Indikator Baterai Innova Zenix Menyala, Penyebabnya Sepele
05 Agustus 2025, 13:00 WIB
Pelayanan wiraniaga yang baik membuat Auto2000 lampaui target kepuasan pelanggan tahun ini, tercapai 92 persen
Oleh Serafina Ophelia
TRENOTO – Auto2000 menggelar National DEC Contest 2022 sebagai upaya menguji kemampuan wiraniaga dalam menghadapi dan memahami kebutuhan konsumen saat membeli mobil. Kontest ini diikuti oleh 126 cabang Auto2000 hingga terpilih enam finalis nasional.
Pelayanan wiraniaga dalam melayani pembeli memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan pelanggan. Ini juga menjadi alasan Auto2000 lampaui target kepuasan pelanggan tahun ini.
Hal ini diutarakan oleh Cahaya Fitri Tantriani, Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000. Menurutnya banyak dari pelanggan Auto2000 kemudian mereferensikan atau mempromosikan diler kepada orang lain.
“Jumlah orang yang mau mempromosikan Auto2000 kepada orang lain itu ada prosentasenya. Tahun ini dari target 87 persen, tercapai 92 persen,” ucap Tantri kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (17/12).
Menurutnya kontes yang diadakan Auto2000 ini berperan penting untuk melihat seberapa paham wiraniaga dalam mempromosikan produknya serta melakukan pendekatan kepada konsumen.
“Delivery itu pertama kali customer mendapatkan apa yang dia idamkan. Titik paling kritis di delivery customer melihat barang,” lanjut Tantri.
Digelarnya kontest ini bukan sekedar untuk memenuhi apa yang diminta oleh konsumen. Namun untuk memberikan sentuhan humanis dan personal kepada wiraniaga dalam menjual produknya.
Menjadi bonus ketika pelanggan mau mereferensikan produk dan wiraniaga ke calon konsumen lainnya. Untuk mencapai ke situ maka diperlukan strategi misalnya mengetahui terlebih dahulu profile dan perilaku konsumen.
“Agar pembeli mau beli lagi atau repeat order. Menunjukkan memang ada sesuatu yang menjadi strategi supaya tetap dekat dengan customer tidak sekedar pricing,” ucapnya.
Menurutnya Auto2000 juga mencatatkan data repeat order atau pemesanan yang dilakukan atas referensi konsumen terdahulu, Tiap wilayah memiliki prosentas yang berbeda-beda.
“Sering kita tanya karena kita memiliki survey kepuasan pelanggan. Terkadang memang orangnya berbeda namun punya ikatan,” kata Tantri.
Kontest ini menjadi penting karena umumnya kompetisi dilakukan untuk melihat performa teknis dan penjualan terbesar. Padahal tingkat kompetensi wiraniaga dalam menjual produknya juga perlu diuji mengingat ada gab antara pemahaman head office dengan cabang.
Bicara soal keluhan Tantri mengatakan hal tersebut tidak bisa sepenuhnya dihindari. Alasannya beragam namun bisa dipastikan prosentasenya kecil.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
05 Agustus 2025, 13:00 WIB
04 Agustus 2025, 14:00 WIB
22 Mei 2025, 23:27 WIB
22 Mei 2025, 21:00 WIB
22 Mei 2025, 19:00 WIB
Terkini
14 Agustus 2025, 18:00 WIB
Berikut KatadataOTO merangkum skema cicilan BYD Atto 1 buat tipe Dynamic dan Premium, mulai Rp 2 jutaan
14 Agustus 2025, 17:00 WIB
BYD Atto 2 sudah terdaftar di Indonesia, berpeluang dijual untuk mengisi celah antara Atto 1 dan Atto 3
14 Agustus 2025, 16:00 WIB
Polisi siapkan rekayasa lalu lintas untuk menyambut sidang tahunan MPR yang berlangsung pada 15 Agustus 2025
14 Agustus 2025, 15:00 WIB
Harga Daihatsu Rocky Hybrid resmi naik Rp 5 jutaan menjadi Rp 299,85 juta dengan waktu inden yang cukup panjang
14 Agustus 2025, 14:00 WIB
ASEAN NCAP memberi tanggapan terkait beredarnya video yang memperlihatkan bahwa mobil listrik penuh radiasi
14 Agustus 2025, 13:00 WIB
Wuling Almaz Darion mulai terdaftar di Indonesia, mobil ini tersedia dalam dua varian yakni EV serta PHEV
14 Agustus 2025, 12:00 WIB
Mobil nasional bantu penjualan kendaraan roda empat di Malaysia, Indonesia berpeluang lakukan hal serupa
14 Agustus 2025, 11:00 WIB
Jika perang harga mobil listrik dilakukan dalam waktu yang lama berpotensi bakal merugikan para konsumen