Daihatsu Rocky Hybrid Mulai Jangkau Konsumen Anak Muda
29 September 2025, 11:00 WIB
Semakin banyak produk kendaraan ramah lingukngan di RI, Daihatsu sebut berdampak ke penjualan mobil ICE
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Penjualan kendaraan roda empat di Indonesia secara ritel pada Maret 2025 mengalami kenaikan dari Februari. Bulan ini, angkanya tembus 76.582 unit sementara Februari 69.872 unit.
Daihatsu masih menempati posisi kedua, penjualan mobil nasional dengan raihan 13.111 unit pada Maret 2025. Sebagai perbandingan, di periode yang sama pada 2024 angkanya lebih tinggi di 17.352 unit.
Menanggapi hal tersebut, Daihatsu menyebut ada beberapa hal yang mempengaruhi angka penjualan tersebut. Salah satunya adalah banyaknya model baru khususnya elektrifikasi.
Memang per tahun ini saja, sudah ada beberapa model mobil listrik dan hybrid baru, baik dari pabrikan Jepang maupun China.
“ICE (Internal Combustion Engine) pasarnya agak sedikit berkurang. Karena XEV (kendaraan elektrifikasi) adopsinya di medium-high segment semakin baik penerimaannya di Indonesia, tertama second buyer,” kata Sri Agung Handayani, Marketing & Corporate Communication Director PT ADM (Astra Daihatsu Motor) di Jakarta Selatan, Rabu (16/04).
Terlepas dari hal tersebut, dia menegaskan bahwa Daihatsu akan tetap fokus menawarkan produk yang sesuai untuk pembeli mobil pertama.
Sebab menurut Daihatsu, sampai sekarang pasar Indonesia masih didominasi oleh first car buyer.
Kemudian, isu-isu lain seperti NPL (Non Performing Loan) atau masalah terkait proses pembayaran pinjaman disebut masih terus terjadi tahun ini.
“Exchange rate (nilai tukar) juga, roda industri otomotif berada di level perekonomian ketiga setelah sandang dan pangan. Pengaruhnya cukup besar,” tegas Agung.
Untuk itu sepanjang 2025 Daihatsu tetap akan fokus menghadirkan kendaraan dengan banderol kompetitif sesuai sasaran pasarnya yaitu pembeli mobil pertama.
“Karena (kondisi pasar) makro tidak terlalu baik, kena juga ke mikro. Termasuk di first car buyer,” kata Agung.
Sebagai informasi, Daihatsu saat ini menawarkan dua produk LCGC (Low Cost Green Car) yang dilego di bawah Rp 200 jutaan.
Ada Ayla apabila konsumen membutuhkan mobil berukuran kompak kapasitas 5-seater, sementara Sigra dapat menampung tujuh penumpang.
Bicara soal kendaraan ramah lingkungan, Daihatsu punya Rocky Hybrid yang sudah dipasarkan di negara asalnya yakni Jepang.
Meskipun Daihatsu pernah memboyong Rocky Hybrid sebagai display di pameran otomotif nasional, belum ada rencana jelas kapan produk ramah lingkungan tersebut ditawarkan ke masyarakat.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
29 September 2025, 11:00 WIB
26 September 2025, 18:00 WIB
25 September 2025, 15:14 WIB
19 September 2025, 15:31 WIB
17 September 2025, 15:05 WIB
Terkini
30 September 2025, 14:00 WIB
Banyak pihak yang menantikan Marc Marquez meraih kemenangan di MotoGP Mandalika 2025 di akhir pekan nanti
30 September 2025, 13:00 WIB
Honda ADV 160 terbaru sukses membukukan penjualan sampai ratusan unit selama lima hari IMOS 2025 berlangsung
30 September 2025, 12:00 WIB
Menurut Swallow permintaan ban masih stabil sampai sekarang meski pasar motor baru di Indonesia tak bergairah
30 September 2025, 11:00 WIB
Dua pembalap Gresini, yakni Alex Marquez dan Fermin Aldeguer mampu tampil gemilang di MotoGP Jepang 2025
30 September 2025, 10:00 WIB
Franco Morbidelli serta Fabio Di Giannantonio menyambangi Jakarta lebih dulu sebelum melakoni MotoGP Mandalika
30 September 2025, 09:00 WIB
Bagian dari program apresiasi konsumen, Federal Oil ajak sejumlah konsumen menonton MotoGP Jepang 2025
30 September 2025, 08:00 WIB
Sedikitnya ada enam gerbang tol Dalam Kota yang ditutup sementara untuk mendapat perbaikan setelah dirusak massa
30 September 2025, 07:00 WIB
BlackAuto Battle 2025 Surabaya berhasil menarik perhatian para penggelar modifikasi dari bebagai daerah