Memaksimalkan Y-Shift Yamaha NMax Turbo di Antara Merapi–Merbabu

Sistem Y-Shift Yamaha NMax Turbo bikin berkendara di jalan-jalan pegunungan makin menyenangkan. Berikut cara memaksimalkannya.

Memaksimalkan Y-Shift Yamaha NMax Turbo di Antara Merapi–Merbabu

KatadataOTO – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing kembali menggelar event tahunan Editor on Wheel (26–27 November 2025) yang melibatkan beberapa editor media otomotif nasional termasuk KatadataOTO. Kali ini perjalanan mengambil jalur Yogyakarta menuju Semarang via Kopeng–Salatiga.

"NMAX "TURBO" kita pilih sebagai kendaraan utama yang digunakan oleh para Editors, karena punya banyak sekali fitur yang mendukung performa dan kenyamanan touring seperti YECVT, sistem navigasi, posisi kaki yang rileks, dan performance damper pada varian TechMAX yang meningkatkan kualitas handling" jelas Rifky Maulana, PR Public Relation, YRA & Community Manager PT YIMM.

Yamaha NMax Turbo kembali digunakan dalam touring santai namun melewati jalan dengan medan cukup menarik dengan cuaca hujan hampir sepanjang perjalanan pada hari pertama menuju Salatiga. Dan di sini KatadataOTO merasa justru saat yang tepat untuk memaksimalkan penggunaan sistem YECVT (Yamaha Electric Continuous Variable Transmission) pada motor ini.

Untuk diketahui, sistem ini sudah tidak menggunakan roller mekanis pada sistem CVT pada umumnya. Motor listrik (ECVT motor) menjadi penggerak maju–mundur primary sheave dengan kontrol Transmission Control Unit (TCU), artinya rasio transmisi berubah otomatis tergantung bukaan gas dan kondisi jalan.

Yamaha Nmax
Photo: Istimewa

Pengemudi bisa mengintervensi kerja sistem ini melalui fitur Y-Shift. Secara manual dapat menentukan 3 tingkat percepatan sesuai kebutuhan dan feeling berkendara, khusus untuk mengubah tingkat deselerasi atau engine brake serta kemudian melesat saat berakselerasi, juga guna menahan kecepatan untuk membantu pengereman.

Sistem ini juga punya 2 pilihan mode pengendaraan: T-Mode untuk penggunaan harian atau S-Mode jika ingin performa sport atau respons gas lebih galak.

Jalur Kaliurang menuju Kopeng dengan cuaca hujan dan berkabut menjadi menu pertama perjalanan. Tanjakan–turunan panjang dan jalan basah justru menjadi ajang memanfaatkan fitur Y-Shift secara maksimal.

Hampir setiap masuk tikungan dan kemudian menanjak, KatadataOTO memanfaatkan engine brake secara manual dengan menurunkan 2 hingga 3 tingkat percepatan (sesuai kebutuhan). Di jalan basah kami mencoba mengurangi kerja sistem pengereman ABS dengan melakukan engine brake demi menjaga putaran mesin agar momentum melewati jalan menanjak bisa dilakukan dengan tenaga mesin maksimal.

Yamaha Nmax
Photo: KatadataOTO

Demikian juga saat melewati turunan-turunan panjang. Engine brake bisa dilakukan secara manual sesuai kebutuhan sehingga secara sistematis menopang kinerja pengereman.

Jujur saja KatadataOTO menemukan kesenangan tersendiri saat memaksimalkan Y-Shift selama perjalanan. Karena selain membuat perjalanan menjadi mudah, suara deru mesin saat engine brake membawa kenikmatan tersendiri.


Terkini

mobil
Changan Deepal S07

Changan Deepal S07 Dibekali Fitur Penunjang Performa Ciamik

Changan Deepal S07 dipasarkan sebagai SUV yang memiliki berbagai keunggulan mulai dari fitur hingga teknologi

mobil
Promo Pembelian MG di GJAW 2025, DP Rendah Mulai Rp 15 Jutaan

Promo Pembelian MG di GJAW 2025, DP Rendah Mulai Rp 15 Jutaan

MG tawarkan kemudahan pembelian unit selama GJAW 2025, termasuk DP rendah untuk mobil listrik MG 4 EV

modifikasi
100 Mobil Ramaikan Blackauto Battle The Final 2025 di Yogyakarta

100 Mobil Modif Ramaikan Blackauto Battle The Final 2025 Jogja

Blackauto Battle The Final 2025 baru saja diselenggarakan, tercatat banyak program maupun turnamen digelar

news
Ganjil genap Puncak

Ganjil Genap Puncak 28 November 2025, Terakhir di Bulan Ini

Ganjil genap Puncak masih menjadi andalan pihak kepolisian dalam menangani kepadatan yang terjadi di kawasan wisata

mobil
Diskon Hyundai Ioniq 5 di GJAW 2025, Tembus Rp 200 Juta

Diskon Hyundai Ioniq 5 di GJAW 2025 Tembus Rp 200 Juta

Mobil listrk Hyundai Ioniq 5 dikenakan potongan harga Rp 200 jutaan selama GJAW 2025, berlaku di pameran

mobil
Pabrik BYD Bakal Beroperasi Awal 2026, Harga EV Dipastikan Stabil

Pabrik BYD Bakal Beroperasi Awal 2026, Atto 1 Jadi Prioritas

BYD Atto 1 berpeluang jadi mobil listrik pertama yang diproduksi di pabrik di kawasan Subang, Jawa Barat

mobil
Daihatsu

Daihatsu Sebut Total Angka Penjualan Mobil Baru 2025 Tembus Segini

Daihatsu berharap Penjualan mobil baru bisa membaik pada sisa tahun ini dan pada 2026 terus melonjak

mobil
GJAW 2025 Terasa Masih Kurang Seksi di Mata Masyarakat

GJAW 2025 Terasa Masih Kurang Seksi di Mata Masyarakat

Sejak dibuka pada Jumat (21/11), pengunjung yang datang ke GJAW 2025 sepertinya jauh dari harapan banyak pihak