Auto2000 Ungkap Penyebab Market Share Toyota Tetap Tinggi di 2024
24 September 2024, 11:00 WIB
Pelayanan wiraniaga yang baik membuat Auto2000 lampaui target kepuasan pelanggan tahun ini, tercapai 92 persen
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Auto2000 menggelar National DEC Contest 2022 sebagai upaya menguji kemampuan wiraniaga dalam menghadapi dan memahami kebutuhan konsumen saat membeli mobil. Kontest ini diikuti oleh 126 cabang Auto2000 hingga terpilih enam finalis nasional.
Pelayanan wiraniaga dalam melayani pembeli memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan. Ini juga menjadi alasan Auto2000 lampaui target kepuasan pelanggan tahun ini.
Hal ini diutarakan oleh Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000. Menurutnya banyak dari pelanggan Auto2000 kemudian mereferensikan atau mempromosikan diler kepada orang lain.
“Jumlah orang yang mau mempromosikan Auto2000 kepada orang lain itu ada prosentasenya. Tahun ini dari target 87 persen, tercapai 92 persen,” ucap Tantri kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (17/12).
Menurutnya kontes yang diadakan Auto2000 ini berperan penting untuk melihat seberapa paham wiraniaga dalam mempromosikan produknya serta melakukan pendekatan kepada konsumen.
“Delivery itu pertama kali customer mendapatkan apa yang dia idamkan. Titik paling kritis di delivery customer melihat barang,” lanjut Tantri.
Digelarnya kontest ini bukan sekedar untuk memenuhi apa yang diminta oleh konsumen. Namun untuk memberikan sentuhan humanis dan personal kepada wiraniaga dalam menjual produknya.
Menjadi bonus ketika pelanggan mau mereferensikan produk dan wiraniaga ke calon konsumen lainnya. Untuk mencapai ke situ maka diperlukan strategi misalnya mengetahui terlebih dahulu profile dan perilaku konsumen.
“Agar pembeli mau beli lagi atau repeat order. Menunjukkan memang ada sesuatu yang menjadi strategi supaya tetap dekat dengan customer tidak sekedar pricing,” ucapnya.
Menurutnya Auto2000 juga mencatatkan data repeat order atau pemesanan yang dilakukan atas referensi konsumen terdahulu, Tiap wilayah memiliki prosentas yang berbeda-beda.
“Sering kita tanya karena kita memiliki survey kepuasan pelanggan. Terkadang memang orangnya berbeda namun punya ikatan,” kata Tantri.
Kontest ini menjadi penting karena umumnya kompetisi dilakukan untuk melihat performa teknis dan penjualan terbesar. Padahal tingkat kompetensi wiraniaga dalam menjual produknya juga perlu diuji mengingat ada gab antara pemahaman head office dengan cabang.
Bicara soal keluhan Tantri mengatakan hal tersebut tidak bisa sepenuhnya dihindari. Alasannya beragam namun bisa dipastikan prosentasenya kecil.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
24 September 2024, 11:00 WIB
22 September 2024, 11:00 WIB
20 September 2024, 20:00 WIB
02 September 2024, 16:00 WIB
29 Agustus 2024, 11:00 WIB
Terkini
20 November 2024, 10:00 WIB
Terdapat sejumlah syarat serta prosuder yang harus dipenuhi ketika ingin mengurus BPKB pada motor bekas
20 November 2024, 09:00 WIB
Toyota mengaku tengah menyusun beragam strategi guna menghadapi kenaikan PPN 12 persen di awal tahun depan
20 November 2024, 08:00 WIB
Pemerintah memberikan kelonggaran untuk aturan terkait insentif impor mobil listrik, berikut rinciannya
20 November 2024, 07:00 WIB
Aion V siap diperkenalkan di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang diselenggarakan akhir pekan ini
20 November 2024, 06:00 WIB
Para pengendara bisa memanfaatkan kehadiran SIM Keliling Jakarta milik Polda Metro Jaya pada hari ini
20 November 2024, 06:00 WIB
Pembatasan ganjil genap Jakarta 20 November 2024 kini diawasi oleh kamera ETLE guna memudahkan para petugas
20 November 2024, 06:00 WIB
Dua lokasi tersedia untuk perpanjang masa berlaku SIM A atau C, cek informasi SIM keliling Bandung hari ini
19 November 2024, 22:32 WIB
Moeldoko ingin kendaraan listrik bisa lebih terjangkau bagi masyarakat khususnya di kawasan pedesaan