Harga Mobil Hybrid Makin Mahal Diklaim Tidak Ganggu Penjualan

Walau harga mobil hybrid makin mahal tetapi diklaim tidak akan mengganggu besarnya penjualan di Indonesia

Harga Mobil Hybrid Makin Mahal Diklaim Tidak Ganggu Penjualan

KatadataOTO – Pemerintah telah mengumumkan jika insentif mobil hybrid tidak jadi diberikan untuk masyarakat. Justru pajak mobil hybrid akan naik sehingga membebankan konsumen.

Mengacu pada aturan pemerintah No. 74/2021, PPnBM untuk mobil hybrid akan terkerek secara bertahap dari 7 hingga 11 persen. Sedangkan pada jenis mild hybrid dari 8 menjadi 12 persen.

Kebijakan pemerintah tersebut diharapkan bisa mendorong minat untuk membeli mobil listrik murni atau BEV (Battery Electric Vehicle). Selain itu diharapkan banderol BEV bisa lebih murah daripada hybrid.

Kenaikan pajak untuk kendaraan hibrida tentu beriringan dengan harga unit akan lebih mahal. Kemudian imbasnya adalah penurunan penjualan mobil hybrid.

Toyota Kijang Innova Zenix
Photo : KatadataOTO

Namun bukan berarti konsumen akan meninggalkan kendaraan dua sumber daya alias hybrid. Ekosistem yang belum terbentuk sempurna menjadi salah satu alasan.

“Kami melihat infrastruktur pendukung BEV seperti Charging Station masih belum merata. Ini bisa menjadi salah satu faktor masyarakat masih memilih mobil hybrid,” kata Josua Pardede, Kepala Ekonom Bank Pertama kepada KatadataOTO (08/08).

Sekadar informasi jika model hybrid di Indonesia sendiri dipasarkan dengan harga cukup tinggi. Sehingga karakter konsumen kendaraan ini berbeda dari LCGC (Low Cost Green Car).

“Bagi kelas masyarakat yang lebih tinggi, mereka cenderung insensitif terhadap perubahan harga. Kualitas dari sebuah kendaraan akan lebih diperhatikan dibandingkan harganya,” jelas Josua.

Suzuki XL7 Hybrid
Photo : KatadataOTO

Mobil Mild hybrid di Tanah Air dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 270 jutaan. Nominal itu hanya bisa digapai oleh konsumen di kalangan tertentu saja.

Bahkan untuk jenis hybrid strong dimulai dari angka Rp 300 jutaan. Sehingga sudah cukup menjauh dari kata murah.

Daftar Harga Mobil Hybrid per Agustus 2024

Toyota

  • Kijang Innova Zenix G HEV, Rp 477,6 jutaan
  • Kijang Innova Zenix V HEV, Rp 541,7 jutaan
  • Kijang Innova Zenix Q HEV CVT TSS Modellista, Rp 630,6 jutaan
  • All new Prius HEV (Spot Order), Rp 698 jutaan
  • Yaris Cross Hybrid 1.5 S GR HV CVT TSS Two Tone, Rp 454,9 jutaan
  • Corolla Cross Hybrid, Rp 568,2 jutaan
  • Corolla Cross Hybrid GR Sport, Rp 608,4 jutaan
  • Corolla Altis 1.8 HEV, Rp 629,2 jutaan
  • Camry 2.5 HEV, Rp 945,4 jutaan
  • RAV4 GR Sport PHEV, Rp 1,15 miliar
  • Alphard 2.5 HEV, Rp 1,71 miliar
  • Vellfire 2.5 HEV VIP Non Premium Color, Rp 1,84 miliar

GWM

  • Haval Jolion, Rp 448,8 jutaan
  • Haval H6, Rp 648,3 jutaan
  • Tank 300, Rp 833,8 jutaan
  • Tank 500, Rp 1,19 miliar

Wuling

  • New Almaz RS Pro Hybrid, Rp 442 jutaan

Honda

  • All new Honda CR-V 2.0L RS e:HEV, Rp 814,4 jutaan
  • All new Accord 2.0L RS e:HEV, Rp 959,9 jutaan

Mazda

  • CX-60 3.3L AWD Elite, Rp 1,18 miliar
  • CX-60 3.3L AWD Kuro, Rp 1,18 miliar

Suzuki

  • Grand Vitara GL, Rp 362 jutaan
  • Grand Vitara GX, Rp 388,4 jutaan
  • Grand Vitara GX Two Tone, Rp 391,4 jutaan
  • All new Ertiga Hybrid GX AT, Rp 287,2 jutaan
  • All new Ertiga Hybrid GX MT, Rp 276,2 jutaan
  • All new Ertiga Hybrid Cruise MT, Rp 288,8 jutaan
  • All new Ertiga Hybrid Cruise MT Two Tone, Rp 290,8 jutaan
  • All new Ertiga Hybrid Cruise AT, Rp 299,8 jutaan
  • All new Ertiga Hybrid Cruise AT Two Tone, Rp 301,8 jutaan
  • New XL7 Hybrid Beta MT, Rp 287,2 jutaan
  • New XL7 Hybrid Beta AT Rp 298,2 jutaan
  • New XL7 Hybrid Alpha MT, Rp 297,2 jutaan
  • New XL7 Hybrid Alpha AT, Rp 308,2 jutaan

MG

  • MG VS HEV, Rp 389 jutaan

Nissan

  • Serena e-Power, Rp 635 jutaan
  • Kicks e-Power, Rp 519 jutaan

Terkini

mobil
LCGC Versi Jepang, Kei Car

Ini Jenis Mobil yang Banyak Dipakai di Jepang, LCGC Negeri Sakura

Jepang memiliki versi LCGC-nya sendiri yang banyak digunakan termasuk di area perkotaan yakni kei car

mobil
Ekspor kendaraan listrik Cina

Cina Perketat Ekspor Kendaraan Listrik Mulai Tahun Depan

Cina bakal memperketat ekspor kendaraan listrik mulai tahun depan untuk jaga reputasi perusahaan di pasar global

otosport
Aprilia

Jorge Martin Cedera Lagi, Aprilia Beri Tanggapan Seperti Ini

Bos Aprilia memberikan tanggapan setelah kedua pembalapnya terlibat kecelakaan pada MotoGP Jepang 2025

otosport
Jadwal MotoGP Mandalika 2025: Menanti Marquez Sentuh Garis Finish

Jadwal MotoGP Mandalika 2025: Menanti Marquez Sentuh Garis Finish

Banyak pihak yang menantikan Marc Marquez meraih kemenangan di MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti

motor
Honda ADV 160 Jadi Primadona di IMOS 2025, Dominasi Penjualan

Honda ADV 160 Terbaru Dominasi Penjualan di IMOS 2025

Honda ADV 160 terbaru sukses membukukan penjualan sampai ratusan unit selama lima hari IMOS 2025 berlangsung

motor
Swallow Pastikan Tak Terdampak Lesunya Pasar Motor Baru

Swallow Pastikan Tak Terdampak Lesunya Pasar Motor Baru

Menurut Swallow permintaan ban masih stabil sampai sekarang meski pasar motor baru di Indonesia tak bergairah

otosport
Duo Pembalap Gresini Finish 10 Besar di MotoGP Jepang 2025

Duo Pembalap Gresini Finish 10 Besar di MotoGP Jepang 2025

Dua pembalap Gresini, yakni Alex Marquez dan Fermin Aldeguer mampu tampil gemilang di MotoGP Jepang 2025

otosport
Jelang MotoGP Mandalika, Morbidelli dan Diggia Tiba di Jakarta

Jelang MotoGP Mandalika, Morbidelli dan Diggia Tiba di Jakarta

Franco Morbidelli serta Fabio Di Giannantonio menyambangi Jakarta lebih dulu sebelum melakoni MotoGP Mandalika