langsung oleh pelanggan. Salah satunya adalah membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Platform Heartect
Photo : KatadataOTO
Hal ini karena mobil Suzuki rata-rata lebih ringan 200 kg dibanding kebanyakan model dari pabrikan lain. Ia mengungkap bahwa kebanyakan bobot kendaraan yang mereka buat hanya sekitar 892 kg.

Walau memiliki bobot ringan tetapi pabrikan juga tetap mengutamakan faktor keselamatan. Mobil sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak memiliki sudut yang bisa menambah risiko saat terjadinya kecelakaan. 


Terkini

news
Parkir kendaraan

Parkir di Jakarta Diminta Pakai Teknologi Digital Buat Tingkatkan PAD

Parkir di Jakarta diminta untuk menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

mobil
Pembangunan Pabrik BYD Diganggu Preman, TNI Turunkan Intelijen

Pembangunan Pabrik BYD Diganggu Preman, TNI Turunkan Intelijen

Aksi premanisme oleh ormas yang terjadi dalam pembangunan pabrik BYD menjadi perhatian Polisi Militer TNI

mobil
Diler BMW dan Mini Perdana di RI Resmi Dibuka di PIK 2

BMW dan Mini Buka Diler Terintegrasi Pertama di PIK 2

BMW dan Mini bekerja sama dengan Eurokars Group Indonesia, buka diler terintegrasi pertamanya di Indonesia

mobil
Pabrik mobil listrik

7 Pabrikan Mobil Listrik Investasi di RI, Nilainya Rp 15,4 Triliun

tujuh pabrikan mobil listrik dunia telah berinvestasi di Indonesia dengan nilai mencapai Rp 15,4 triliun

motor
3 Motor Harley-Davidson Turun Harga di Mei 2025, Ada Sportster S

3 Motor Harley-Davidson Turun Harga di Mei 2025, Ada Sportster S

Terdapat beberapa motor Harley-Davidson yang mengalami penurunan harga di Mei 2025, salah satunya Sportster S

mobil
Hyundai Kona Electric

Pemerintah Siapkan Insentif Tambahan Buat Merek yang Sudah Penuhi TKDN

Pemerintah siap beri insentif lebih banyak buat perusahaan mobil listrik yang produknya memiliki TKDN tinggi

news
Kemenhub Bakal Selidiki Kecelakaan Bus ALS yang Renggut 12 Nyawa

Kemenhub Bakal Selidiki Kecelakaan Bus ALS yang Renggut 12 Nyawa

Kemenhub menggandeng sejumlah pihak untuk menyelidiki penyebab kecelakaan bus ALS di Padang Panjang, Sumatera

mobil
Mengenal Dua Pilihan Mesin Suzuki Fronx di RI, Ini Paling Irit

Mengenal Dua Pilihan Mesin Suzuki Fronx di RI, Ini Paling Irit

Suzuki Fronx bakal dipasarkan dalam dua opsi mesin di Indonesia, masing-masing menawarkan kelebihan sendiri