Wuling Masih Tunggu Kelanjutan Aturan Insentif Mobil Hybrid
03 Januari 2025, 08:00 WIB
MG berminat membawa satu model mobil hybrid baru tahun ini menyusul pemberian insentif dari pemerintah
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Insentif mobil hybrid resmi berlaku mulai 1 Januari 2025. Berbeda dari mobil listrik, besaran bantuannya terbilang kecil yakni tiga persen.
Namun hal ini tetap menjadi daya tarik buat sejumlah merek otomotif seperti MG. Perlu diketahui, MG baru punya satu HEV (Hybrid Electric Vehicle) yakni MG VS Hybrid.
“MG juga berencana membawa kendaraan hybrid baru. Jika diproduksi secara lokal mungkin bisa mendapatkan insentif dari pemerintah,” kata He Guowei, CEO MG Motor Indonesia dalam keterangannya melalui pesan singkat kepada KatadataOTO, Selasa (31/12).
Lebih lanjut dia menegaskan bahwa VS Hybrid masih berstatus CBU (Completely Built Up) atau diimpor utuh dari Thailand. Sehingga belum dapat memenuhi persyaratan sebagai penerima insentif mobil hybrid.
Sayangnya dia enggan memaparkan secara rinci peluang MG VS Hybrid dirakit lokal maupun model yang akan dibawa ke Indonesia pada 2025.
“VS Hybrid statusnya masih impor dari Thailand. Tidak eligible untuk mendapatkan insentif dari pemerintah,” tegas dia.
Pihaknya juga belum mau berbicara mengenai kemungkinan MG 3 Hybrid masuk Indonesia, meskipun unitnya sempat dipamerkan di sejumlah pameran otomotif nasional, termasuk GJAW (Gaikindo Jakarta Auto Week).
Namun berdasarkan informasi yang kami peroleh saat pameran, seorang wiraniaga mengungkapkan bahwa MG 3 Hybrid bakal dijual di 2025.
Apabila hadir di Indonesia, maka kemungkinan besar MG 3 Hybrid menjadi hatchback pertama yang bertenaga hybrid. Model itu sudah meluncur di Thailand pada Agustus 2024.
Sudah dirakit lokal, banderolnya semakin kompetitif dengan harga spesial 559.900 baht-599.900 baht atau sekitar Rp 257,2 jutaan sampai Rp 276,1 jutaan dalam kurs rupiah. Ini berlaku untuk 1.000 konsumen pertama di Thailand.
Bicara soal dimensi, ukuran P x L x T MG 3 Hybrid adalah 4.113 mm x 1.797 mm x 1.502 mm dan wheelbase 2.570 mm. Untuk perbandingan kasar, hanya sedikit lebih kecil dari Honda City Hatchback (4.349 mm x 1.748 mm x 1.488 mm, wheelbase 2.600 mm).
Ada dua varian ditawarkan ke konsumen yaitu SE dan Trophy menggunakan mesin 1.500 cc dilengkapi baterai NCM (Lithium Nickel Manganese) berkapasitas 1,83 kWh.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
03 Januari 2025, 08:00 WIB
01 Januari 2025, 08:00 WIB
25 Desember 2024, 11:00 WIB
24 Desember 2024, 19:00 WIB
24 Desember 2024, 09:00 WIB
Terkini
04 Januari 2025, 12:00 WIB
Toyota Avanza bekas dengan harga kurang dari Rp 200 juta di awal 2025 bisa jadi pilihan menarik pelanggan
04 Januari 2025, 11:00 WIB
Menurut Peraturan Menteri Keuangan nomor 141/PMK.010/2021 tidak semua motor terkena kebijakan PPN 12 persen
04 Januari 2025, 10:00 WIB
Penggemar mobil Eropa mulai beralih ke merek China karena harganya relatif terjangkau dengan kenyamanan serupa
04 Januari 2025, 09:00 WIB
Penjualan mobil listrik premium mulai melambat di negara Tirai Bambu, perang harga menjadi penyebabnya
04 Januari 2025, 07:12 WIB
Tiga pajak terkini diterapkan oleh pemerintah dan harus ditanggung para pembeli mobil baru di awal 2025
03 Januari 2025, 23:00 WIB
Menperin akui opsen bisa memberatkan industri otomotif di dalam negeri karena harganya menjadi tinggi
03 Januari 2025, 20:00 WIB
Di awal 2025 seluruh varian Yamaha Nmax Turbo mengalami kenaikan harga, jumlahnya pun cukup bervariasi
03 Januari 2025, 19:00 WIB
Operasi Lilin 2024 resmi ditutup dengan beragam catatan positif termasuk penurunan jumlah kecelakaan