Ini Penyebab Umur Ban Pendek, Tambal Salah Satunya

Setidaknya ada beberapa penyebab umur ban pendek sehingga masyarakat harus lebih berhati-hati dalam merawatnya

Ini Penyebab Umur Ban Pendek, Tambal Salah Satunya

TRENOTO – Tidak bisa dipungkiri bahwa ban merupakan salah satu bagian terpenting kendaraan. Pasalnya komponen ini merupakan satu-satunya yang menyentuh jalan sehingga kondisinya harus dijaga agar tetap optimal.

Ada beberapa cara merawat ban agar tetap awet digunakan. Hal ini disampaikan Mochammad Fachrul Rozi, Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia beberapa waktu lalu.

Dirinya membeberkan beberapa penyebab umur ban pendek atau cepat rusak utamanya pada mobil. Pertama adalah tekanan angin tidak dijaga.

BFGoodrich g-Force Phenom T/A
Photo : TrenOto

Padahal menurutnya, komponen itu memiliki peran penting dalam menahan beban kendaraan. Ban dengan tekanan angin yang tepat akan memberi kenyamanan berkendara khususnya di jalan bergelombang.

“Tapi berdasarkan penelitan kami, 60 sampai 70 persen pemilik kendaraan tidak peduli terhadap tekanan. Akibatnya ban lebih cepat panas, menimbulkan stretch mark di bagian dalam sehingga karet akan putus serta kembung,” jelas Rozi di Jakarta (08/09).

Berikutnya adalah penggunaan semir ban berbahan dasar minyak dan silikon. Ia mengakui tampilannya menjadi mengkilap serta sedap dipandang, tetapi bila terbuat dari kedua zat tersebut justru bisa merusak.

“Oleh karena itu lebih baik gunakan yang berbahan air atau water based,” tambahnya kemudian.

Selanjutnya adalah teknik penambalan yang salah. Selama ini masyarakat biasanya hanya memperbaiki dengan memasukkan karet keras ke dalam ban bocor sehingga terjepit rapat dan menutup lubang.

“80 persen ban pecah di jalan tol terjadi karena kebocoran ditambal dengan cara salah sehingga menyebabkan ban melebar secara berkala. Akibatnya ban dapat pecah atau meledak sewaktu-waktu,” ungkap Rozi.

Menurutnya, perbaikan yang harus dilakukan adalah ban dilepas terlebih dahulu dari pelek. Setelah itu penambakan dilakukan dari dalam agar penutupan bisa lebih optimal.

BFGoodrich Advantage Touring
Photo : Michelin Indonesia

Metode tersebut biasanya disebut dengan teknik press dan dinilai cukup optimal menutup lubang tanpa merusak lapisan ban. Menariknya lagi, tambal jenis ini dapat mengikuti elastisitas ketika mobil digunakan.

Sayangnya biaya perbaikannya cukup tinggi, sekitar Rp100.000 per bagian yang bocor. Selain itu pengerjaannya pun terbilang lama yaitu kurang lebih 1 jam.


Terkini

news
Pengemudi bus pariwisata jadi tersangka

Pengemudi Bus Pariwisata Jadi Tersangka Kecelakaan di Subang

Pengemudi bus pariwisata jadi tersangka setelah dianggap telah menyebabkan kecelakaan di Subang dan menyebabkan 11 orang meninggal

news
BAIC Buka 13 Diler di Indonesia Tahun Ini

BAIC Buka 13 Diler di Indonesia Tahun Ini, Dua hanya Showroom

BAIC buka 13 diler baru di Indonesia, 11 di antaranya melayani kebutuhan 3S (Sales, Sparepart, Service)

mobil
Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang Lagi, Hara Turun Rp 100 Jutaan

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang Lagi, Harga Turun Rp 100 Jutaan

Kejari Jakarta Selatan kembali melelang Jeep Rubicon Mario Dandy, namun dengan harga yang lebih murah

otopedia
Emblem Mobil

Membedah Makna dan Teknologi Dalam Ragam Emblem Mobil

Emblem mobil yang disematkan pada bodi memiliki berbagai makna yang menarik untuk diketahui konsumen

news
Parkir di kawasan luar Masjid Istiqlal

Polisi Minta Parkir di Kawasan Luar Masjid Istiqlal Dilegalkan

Kepolisian minta agar parkir di kawasan luar masjid Istiqlal dilegalkan karena banyaknya kendaraan jamaah

mobil
Spesifikasi Bus Pariwisata di Indonesia, Banyak Pilihan

Spesifikasi Bus Pariwisata di Indonesia, Banyak Pilihan

Berikut spesifikasi bus pariwisata yang tersedia di Tanah Air, banyak opsi kapasitas yang dapat dipilih

motor
Vespa Babe Cabiita dilelang

Vespa Babe Cabita Terjual Rp 212 Juta, Pembeli Dirahasiakan

Vespa Babe Cabita terjual Rp 212 Juta dan hasil lelang pun langsung diserahkan pada masjid dan pesantren

mobil
BAIC Resmi Perkenalkan Dua Model di Indonesia, Mulai Rp 400 Jutaan

BAIC Resmi Perkenalkan Dua Model di RI, Mulai Rp 400 Jutaan

Menyasar generasi muda dengan banderol kompetitif, BAIC resmi perkenalkan dua model mobil ICE di Indonesia