Rapor Penjualan Mobil di GIIAS 2025, BYD Kejar Toyota
15 Agustus 2025, 16:00 WIB
Disebut akan menempati segmen di atas Lexus, Toyota berencana membuat Century jadi sub merek premium
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Toyota Century merupakan salah satu model SUV (Sport Utility Vehicle) premium yang dijual untuk pasar Jepang. Namun dengan memperkenalkan versi baru pabrikan ingin mengekspor model tersebut.
Menariknya lagi informasi terbaru beredar menyebut Toyota berencana untuk membuat Century jadi sub merek premium bahkan bertempat di atas Lexus.
Hal ini diungkapkan oleh seorang eksekutif Toyota yang tidak ingin disebut namanya di sela gelaran Toyota Auto Salon 2024.
Menurut dia sub merek Century nanti akan menyasar pasar global di luar Jepang. Untuk diketahui Century SUV terbaru meluncur pada September sementara prototipe GRMN hadir di Tokyo Auto Salon sebagai edisi khusus.
Berbicara kepada Forbes, sumber anonim itu mengatakan bahwa Toyota ingin menyebut Century SUV sebagai Century dan Century sedan.
Ketika ditanya apakah mungkin Century menjadi model dengan badge Lexus, sumber tersebut membantah. Padahal Lexus sudah memiliki gelar sebagai salah satu merek premium di pasar global.
“Ah tidak, Century akan berada di atas Lexus menjadi brand ekstra mewah,” ungkap dia, dilansir Jumat (26/1).
Belum ada informasi pasti terkait negara mana saja yang bakal kebagian Century di masa mendatang. Meski begitu ia mengkonfirmasi Century SUV bakal hadir dalam konfigurasi setir kiri maupun kanan.
Beberapa wilayah di antaranya adalah Eropa, Timur Tengah, Asia serta Amerika. Kemudian ada beberapa opsi buat konsumen agar bisa melakukan personalisasi buat kendaraannya.
Tersedia Century versi standar, biaya diprediksi di kisaran US$170.000 atau setara Rp2.6 miliar sampai US$220.000 yakni Rp3.4 miliar buat tipe termahal.
Tidak sekadar mewah mobil tersebut nanti digadang punya performa mumpuni berkat pemakaian mesin 3.5L V6 hybrid AWD (All Wheel Drive), bisa menghasilkan tenaga sampai 406 hp.
Versi GRMN dari Century juga berpotensi diluncurkan pakai nama Morizo Edition. Sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan banderol bisa mencapai Rp3 miliar ke atas.
Sebagai informasi Toyota Century melalui proses perakitan khusus dan dikerjakan tim eksklusif. Jadi alasan di balik mahalnya banderol SUV mewah tersebut.
Bahkan untuk mengencangkan satu baut saja ada aturan tingkat penyimpangan tidak lebih dari lima persen. Sehingga waktu pengerjaan 12 kali lipat lebih lama dari normal.
Saking eksklusifnya, Toyota hanya bisa memproduksi tiga unit Century dalam satu hari.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
15 Agustus 2025, 16:00 WIB
14 Agustus 2025, 21:00 WIB
12 Agustus 2025, 20:00 WIB
11 Agustus 2025, 18:00 WIB
09 Agustus 2025, 13:11 WIB
Terkini
16 Agustus 2025, 15:00 WIB
Perang harga dinilai sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya PHK, Hyundai menghindari hal tersebut
16 Agustus 2025, 13:00 WIB
Toyota Kijang Innova diesel bekas lansiran 2024 menjadi pilihan menarik untuk masyarakat karena ada cicilan ringan
16 Agustus 2025, 11:00 WIB
Insentif motor listrik ditargetkan terbit tahun ini menunggu Rakortas, Honda masih tunggu kepastiannya
16 Agustus 2025, 09:00 WIB
Macet horor tengah melanda ruas Jalan TB Simatupang dalam beberapa waktu belakangan karena ada sejumlah galian
16 Agustus 2025, 07:00 WIB
Dinas Perhubungan beri tarif khusus transportasi umum di Ibu Kota menjadi hanya Rp 80 pada 17 hingga 18 Agustus
15 Agustus 2025, 21:00 WIB
Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat Pesta Rakyat menyambut HUT RI ke-80 di Monas
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
Bertolak belakang dengan penjualan mobil murah, Hyundai sebut kendaraan premium lebih stabil karena hal ini
15 Agustus 2025, 19:00 WIB
Pemerintah Bengkulu gelar pemutihan pajak yang berlaku hingga akhir tahun untuk memudahkan masyarakat