Target Realistis Penjualan Mobil 2025, Tak Akan Tembus 900 Ribu
14 November 2025, 10:00 WIB
Semakin banyak produk kendaraan ramah lingukngan di RI, Daihatsu sebut berdampak ke penjualan mobil ICE
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Penjualan kendaraan roda empat di Indonesia secara ritel pada Maret 2025 mengalami kenaikan dari Februari. Bulan ini, angkanya tembus 76.582 unit sementara Februari 69.872 unit.
Daihatsu masih menempati posisi kedua, penjualan mobil nasional dengan raihan 13.111 unit pada Maret 2025. Sebagai perbandingan, di periode yang sama pada 2024 angkanya lebih tinggi di 17.352 unit.
Menanggapi hal tersebut, Daihatsu menyebut ada beberapa hal yang mempengaruhi angka penjualan tersebut. Salah satunya adalah banyaknya model baru khususnya elektrifikasi.
Memang per tahun ini saja, sudah ada beberapa model mobil listrik dan hybrid baru, baik dari pabrikan Jepang maupun China.
“ICE (Internal Combustion Engine) pasarnya agak sedikit berkurang. Karena XEV (kendaraan elektrifikasi) adopsinya di medium-high segment semakin baik penerimaannya di Indonesia, tertama second buyer,” kata Sri Agung Handayani, Marketing & Corporate Communication Director PT ADM (Astra Daihatsu Motor) di Jakarta Selatan, Rabu (16/04).
Terlepas dari hal tersebut, dia menegaskan bahwa Daihatsu akan tetap fokus menawarkan produk yang sesuai untuk pembeli mobil pertama.
Sebab menurut Daihatsu, sampai sekarang pasar Indonesia masih didominasi oleh first car buyer.
Kemudian, isu-isu lain seperti NPL (Non Performing Loan) atau masalah terkait proses pembayaran pinjaman disebut masih terus terjadi tahun ini.
“Exchange rate (nilai tukar) juga, roda industri otomotif berada di level perekonomian ketiga setelah sandang dan pangan. Pengaruhnya cukup besar,” tegas Agung.
Untuk itu sepanjang 2025 Daihatsu tetap akan fokus menghadirkan kendaraan dengan banderol kompetitif sesuai sasaran pasarnya yaitu pembeli mobil pertama.
“Karena (kondisi pasar) makro tidak terlalu baik, kena juga ke mikro. Termasuk di first car buyer,” kata Agung.
Sebagai informasi, Daihatsu saat ini menawarkan dua produk LCGC (Low Cost Green Car) yang dilego di bawah Rp 200 jutaan.
Ada Ayla apabila konsumen membutuhkan mobil berukuran kompak kapasitas 5-seater, sementara Sigra dapat menampung tujuh penumpang.
Bicara soal kendaraan ramah lingkungan, Daihatsu punya Rocky Hybrid yang sudah dipasarkan di negara asalnya yakni Jepang.
Meskipun Daihatsu pernah memboyong Rocky Hybrid sebagai display di pameran otomotif nasional, belum ada rencana jelas kapan produk ramah lingkungan tersebut ditawarkan ke masyarakat.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
14 November 2025, 10:00 WIB
14 November 2025, 08:00 WIB
13 November 2025, 15:00 WIB
12 November 2025, 18:14 WIB
07 November 2025, 12:00 WIB
Terkini
14 November 2025, 19:00 WIB
Nicolo Bulega bertekad naik kelas ke MotoGP, namun perlu melakukan banyak penyesuaian pola berkendara
14 November 2025, 18:01 WIB
Polda Metro Jaya bakal melakukan rekayasa lalu lintas ketika kedatangan Raja Yordania dimulai hari ini
14 November 2025, 17:00 WIB
Galespeed dan Active hadir di Indonesia melalui One3 Motoshop dengan memanfaatkan ajang pameran IMHAX 2025
14 November 2025, 16:00 WIB
Menperin menganggap sektor otomotif tidak boleh diabaikan karena memiliki keterkaitan dalam ekonomi nasional
14 November 2025, 15:00 WIB
Setelah Ora 03, mobil listrik GWM Ora 07 yang debut ASEAN di Thailand tercatat di data wholesales Gaikindo
14 November 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak kembali digelar hari ini dengan pengawasan ketat dari pihak kepolisian di berbagai titik
14 November 2025, 13:00 WIB
BYD Atto 1 paling banyak memberikan kontribusi, mendongkrak wholesales mobil listrik sepanjang Oktober 2025
14 November 2025, 12:00 WIB
Kepolisian bakal menggelar Operasi Zebra 2025 dengan beberapa pelanggaran yang menjadi fokus pada kali ini