Alasan Yamaha Nmax Terbaru Menggendong Nama Turbo

Yamaha Nmax terbaru menggunakan kata "Turbo" dengan tujuan untuk memudahkan cara menjelaskan mekanismenya

Alasan Yamaha Nmax Terbaru Menggendong Nama Turbo

KatadataOTO – Yamaha Nmax Turbo langsung menjadi perbincangan banyak orang sejak diluncurkan. Hal ini dikarenakan adanya embel-embel turbo pada bagian belakang.

Tidak sedikit masyarakat yang penasaran dengan istilah di dunia permesinan tersebut. Sehingga membuat pihak Yamaha Indonesia merasa perlu melakukan edukasi.

“Kami memilih nama turbo ini adalah untuk membantu public atau konsumen memahami YECVT. Karena kalau dijelaskan secara detil njelimet dan barangnya tidak kelihatan,” kata  Antonius Widiantoro, Asst GM Marketing PT YIMM di Cibinong (22/06).

Dijelaskan bahwa sebutan turbo bisa membantu Yamaha untuk menjelaskan kepada masyarakat. Karena konsumen harus merasakan langsung perbedaan performa kendaraan.

Yamaha Nmax Turbo
Photo : KatadataOTO

Lebih jauh dikatakan penggunaan kata turbo dilengkapi dengan tanda petik. Sehingga bukan merujuk pada turbocharger seperti yang dikenal oleh para penggemar otomotif.

“Kami ingin menunjukkan kepada konsumen sensasi berkendara turbo. Dengan ini akselerasi dan deselerasi motor bisa didapatkan lebih cepat,” jelas Anton.

YECVT (Yamaha Electric Continious Variable Transmission) merupakan teknologi pada Nmax Turbo. Cara kerjanya mirip dengan pendahulu yakni Majesty 250.

Berikut penjelasan terkait YECVT:

  • Transmission Control Unit (TCU) : Mengatur penggerakkan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)
  • ECVT Motor : Menggerakkan Puller Primary
  • Sensor Motor Position (Primary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)
  • Speed Sensor (Secondary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU

YECVT sendiri terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.

Hadirnya perangkat tersebut di atas membuat beberapa dimensi komponen membengkak. Hal itu dilakukan guna mendapatkan performa optimal pada motor.

Yamaha Nmax Turbo
Photo : KatadataOTO

Diameter Pully dirancang dengan bentuk lebih besar 10 mm, V-belt lebih lebar 0.8 mm dan Spring Secondary lebih panjang juga keras. Ubahan tersebut berperan untuk meningkatkan akselerasi motor.

Konsumen bisa merasakan adanya peningkatan akselerasi kendaraan melalui tombol shift pada tombol switch sebelah kiri. Lalu para pengguna juga bisa meningkatkan torsi sesuai mode berkendara.

Seluruh komponen pada YECVT digaransi selama 2 tahun. Sehingga bisa membuat pelanggan lebih nyaman berkendara.


Terkini

motor
Beli Yamaha Nmax Turbo Wajib Sabar, Inden Tiga Bulan

Beli Yamaha Nmax Turbo Wajib Sabar, Inden Tiga Bulan

Menurut salah satu wiraniaga, konsumen harus menunggu selama tiga bulan buat mendapatkan Yamaha Nmax Turbo

news
Mobil Hybrid Toyota

Tren Elektrifikasi Naik di 2024, Pembiayaan Mobil Hybrid Populer

Pada kuartal pertama 2024 ada kenaikan pembiayaan kendaraan elektrifikasi namun masih didominasi mobil hybrid

otopedia
Delium Velocita DTX

Ini Tantangan Dalam Mengembangkan Ban Mobil Listrik

Tantangan dalam mengembangkan ban mobil listrik cukup beragam dan menghambat para produsen untuk membuatnya

mobil
1.500 Mobil Listrik BYD Dikirim ke Konsumen 30 Juni 2024

1.500 Mobil Listrik BYD Dikirim ke Konsumen 30 Juni 2024

Eagle menyebut kalau mobil listrik BYD bakal diserahkan ke tangan konsumen di Indonesia pada 30 Juni 2024

otopedia
Delium Velocita DTX

Delium Velocita DTX Meluncur, Bisa Disiksa Secara Ekstrem

Delium Velocita DTX meluncur dengan beragam pengembangan sehingga bisa disiksa di kondisi ekstrem sekalipun

mobil
Wuling BinguoEV

Wuling BinguoEV Menjadi Andalan Keluarga Indonesia

Wuling BinguoEV menjadi kendaraan andalan keluarga Indonesia karena menawarkan sejumlah fitur terkini

motor
Yamaha Nmax Turbo

Yamaha Nmax Turbo Tanpa Keong, Simak Cara Kerjanya

Mengenal cara kerja Yamaha Nmax Turbo yang menggunakan sistem elektronik pada bagian transmisi CVT-nya

mobil
Mercedes-Benz all new EQE SUV

Mercedes-Benz Rakit Lokal Mobil Listrik Mulai 2027

Meski tidak mengincar subsidi pemerintah, komitmen Mercedes-Benz rakit lokal mobil listrik dilakukan di 2027