Memaksimalkan Y-Shift Yamaha NMax Turbo di Antara Merapi–Merbabu
28 November 2025, 19:00 WIB
Penjualan Yamaha Fazzio disebut sudah mengalahkan Mio yang dulu merupakan salah satu model terlaris PT YIMM
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – PT YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) memiliki beberapa lini skutik yang jadi favorit konsumen. Saat ini model terbarunya adalah Fazzio Hybrid, dijual mulai Rp 21,5 jutaan.
Mengusung desain dan tampilan kekinian, motor ini berhasil mencatatkan respon positif dari masyarakat. Bahkan PT YIMM mengungkapkan klaim penjualan Yamaha Fazzio sudah mengalahkan Mio.
Perlu diketahui Mio merupakan salah satu model terlaris dari Yamaha yang banyak diminati konsumen.
“Iya, sudah di atas (penjualan) Mio, kita sebutnya Mio M3. Sekarang masih (didominasi) Grand Filano tetapi mungkin sebentar lagi disusul,” kata Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
Lebih jauh ia mengatakan konsumen Yamaha banyak tersebar di berbagai wilayah. Selain Jakarta ada Bali, Sulawesi, Medan serta Bandung.
Kemudian di samping Maxi, kategori Classic juga menjadi jenis motor tulang punggung penjualan PT YIMM di Tanah Air.
Ini juga mendasari keputusan Yamaha meluncurkan varian terbaru dari Fazzio dengan beberapa perbedaan fitur dan Striping.
“Sehingga konsumen yang tadinya sulit membeli sepeda motor bagus dan mahal, sekarang harganya pas. Tidak berbeda jauh dari Entry Level,” tegas dia.
Soal spesifikasi, tidak ada perbedaan di sektor jantung pacu. Namun tipe terbaru itu jadi Fazzio termurah tanpa fitur Connected dan masih pakai kunci konvensional alias belum Keyless.
Sebagai informasi respon positif konsumen terhadap Fazzio terlihat saat awal peluncurannya. Karena dipesan secara daring lewat e-commerce dengan jumlah 1.000 unit hanya dalam waktu lima jam.
Bicara penjualan motor secara keseluruhan, data dari AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) menunjukkan angkanya tembus 528.715 unit di September 2024, turun dari capaian bulan lalu di 572.886 unit.
Sebanyak 90,16 persen penjualan masih didominasi jenis skutik. Sisanya 5,37 persen motor Underbone dan 4,47 persen motor Sport.
Penjualan motor mencapai angka tertinggi pada Juli 2024 yakni 598.901 unit dan sempat turun paling rendah pada April di angka 419.136 unit.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
28 November 2025, 19:00 WIB
25 November 2025, 16:59 WIB
20 November 2025, 22:30 WIB
19 November 2025, 21:00 WIB
18 November 2025, 23:00 WIB
Terkini
03 Desember 2025, 14:00 WIB
Rano Karno berharap para petugas pemadam kebakaran di DKI Jakarta memiliki SOP untuk menghadapi kebakaran EV
03 Desember 2025, 13:25 WIB
Sejak pertama diluncurkan, Toyota Veloz Hybrid sudah menjangkau banyak wilayah di Indonesia termasuk NTB
03 Desember 2025, 12:00 WIB
Changan disinyalir mengembangkan mobil elektrifikasi 7-seater untuk pasar Indonesia, ini model yang potensial
03 Desember 2025, 11:19 WIB
All new Honda Vario 125 tetap menggunakan rangka tubular untuk menyangga mesin 125 cc yang disematkan
03 Desember 2025, 10:00 WIB
Menjelang akhir tahun harga mobil hybrid cenderung stabil, hanya Toyota yang melakukan penyesuaian banderol
03 Desember 2025, 09:00 WIB
Gaikindo baru saja resmi merevisi target penjualan mobil baru di 2025, menjadi hanya berkisar 780 ribu unit
03 Desember 2025, 08:00 WIB
Harga tiket IIMS 2026 tidak mengalami kenaikan imbas dari besarnya tekanan yang dihadapi oleh industri otomotif
03 Desember 2025, 07:00 WIB
IIMS 2026 hadir dengan area pameran yang lebih luas karena jumlah peserta lebih banyak dibang tahun lalu