Indikator Baterai Innova Zenix Menyala, Penyebabnya Sepele
05 Agustus 2025, 13:00 WIB
Pelayanan wiraniaga yang baik membuat Auto2000 lampaui target kepuasan pelanggan tahun ini, tercapai 92 persen
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Auto2000 menggelar National DEC Contest 2022 sebagai upaya menguji kemampuan wiraniaga dalam menghadapi dan memahami kebutuhan konsumen saat membeli mobil. Kontest ini diikuti oleh 126 cabang Auto2000 hingga terpilih enam finalis nasional.
Pelayanan wiraniaga dalam melayani pembeli memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan. Ini juga menjadi alasan Auto2000 lampaui target kepuasan pelanggan tahun ini.
Hal ini diutarakan oleh Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000. Menurutnya banyak dari pelanggan Auto2000 kemudian mereferensikan atau mempromosikan diler kepada orang lain.
“Jumlah orang yang mau mempromosikan Auto2000 kepada orang lain itu ada prosentasenya. Tahun ini dari target 87 persen, tercapai 92 persen,” ucap Tantri kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (17/12).
Menurutnya kontes yang diadakan Auto2000 ini berperan penting untuk melihat seberapa paham wiraniaga dalam mempromosikan produknya serta melakukan pendekatan kepada konsumen.
“Delivery itu pertama kali customer mendapatkan apa yang dia idamkan. Titik paling kritis di delivery customer melihat barang,” lanjut Tantri.
Digelarnya kontest ini bukan sekedar untuk memenuhi apa yang diminta oleh konsumen. Namun untuk memberikan sentuhan humanis dan personal kepada wiraniaga dalam menjual produknya.
Menjadi bonus ketika pelanggan mau mereferensikan produk dan wiraniaga ke calon konsumen lainnya. Untuk mencapai ke situ maka diperlukan strategi misalnya mengetahui terlebih dahulu profile dan perilaku konsumen.
“Agar pembeli mau beli lagi atau repeat order. Menunjukkan memang ada sesuatu yang menjadi strategi supaya tetap dekat dengan customer tidak sekedar pricing,” ucapnya.
Menurutnya Auto2000 juga mencatatkan data repeat order atau pemesanan yang dilakukan atas referensi konsumen terdahulu, Tiap wilayah memiliki prosentas yang berbeda-beda.
“Sering kita tanya karena kita memiliki survey kepuasan pelanggan. Terkadang memang orangnya berbeda namun punya ikatan,” kata Tantri.
Kontest ini menjadi penting karena umumnya kompetisi dilakukan untuk melihat performa teknis dan penjualan terbesar. Padahal tingkat kompetensi wiraniaga dalam menjual produknya juga perlu diuji mengingat ada gab antara pemahaman head office dengan cabang.
Bicara soal keluhan Tantri mengatakan hal tersebut tidak bisa sepenuhnya dihindari. Alasannya beragam namun bisa dipastikan prosentasenya kecil.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
05 Agustus 2025, 13:00 WIB
04 Agustus 2025, 14:00 WIB
22 Mei 2025, 23:27 WIB
22 Mei 2025, 21:00 WIB
22 Mei 2025, 19:00 WIB
Terkini
29 September 2025, 19:00 WIB
Jaecoo J8 SHS Ardis akhirnya resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp 818 juta, lebih murah dari perkenalan
29 September 2025, 18:00 WIB
Geely Auto Indonesia mengumumkan keputusan perakitan lokal Starray EM-i lebih dulu dari EX5, ini alasannya
29 September 2025, 17:00 WIB
Kehadiran Wuling Binguo S menambah variasi kendaraan ramah lingkungan segmen SUV kompak, tantang BYD Dolphin
29 September 2025, 16:01 WIB
VAY mencari pemain simulator untuk mengoperasikan layanan barunya
29 September 2025, 15:00 WIB
Francesco Bagnaia perlahan kembali bangkit di MotoGP Jepang 2025, terapkan beberapa komponen lama di GP25
29 September 2025, 14:00 WIB
Shell Indonesia bereaksi mengenai kabar PHK massal yang terjadi imbas kelangkaan stok BBM di seluruh SPBU
29 September 2025, 13:00 WIB
Beberapa keunggulan Mitsubishi New Pajero Sport yang diklaim bisa memanjakan para konsumen di Indonesia
29 September 2025, 12:00 WIB
MotoGP Jepang 2025 jadi saksi momen bersejarah Marc Marquez kunci gelar juara dunia di kandang Honda