Yamaha Nmax Turbo Tanpa Keong, Simak Cara Kerjanya

Mengenal cara kerja Yamaha Nmax Turbo yang menggunakan sistem elektronik pada bagian transmisi CVT-nya

Yamaha Nmax Turbo Tanpa Keong, Simak Cara Kerjanya

KatadataOTO – Yamaha Indonesia tengah berbunga-bunga karena penjualan Nmax Turbo cukup positif. Masyarakat antusias untuk meminang Yamaha Nmax generasi ketiga.

Selain mengusung kata turbo, Yamaha Nmax terbaru juga dibekali sejumlah teknologi terkini. Dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan para konsumen di Tanah Air.

Yamaha Nmax Turbo dibenamkan mesin Blue Core 155 cc VVA generasi anyar. Pada bagian transmisi disematkan YECVT (Yamaha Eletric Continuous Variable Transmission).

Tambahan teknologi pada sistem transmisi inilah yang diberikan istilah ‘turbo’. Walhasil para pengguna bisa memaksimalkan performa mesin ketika dibutuhkan.

Yamaha Nmax Turbo
Photo : KatadataOTO

Namun diakui masih banyak orang yang mempertanyakan embel-embel turbo tersebut. Sehingga Yamaha Indonesia menggelar sesi bedah teknologi Nmax Turbo hari ini (21/06).

“Berbagai pembaruan pada motor terkhusus penggunaan teknologi YECVT telah menjadi perbincangan bagi konsumen. Sebagai bentuk edukasi kami membuat kegiatan workshop bagi media,” kata Antonius Widiantoro, Asst GM Marketing Yamaha Indonesia di Cibinong.

Berikut 6 Pembaruan Yamaha Nmax Turbo

  1. YECVT

Teknologi ini menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator dan beberapa sensor.

Adapun fungsi-fungsi setiap fitur seperti berikut ini

  • Transmission Control Unit (TCU) : Mengatur penggerakkan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)
  • ECVT Motor : Menggerakkan Puller Primary
  • Sensor Motor Position (Primary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)
  • Speed Sensor (Secondary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU

YECVT sendiri terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.

Diameter Pully juga di desain lebih besar 10 mm, V-belt lebih lebar 0.8 mm dan Spring Secondary lebih panjang juga keras. Ubahan tersebut berperan untuk meningkatkan akselerasi motor.

  1. Body Cylinder

Mesin Blue Core 155 cc VVA generasi terbaru memiliki dinding silinder lebih halus (Mirror Bore Cylinder), untuk meminimalisir gesekan dan mengurangi oil loss.

Lebih jauh dikatakan suara mesin menjadi lebih halus dan minim vibrasi.


Terkini

otosport
Hasil MotoGP Valencia 2025

Hasil MotoGP Valencia 2025: Akhir Manis buat Bezzecchi

Marco Bezzecchi tutup musim ini dengan capaian manis di MotoGP Valencia 2025 dengan finish pertama

mobil
Mazda Siap Boyong EZ-6 Kembaran Deepal LO7, Changan Buka Suara

Mazda Siap Boyong EZ-6 Kembaran Deepal LO7, Changan Buka Suara

Mazda EZ-6 dan Changan Deepal LO7 sama-sama berpeluang besar untuk dipasarkan ke konsumen di Tanah Air

mobil
Klarifikasi Chery Soal Insiden Fengyun X3L di Gunung Tianmen

Klarifikasi Chery Soal Insiden Fengyun X3L di Gunung Tianmen

Chery beri penjelasan soal Fengyun X3L yang alami kecelakaan saat sedang uji ketangguhan di Gunung Tianmen

mobil
Suzuki Ertiga Hybrid

Pilihan Suzuki Ertiga Bekas Lansiran 2024 Kini Makin Beragam

Suzuki Ertiga bekas lansiran 2024 bisa jadi pilihan masyarakat buat berkendara saat libur Natal dan tahun baru

news
Honda Bikers Day 2025

Honda Bikers Day 2025 Disambangi 32 Ribu Rider Tanah Air

Puncak acara Honda Bikers Day 2025 memberikan pengalaman berbeda di Garut dengan puluhan ribu pemotor

komunitas
Honda Culture Indonesia 2025

Honda Culture Indonesia Kembali Digelar, Ajak Puluhan Komunitas

Banyak kegiatan menarik disuguhkan buat para anggota komunitas selama Honda Culture Indonesia berlangsung

motor
Honda ADV 160

Jelajah Jawa Barat Pakai Honda ADV 160 Roadsync Menuju HBD 2025

Honda ADV 160 membuktikan performanya dalam perjalanan melintasi pantai selatan Jawa Barat menuju HBD 2025

mobil
Toyota Calya bekas

Toyota Calya Bekas Lansiran 2024 Pilihannya Makin Banyak

Pilihan Toyota Calya bekas lansiran 2024 makin menarik karena ada program TDP Rp 7 jutaan dan tenor panjang