MotoGP Resmikan Aturan Baru Lagi Mulai Tahun Depan

Salah satu alasan pengembangan mesin motor balap di MotoGP dibekukan untuk menjaga keselamatan para Rider

MotoGP Resmikan Aturan Baru Lagi Mulai Tahun Depan

KatadataOTO – Kabar mengejutkan datang dari dunia MotoGP. Sebab pengembangan mesin motor balap para tim bakal dibekukan.

The Grand Prix Commission baru saja mengumumkan secara resmi pembekuan pengembangan jantung pacu kuda besi Marc Marquez dan kawan-kawan.

Rencana tersebut akan mulai diberlakukan pada MotoGP 2025 sampai 2026. Otomatis tidak ada motor baru selama dua tahun ke depan.

“Berarti para pabrikan harus menggunakan desain mesin 2025 mereka pada musim berikutnya,” bunyi pengumuman di laman resmi MotoGP, Minggu (13/10).

Maverick Vinales dan Aprilia RS-GP Jadi Ancaman Bagi Ducati
Photo : Instagram

Terdapat beberapa alasan mengapa mereka memutuskan hal tersebut. Pertama adalah agar tim-tim yang ada fokus menyiapkan jantung pacu anyar untuk regulasi teknis baru.

Sebab di 2027, mesin motor balap di MotoGP akan berubah, yakni dengan penurunan kubikasi dari semula 1000 cc menjadi 850 cc.

“Komisi Grand Prix menyetujui proposal tersebut untuk mengendalikan biaya serta menjaga tingkat persaingan sebisa mungkin,” tegas mereka.

Dengan begitu diharapkan dapat membuat ajang balap kelas premier menjadi lebih aman. Selain itu terus berlanjut serta kian spektakuler.

Di sisi lain kuda besi Francesco Bagnaia dan kawan-kawan yang semakin cepat memunculkan kekhawatiran terhadap aspek keselamatan para Rider.

Apalagi dibutuhkan area Run-Off alias jalur penyelamatan yang lebih luas. Akan tetapi untuk menyediakannya tidak mudah.

Berangkat dari hal di atas maka mereka memutuskan buat membekukan spesifikasi motor balap di MotoGP 2025 hingga 2026.

Tidak Semua Tim Terdampak

Meski begitu, The Grand Prix Commission menjelaskan tidak semua pabrikan terdampak. Ada pengecualian pada tim dengan status konsesi D.

Artinya Honda maupun Yamaha terhindar dari peraturan baru tersebut. Sebab mereka dianggap jauh dari kata kompetitif dalam beberapa waktu.

Sehingga kedua pabrikan asal Jepang ini diberi kesempatan untuk melakukan pengembangan agar dapat bersaing dengan skuad lain.

Lalu agar mendapatkan 35 persen poin dalam balapan tersebut. Sehingga bisa naik ke grup C pada status konsesi.

Rins Sebut Yamaha Bakal Pakai Mesin V4 di Pertengahan MotoGP 2025
Photo : X @Rins42

Sementara pabrikan non-konsesi masih dimungkinkan untuk melakukan perubahan terhadap mesin motor mereka selama masa pembekuan.

Hanya saja harus ada alasan kuat serta jelas. Seperti pertimbangan aspek keselamatan atau reliabilitas.

“Koreksi untuk keselamatan, keandalan atau terbukti tidak tersedianya suku cadang dapat diizinkan bagi pabrikan manapun asal tidak ada peningkatan performa yang akan diperoleh,” tutup mereka.


Terkini

otosport
Link Live Streaming MotoGP Australia 2025: Pecco Berharap Podium

Link Live Streaming MotoGP Australia 2025: Pecco Berharap Podium

Francesco Bagnaia berusaha buat tampil maksimal di MotoGP Australia 2025 untuk bisa mengamankan podium

mobil
Banyak Pabrikan Mobil Listrik Cina, Hankook Cari Celah Peluang

Banyak Pabrikan Mobil Listrik Cina, Hankook Cari Celah Peluang

Hankook berencana melakukan banyak kolaborasi dengan pabrikan mobil listrik Cina yang ada di Indonesia

otopedia
Jenis-jenis oli

Bensin Etanol Mau Diterapkan, Jangan Salah Pilih Oli Mesin

Pastikan oli yang akan digunakan dapat membantu mengoptimalkan kinerja mesin dengan bahan bakar etanol

mobil
Jaecoo J8 SHS Ardis

Skema Kredit Jaecoo J8 SHS Ardis, Ada Tenor Hingga 4 Tahun

Skema kredit Jaecoo J8 SHS Ardis terbilang menguntungkan mengingat ada tenor yang cukup panjang buat pelanggan

mobil
Diler Xpeng Pondok Indah

Diler Xpeng Terbesar di Indonesia Resmi Dibuka, Berada di Pondok Indah

Diler terbesar Xpeng di Indonesia resmi dibuka di kawasan Pondok Indah, tawarkan fasilitas lengkap 3S

news
Yadea Ova

Yadea Ova Masuk Indonesia, Tawarkan Fitur Pemanja Perempuan

Yadea Ova memiliki sejumlah fitur yang memudahkan para penggunanya terkhusus perempuan di perkotaan besar

otopedia
SIM Internasional

Cara Urus SIM Internasional di Oktober 2025, Perhatikan Biayanya

Cara urus SIM Internasional di Indonesia tidak terlaly runit asalnya pemohon sudah menyiapkan semua berkasnya

news
Transjakarta

Tak Berubah Sejak 2005, Tarif Transjakarta Bakal Naik

Setelah tiga dekade Tarif Transjakarta akan dinaikkan untuk menjaga keuangan daerah yang kini dapat tekanan