Rekaan Mobil Listrik Daihatsu, Paduan Toyota C-HR dan Nissan Kicks
02 Juni 2025, 22:30 WIB
Semakin banyak produk kendaraan ramah lingukngan di RI, Daihatsu sebut berdampak ke penjualan mobil ICE
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Penjualan kendaraan roda empat di Indonesia secara ritel pada Maret 2025 mengalami kenaikan dari Februari. Bulan ini, angkanya tembus 76.582 unit sementara Februari 69.872 unit.
Daihatsu masih menempati posisi kedua, penjualan mobil nasional dengan raihan 13.111 unit pada Maret 2025. Sebagai perbandingan, di periode yang sama pada 2024 angkanya lebih tinggi di 17.352 unit.
Menanggapi hal tersebut, Daihatsu menyebut ada beberapa hal yang mempengaruhi angka penjualan tersebut. Salah satunya adalah banyaknya model baru khususnya elektrifikasi.
Memang per tahun ini saja, sudah ada beberapa model mobil listrik dan hybrid baru, baik dari pabrikan Jepang maupun China.
“ICE (Internal Combustion Engine) pasarnya agak sedikit berkurang. Karena XEV (kendaraan elektrifikasi) adopsinya di medium-high segment semakin baik penerimaannya di Indonesia, tertama second buyer,” kata Sri Agung Handayani, Marketing & Corporate Communication Director PT ADM (Astra Daihatsu Motor) di Jakarta Selatan, Rabu (16/04).
Terlepas dari hal tersebut, dia menegaskan bahwa Daihatsu akan tetap fokus menawarkan produk yang sesuai untuk pembeli mobil pertama.
Sebab menurut Daihatsu, sampai sekarang pasar Indonesia masih didominasi oleh first car buyer.
Kemudian, isu-isu lain seperti NPL (Non Performing Loan) atau masalah terkait proses pembayaran pinjaman disebut masih terus terjadi tahun ini.
“Exchange rate (nilai tukar) juga, roda industri otomotif berada di level perekonomian ketiga setelah sandang dan pangan. Pengaruhnya cukup besar,” tegas Agung.
Untuk itu sepanjang 2025 Daihatsu tetap akan fokus menghadirkan kendaraan dengan banderol kompetitif sesuai sasaran pasarnya yaitu pembeli mobil pertama.
“Karena (kondisi pasar) makro tidak terlalu baik, kena juga ke mikro. Termasuk di first car buyer,” kata Agung.
Sebagai informasi, Daihatsu saat ini menawarkan dua produk LCGC (Low Cost Green Car) yang dilego di bawah Rp 200 jutaan.
Ada Ayla apabila konsumen membutuhkan mobil berukuran kompak kapasitas 5-seater, sementara Sigra dapat menampung tujuh penumpang.
Bicara soal kendaraan ramah lingkungan, Daihatsu punya Rocky Hybrid yang sudah dipasarkan di negara asalnya yakni Jepang.
Meskipun Daihatsu pernah memboyong Rocky Hybrid sebagai display di pameran otomotif nasional, belum ada rencana jelas kapan produk ramah lingkungan tersebut ditawarkan ke masyarakat.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
02 Juni 2025, 22:30 WIB
27 Mei 2025, 19:00 WIB
21 Mei 2025, 18:00 WIB
21 Mei 2025, 16:52 WIB
21 Mei 2025, 07:00 WIB
Terkini
03 Juni 2025, 19:00 WIB
BYD sebut regulasi pendukung EV yang konsisten dalam jangka waktu panjang bakal lebih menarik investor
03 Juni 2025, 18:00 WIB
Terdapat lima kelebihan mobil listrik Aion V, mulai dari tampilan, interior sampai ke fitur yang diusung
03 Juni 2025, 17:00 WIB
BAIC BJ40 Plus rakitan lokal diklaim membutuhkan dana investasi sebesar Rp 20 miliar untuk infrastruktur
03 Juni 2025, 16:50 WIB
Bersamaan peluncuran buletin bulanan, Katadata dan Kadin ESDM adakan diskusi terkait ekosistem EV di RI
03 Juni 2025, 16:05 WIB
Garda Oto merayakan hari jadinya yang ke-30 bersama para pelanggan dan keluarga di Dufan, Ancol, Jakarta Utara
03 Juni 2025, 15:18 WIB
Diler Honda Jemursari memilih untuk berganti jualan merek mobil asal Cina yakni GWM sejak pertengahan 2024
03 Juni 2025, 13:06 WIB
Polytron resmikan diler mobil pertamanya yang dilengkapi beragam fasilitas untuk para pelanggan di Ibu Kota
03 Juni 2025, 10:18 WIB
Tuai pro-kontra, Periklindo nilai pelonggaran aturan TKDN diperlukan untuk menjaga industri tetap berjalan