Deretan Mobil Yovie Widianto Stafsus Presiden, Didominasi Toyota
29 Juni 2025, 08:00 WIB
Disebut akan menempati segmen di atas Lexus, Toyota berencana membuat Century jadi sub merek premium
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Toyota Century merupakan salah satu model SUV (Sport Utility Vehicle) premium yang dijual untuk pasar Jepang. Namun dengan memperkenalkan versi baru pabrikan ingin mengekspor model tersebut.
Menariknya lagi informasi terbaru beredar menyebut Toyota berencana untuk membuat Century jadi sub merek premium bahkan bertempat di atas Lexus.
Hal ini diungkapkan oleh seorang eksekutif Toyota yang tidak ingin disebut namanya di sela gelaran Toyota Auto Salon 2024.
Menurut dia sub merek Century nanti akan menyasar pasar global di luar Jepang. Untuk diketahui Century SUV terbaru meluncur pada September sementara prototipe GRMN hadir di Tokyo Auto Salon sebagai edisi khusus.
Berbicara kepada Forbes, sumber anonim itu mengatakan bahwa Toyota ingin menyebut Century SUV sebagai Century dan Century sedan.
Ketika ditanya apakah mungkin Century menjadi model dengan badge Lexus, sumber tersebut membantah. Padahal Lexus sudah memiliki gelar sebagai salah satu merek premium di pasar global.
“Ah tidak, Century akan berada di atas Lexus menjadi brand ekstra mewah,” ungkap dia, dilansir Jumat (26/1).
Belum ada informasi pasti terkait negara mana saja yang bakal kebagian Century di masa mendatang. Meski begitu ia mengkonfirmasi Century SUV bakal hadir dalam konfigurasi setir kiri maupun kanan.
Beberapa wilayah di antaranya adalah Eropa, Timur Tengah, Asia serta Amerika. Kemudian ada beberapa opsi buat konsumen agar bisa melakukan personalisasi buat kendaraannya.
Tersedia Century versi standar, biaya diprediksi di kisaran US$170.000 atau setara Rp2.6 miliar sampai US$220.000 yakni Rp3.4 miliar buat tipe termahal.
Tidak sekadar mewah mobil tersebut nanti digadang punya performa mumpuni berkat pemakaian mesin 3.5L V6 hybrid AWD (All Wheel Drive), bisa menghasilkan tenaga sampai 406 hp.
Versi GRMN dari Century juga berpotensi diluncurkan pakai nama Morizo Edition. Sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan banderol bisa mencapai Rp3 miliar ke atas.
Sebagai informasi Toyota Century melalui proses perakitan khusus dan dikerjakan tim eksklusif. Jadi alasan di balik mahalnya banderol SUV mewah tersebut.
Bahkan untuk mengencangkan satu baut saja ada aturan tingkat penyimpangan tidak lebih dari lima persen. Sehingga waktu pengerjaan 12 kali lipat lebih lama dari normal.
Saking eksklusifnya, Toyota hanya bisa memproduksi tiga unit Century dalam satu hari.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
29 Juni 2025, 08:00 WIB
22 Juni 2025, 21:00 WIB
14 Juni 2025, 17:36 WIB
12 Juni 2025, 22:00 WIB
11 Juni 2025, 11:00 WIB
Terkini
30 Juni 2025, 14:17 WIB
Perwakilan Aprilia akhirnya bersuara soal rumor kepindahan Jorge Martin ke Honda Racing di MotoGP 2026
30 Juni 2025, 13:30 WIB
Dinilai beri banyak dampak negatif termasuk untuk konsumen, GWM tak mau ikuti strategi pabrikan Cina lain
30 Juni 2025, 12:00 WIB
Insentif mobil listrik impor dijadwalkan selesai di akhir tahun anggaran 2025, belum diketahui kelanjutannya
30 Juni 2025, 11:00 WIB
IBC klaim sudah memiliki beberapa calon klien yang berencana untuk membeli baterai EV setelah pabrik selesai dibangun
30 Juni 2025, 10:00 WIB
Marc Marquez masih berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2025 dengan 307 poin usai menang di Belanda
30 Juni 2025, 09:00 WIB
Saat ini pemerintah memberikan insentif mobil hybrid sebesar tiga persen, sedangkan buat BEV di 10 persen
30 Juni 2025, 08:00 WIB
Bahlil Lahadalia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ungkap Indonesia bisa kurangi impor BBM bila kembangkan EV
30 Juni 2025, 07:00 WIB
Alex Marquez kembali menunjukkan konsistensinya sebagai pembalap profesional di ajang MotoGP Belanda 2025