ADL: Pemberian Insentif EV Harus Dibarengi Pengembangan Ekosistem

Pemberian insentif EV untuk mendorong daya beli di era elektrifikasi harus dibarengi pengembangan ekosistem

ADL: Pemberian Insentif EV Harus Dibarengi Pengembangan Ekosistem

TRENOTO – Indonesia sedang memasuki era transisi dari kendaraan konvensional jadi bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. Saat ini sudah ada lebih banyak pilihan model kendaraan listrik bisa jadi pilihan untuk masyarakat.

Untuk mobil dua di antaranya mendapatkan insentif atau potongan pajak dari pemerintah khusus Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5. Diketahui kedua model tersebut berhak mendapatkan subsidi karena memenuhi persyaratan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri).

Sedangkan untuk motor listrik 13 merek mendapatkan potongan harga diberikan secara langsung sebesar Rp7 juta, berlaku juga untuk motor konversi. Hanya saja peminatnya bisa dibilang masih sepi.

Tentu saja ada beberapa faktor berperan penting di belakang ini. Lembaga manajemen konsultan dan jasa bisnis Arthur D. Little atau ADL menyebut bahwa masih perlu ada keseimbangan antara pemberian subsidi dengan pengembangan infrastruktur seperti charging station.

Insentif infrastruktur kendaraan listrik bisa percepat adopsi
Photo : TrenOto

Hal tersebut disampaikan oleh Andreas Schlosser, Partner & Global Head of Automotive ADL di sela acara Unleashing Indonesia’s Electric Mobility Potential di The Westin Jakarta.

Menurutnya bantuan kendaraan listrik sendiri tidak cukup. Karena pada akhirnya pengguna tetap melihat kemudahan seperti pengisian daya khususnya jika kendaraan dipakai harian atau rutin.

“Pemberian insentif EV harus dibarengi pengembangan infrastruktur, berjalan secara paralel. Ini adalah satu-satunya cara untuk mengembangkan market di Indonesia,” ungkap Andreas merespon pertanyaan TrenOto, Selasa (1/8).

Saat ini Norwegia menjadi negara yang memimpin dalam hal adopsi kendaraan listrik. Andreas memaparkan bahwa Norwegia memiliki strategi untuk mewujudkan hal itu yakni pemberian insentif kendaraan listrik diiringi perkembangan ekosistem untuk meyakinkan konsumen.

“Secara global kebanyakan insentif hanya ditujukan untuk kendaraannya. Jika dilakukan bersamaan insentif insfrastruktur kendaran listrik akan lebih baik dan Indonesia masih punya kesempatan di situ,” tegasnya.

Indonesia sendiri menempati peringkat ke-10 untuk negara yang siap memasuki era elektrifikasi di kategori Emerging EV Markets. Posisinya tepat berada di atas India.

Pembangunan ekosistem kendaraan listrik tak selesai satu periode presiden
Photo : wuling

ADL menyebut bahwa pada kategori tersebut ekosistem mumpuni jadi salah satu pertimbangan penting buat konsumen ketika akan beralih menggunakan EV (electric vehicle).

Namun Norwegia menempati posisi tertinggi di mana konsumen lebih berminat untuk menggunakan kendaraan listrik ketimbang ICE atau konvensional.


Terkini

otosport
Marc Marquez Optimistis Bisa Finish di MotoGP Mandalika 2025

Marc Marquez Optimistis Bisa Finish di MotoGP Mandalika 2025

Marc Marquez dalam kepercayaan diri tinggi dalam menyambut gelaran MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti

news
Isuzu dan Toyota Jalin Kerja Sama, Produksi Bus Hidrogen di 2026

Isuzu dan Toyota Kembangkan Bus Hidrogen, Mulai Produksi 2026

Bus hidrogen hasil dari pengembangan Isuzu bareng Toyota akan dijadikan sebagai alat transportasi umum

otosport
Francesco Bagnaia

Sirkuit Motegi Nyaris Jadi Mimpi Buruk Bagi Francesco Bagnaia

Motor milik Francesco Bagnaia sempat berasap menjelang akhir MotoGP Jepang 2025, penyebabnya masih misterius

motor
Castrol

Castrol Indonesia Luncurkan Oli Moge Bareng Johann Zarco

Castrol Indonesia menghadirkan pembalap MotoGP Johann Zarco dalam peluncuran produk pelumas terbarunya

mobil
LCGC Versi Jepang, Kei Car

Ini Jenis Mobil yang Banyak Dipakai di Jepang, LCGC Negeri Sakura

Jepang memiliki versi LCGC-nya sendiri yang banyak digunakan termasuk di area perkotaan yakni kei car

mobil
Ekspor kendaraan listrik Cina

Cina Perketat Ekspor Kendaraan Listrik Mulai Tahun Depan

Cina bakal memperketat ekspor kendaraan listrik mulai tahun depan untuk jaga reputasi perusahaan di pasar global

otosport
Aprilia

Jorge Martin Cedera Lagi, Aprilia Beri Tanggapan Seperti Ini

Bos Aprilia memberikan tanggapan setelah kedua pembalapnya terlibat kecelakaan pada MotoGP Jepang 2025

otosport
Jadwal MotoGP Mandalika 2025: Menanti Marquez Sentuh Garis Finish

Jadwal MotoGP Mandalika 2025: Menanti Marquez Sentuh Garis Finish

Banyak pihak yang menantikan Marc Marquez meraih kemenangan di MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti