UD Trucks Belum Tertarik Boyong Truk Listrik, Fokus ke Hidrogen
12 Desember 2024, 13:00 WIB
Generasi kedia Fuso eCanter meluncur dengan beragam pengembangan menarik dan siap untuk masuk ke Indonesia
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Generasi terbaru dari Fuso eCanter meluncur di Jepang. Beragam pengembangan telah dilakukan untuk memastikan kendaraan komersial listrik ini bisa memenuhi kebutuhan bisnis di seluruh dunia.
Karl Deppen, President and CEO of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation mengatakan bahwa Fuso eCanter bisa menjadi solusi atas polusi saat ini. Pasalnya kendaraan tersebut tidak mengeluarkan emisi gas buang.
“Sektor transportasi menyumbang 19 persen dari emisi CO2 sementara kendaraan komersial bertanggung jawab atas 42 persen di antaranya. Fuso ingin menjadi bagian dari solusi dan jawabannya sederhana, kami harus memproduksi truk rendah emisi,” tegasnya.
Ia pun menambahkan bahwa Fuso eCanter saat ini sudah tersebar di beberapa negara seperti Jepang, Amerika Serikat, Eropa, Australia dan Selandia Baru. Setidaknya sudah lebih dari 6 juta km sudah dilalui sehingga jumlah negara pengguna akan semakin meningkat.
“Kami telah mempersiapkan skala produksi besar Fuso eCanter yang akan hadir di seluruh Jepang tahun depan. Untuk pasar internasional, kami siap membawanya ke Singapura, Hong Kong, Indonesia, Australia dan Selandia Baru,” tambahnya.
Fuso eCanter akan hadir lebih dari 100 varian untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia. Untuk di Jepang, Fuso menghadirkan truk Gross vehicle weight (GVW) 5 hingga 8 ton sementara di beberapa negara dimulai dari GVW 4.25 ton.
Meski membutuhkan ruang untuk baterai, Fuso menegaskan bahwa mereka berhasil mendesain sasis baru. Dengan demikian, meski ukuran baterai tetap besar, kapasitas angkut kendaraan tidak berkurang.
Tak hanya itu, pengembangan juga dilakukan pada baterai yang kini kapasitasnya disesuaikan dengan jenisnya. Untuk kendaraan GVW 6 ton akan mendapatkan baterai berkapasitas 41 kWh, cukup untuk menempuh perjalanan sejauh 80 km.
Sedangkan untuk truk GVW 7.5 ton dibekali baterai berkapasitas 83 kWh dengan jarak tempubh 140 km. Kemudian, truk GVW 8 ton dilengkapi oleh baterai 124 kWh yang mampu memenuhi kebutuhan berkendara hingga 200 km.
Untuk pengisian daya pun pelanggan bisa menyesuaikan menggunakan penguisian normal atau fast charging. Sama seperti mobil listrik lain, Fuso eCanter juga bisa dijadikan sumber listrik saat bencana alam terjadi.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
12 Desember 2024, 13:00 WIB
09 November 2024, 11:00 WIB
17 September 2024, 14:00 WIB
24 Agustus 2024, 18:07 WIB
24 Juli 2024, 16:00 WIB
Terkini
02 April 2025, 14:00 WIB
Nissan jual pabrik mereka di India pada Renault demi selamatkan perusahaan dari ancaman kebangkrutan
02 April 2025, 12:00 WIB
Jetour X50e EV siap dipasarkan di Indonesia tahun ini, disebut telah didesain menyesuaikan kebutuhan konsumen
02 April 2025, 10:00 WIB
MotoGP Amerika 2025 sempat tertunda 10 menit akibat Marc Marquez, bos Trackhouse minta kejelasan aturan
02 April 2025, 08:20 WIB
Agar mengurangi angka kecelakaan, pihak kepolisian diminta membuat SIM khusus pengemudi mobil listrik
01 April 2025, 18:19 WIB
Mengawali April 2025, harga BBM di seluruh SPBU milik swasta mengalami penurunan dengan jumlah bervariasi
01 April 2025, 15:00 WIB
Kepolisian memprediksi puncak arus balik Lebaran 2025 terjadi di akhir pekan, masyarakat diminta waspada
01 April 2025, 13:00 WIB
Dengan berbagai pertimbangan AHM memprediksi penjualan motor baru Honda akan meningkat pada kuartal pertama
01 April 2025, 11:00 WIB
Hyundai Stargazer facelift diduga terdaftar di RI dengan nama varian Carten, berpeluang meluncur tahun ini