Yamaha Nmax Turbo Tanpa Keong, Simak Cara Kerjanya

Mengenal cara kerja Yamaha Nmax Turbo yang menggunakan sistem elektronik pada bagian transmisi CVT-nya

Yamaha Nmax Turbo Tanpa Keong, Simak Cara Kerjanya

KatadataOTO – Yamaha Indonesia tengah berbunga-bunga karena penjualan Nmax Turbo cukup positif. Masyarakat antusias untuk meminang Yamaha Nmax generasi ketiga.

Selain mengusung kata turbo, Yamaha Nmax terbaru juga dibekali sejumlah teknologi terkini. Dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan para konsumen di Tanah Air.

Yamaha Nmax Turbo dibenamkan mesin Blue Core 155 cc VVA generasi anyar. Pada bagian transmisi disematkan YECVT (Yamaha Eletric Continuous Variable Transmission).

Tambahan teknologi pada sistem transmisi inilah yang diberikan istilah ‘turbo’. Walhasil para pengguna bisa memaksimalkan performa mesin ketika dibutuhkan.

Yamaha Nmax Turbo
Photo : KatadataOTO

Namun diakui masih banyak orang yang mempertanyakan embel-embel turbo tersebut. Sehingga Yamaha Indonesia menggelar sesi bedah teknologi Nmax Turbo hari ini (21/06).

“Berbagai pembaruan pada motor terkhusus penggunaan teknologi YECVT telah menjadi perbincangan bagi konsumen. Sebagai bentuk edukasi kami membuat kegiatan workshop bagi media,” kata Antonius Widiantoro, Asst GM Marketing Yamaha Indonesia di Cibinong.

Berikut 6 Pembaruan Yamaha Nmax Turbo

  1. YECVT

Teknologi ini menggantikan sistem CVT konvensional. Cara kerjanya dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator dan beberapa sensor.

Adapun fungsi-fungsi setiap fitur seperti berikut ini

  • Transmission Control Unit (TCU) : Mengatur penggerakkan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)
  • ECVT Motor : Menggerakkan Puller Primary
  • Sensor Motor Position (Primary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)
  • Speed Sensor (Secondary) : Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU

YECVT sendiri terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor dan Gear Reduction Driven.

Diameter Pully juga di desain lebih besar 10 mm, V-belt lebih lebar 0.8 mm dan Spring Secondary lebih panjang juga keras. Ubahan tersebut berperan untuk meningkatkan akselerasi motor.

  1. Body Cylinder

Mesin Blue Core 155 cc VVA generasi terbaru memiliki dinding silinder lebih halus (Mirror Bore Cylinder), untuk meminimalisir gesekan dan mengurangi oil loss.

Lebih jauh dikatakan suara mesin menjadi lebih halus dan minim vibrasi.


Terkini

mobil
Jetour T2 PHEV Siap Jadi Chery J6 Versi Hybrid di RI

Jetour T2 PHEV Bakal Tantang Penguasa Hybrid Tanah Air

Merek Cina mulai rambah pasar hybrid yang ramai, Jetour T2 PHEV bakal dihadirkan sebagai penantang penguasa

otopedia
Ehang 216-S

Prestige Akui EHang 216-S Tidak Dirancang Buat Perjalanan Jauh

Prestige mengakui bahwa EHang 216-S tidak dirancang untuk perjalanan jauh sehingga hanya bisa dipakai dalam kota

mobil
Changan Absen di GIIAS 2025, Tetap Jual Mobil Akhir Tahun

Changan Absen di GIIAS 2025, Tetap Jual Mobil Akhir Tahun

Manufaktur mobil asal Cina, Changan dipastikan tetap jual mobil di Indonesia meskipun absen di GIIAS 2025

otopedia
Raffi Ahmad jadi salah satu orang pertama yang terbang dengan Ehang 216-S

Raffi Ahmad Akui Sempat Khawatir Saat Terbang dengan EHang 216-S

Raffi Ahmad akui sempat khawatir saat demo terbang dengan EHang 216-S di kawasan Pantai Indah Kapuk 2

otopedia
Ehang 216-S

EHang 216-S Akhirnya Demo Terbang Bawa Penumpang di Indonesia

EHang 216-S akhirnya diperbolehkan melakukan demo terbang di Indonesia setelah mendapat izin dari pemerintah

news
Kelebihan Pabrik Baterai EV CATL yang Mau Dibangun di Indonesia

Kelebihan Pabrik Baterai EV CATL yang Mau Dibangun di Indonesia

Proses pembangunan pabrik baterai EV CATL bakal dimulai pada 29 Juni 2025 dengan diresmikan oleh Prabowo

otosport
Alex Marquez

Alex Marquez Akui Masih Kesulitan Kejar Sang Kakak

Menjalani balapan di MotoGP Italia 2025 di Mugello, Alex Marquez mengakui jika performa Marc lebih sempurna

mobil
Merek Mobil Cina Dikejar Waktu Produksi Lokal, Deadline 2026

Merek Mobil Cina Dikejar Waktu Produksi Lokal, Deadline 2026

Mobil Cina penikmat insentif impor mobil listrik seperti BYD dan GAC Aion harus bersiap produksi lokal di 2026