BYD Diduga Akan Mulai Perkenalkan Teknologi DM-i PHEV ke RI
16 Mei 2025, 07:00 WIB
MG berminat membawa satu model mobil hybrid baru tahun ini menyusul pemberian insentif dari pemerintah
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Insentif mobil hybrid resmi berlaku mulai 1 Januari 2025. Berbeda dari mobil listrik, besaran bantuannya terbilang kecil yakni tiga persen.
Namun hal ini tetap menjadi daya tarik buat sejumlah merek otomotif seperti MG. Perlu diketahui, MG baru punya satu HEV (Hybrid Electric Vehicle) yakni MG VS Hybrid.
“MG juga berencana membawa kendaraan hybrid baru. Jika diproduksi secara lokal mungkin bisa mendapatkan insentif dari pemerintah,” kata He Guowei, CEO MG Motor Indonesia dalam keterangannya melalui pesan singkat kepada KatadataOTO, Selasa (31/12).
Lebih lanjut dia menegaskan bahwa VS Hybrid masih berstatus CBU (Completely Built Up) atau diimpor utuh dari Thailand. Sehingga belum dapat memenuhi persyaratan sebagai penerima insentif mobil hybrid.
Sayangnya dia enggan memaparkan secara rinci peluang MG VS Hybrid dirakit lokal maupun model yang akan dibawa ke Indonesia pada 2025.
“VS Hybrid statusnya masih impor dari Thailand. Tidak eligible untuk mendapatkan insentif dari pemerintah,” tegas dia.
Pihaknya juga belum mau berbicara mengenai kemungkinan MG 3 Hybrid masuk Indonesia, meskipun unitnya sempat dipamerkan di sejumlah pameran otomotif nasional, termasuk GJAW (Gaikindo Jakarta Auto Week).
Namun berdasarkan informasi yang kami peroleh saat pameran, seorang wiraniaga mengungkapkan bahwa MG 3 Hybrid bakal dijual di 2025.
Apabila hadir di Indonesia, maka kemungkinan besar MG 3 Hybrid menjadi hatchback pertama yang bertenaga hybrid. Model itu sudah meluncur di Thailand pada Agustus 2024.
Sudah dirakit lokal, banderolnya semakin kompetitif dengan harga spesial 559.900 baht-599.900 baht atau sekitar Rp 257,2 jutaan sampai Rp 276,1 jutaan dalam kurs rupiah. Ini berlaku untuk 1.000 konsumen pertama di Thailand.
Bicara soal dimensi, ukuran P x L x T MG 3 Hybrid adalah 4.113 mm x 1.797 mm x 1.502 mm dan wheelbase 2.570 mm. Untuk perbandingan kasar, hanya sedikit lebih kecil dari Honda City Hatchback (4.349 mm x 1.748 mm x 1.488 mm, wheelbase 2.600 mm).
Ada dua varian ditawarkan ke konsumen yaitu SE dan Trophy menggunakan mesin 1.500 cc dilengkapi baterai NCM (Lithium Nickel Manganese) berkapasitas 1,83 kWh.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 07:00 WIB
15 Mei 2025, 14:00 WIB
08 Mei 2025, 19:00 WIB
08 Mei 2025, 09:00 WIB
07 Mei 2025, 16:00 WIB
Terkini
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti
16 Mei 2025, 17:37 WIB
Berbagai merek premium termasuk Porsche menghadapi tantangan berat di era elektrifikasi, hadapi produk Cina
16 Mei 2025, 16:00 WIB
Pabrik CATL di Indonesia diharapkan bisa beroperasi mulai Maret 2026 dengan konsumendari berbagai negara
16 Mei 2025, 15:00 WIB
Penjualan BYD lampaui Toyota di Singapura dengan selisih hingga ribuan unit pada periode Januari hingga April 2025