Toyota dan Pertamina Berkolaborasi Uji Coba Bioetanol E10
22 November 2024, 21:00 WIB
Toyota akui tantangan di kuartal kedua 2024 akan beragam dan harus dihadapi seluruh pabrikan kendaraan
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Toyota akui tantangan di kuartal kedua 2024 akan beragam khususnya di sektor industri otomotif. Situasi tersebut tentu kurang menguntungkan mengingat pada kuartal I pun pasar Indonesia cenderung lesu.
Bahkan Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif di Indonesia mengalami penurunan. Sepanjang Januari hingga Maret 2024 mereka hanya menjual sebanyak 72.970 unit atau terkoreksi dari periode serupa tahun lalu sebesar 80.813 unit.
“Di kuartal I market mengalami koreksi akibat berbagai faktor seperti pemilu yang biasanya mempengaruhi permintaan. Toyota cukup bersyukur meski ditengah kondisi seperti ini kami bisa mempertahankan market share di angka 30,5 persen untuk wholesales dan retail sales 31.6 persen,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor pada KatadataOTO (22/04).
Namun kondisi tersebut belum selesai pasalnya Kuartal II dinilai masih memiliki beragam tantangan. Salah satunya adalah banyaknya jumlah libur panjang di April dan Mei.
“Menghadapi kuartal II tantangannya beragam baik dari nasional maupun global. Terlebih di Mei banyak libur panjang yang berarti hari efektif penjualan berkurang,” tambahnya.
Namun dirinya mengaku akan memantau situasi dan kondisi pasar. Beragam langkah telah disiapkan agar penjualan bisa bertahan.
“Kami di Toyota terus melakukan observasi sekaligus berkoordinasi dengan manufaktur, diler dan value chain kami. Sehingga jika ada perkembangan situasi kita bisa cepat beradaptasi untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan,” tambahnya.
Salah satu cara yang sekarang mereka lakukan adalah mempertahankan harga meski nilai rupiah terhadap dolar semakin tertekan. Saat berita ini dibuat, US$ 1 setara dengan Rp 16.235.
Tak hanya itu mereka juga baru meluncurkan Toyota Rush yang kini menggunakan gril baru berkelir hitam glossy. Hal senada pun bisa ditemukan pada bagian kasia spion dan handle pintu.
Sementara di buritan ada garnis berkelir hitam glossy. Warna serupa juga bisa ditemukan pada spoiler maupun bumper belakang.
Dengan segala perubahannya, Toyota Rush dijual mulai Rp 284,4 juta hingga Rp 310,4 juta.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
22 November 2024, 21:00 WIB
21 November 2024, 17:00 WIB
21 November 2024, 08:00 WIB
20 November 2024, 15:00 WIB
20 November 2024, 11:00 WIB
Terkini
24 November 2024, 11:00 WIB
Mazda MX-30 sudah terpesan enam unit sejak peluncurannya pekan lalu, sebagian harus inden selama tiga bulan
24 November 2024, 08:00 WIB
BYD berharap pemerintah mau mengucurkan insentif demi menjaga daya beli masyarakat saat opsen pajak diterapkan
24 November 2024, 07:00 WIB
Honda menghadirkan berbagai program menarik untuk bisa dimanfaatkan bagi pengunjung GJAW 2024 di ICE BSD
24 November 2024, 07:00 WIB
Honda menghadirkan berbagai program menarik untuk bisa dimanfaatkan bagi pengunjung GJAW 2024 di ICE BSD
24 November 2024, 06:05 WIB
Nissan ikut meramaikan GJAW 2024, tawarkan cashback Rp 5 juta dan program trade-in khusus selama acara
23 November 2024, 22:00 WIB
Mobil hybrid Lexus LM 500h varian baru hadir dalam pameran GJAW 2024 untuk menggoda para pengunjung berkantong tebal
23 November 2024, 21:00 WIB
Mobil listrik VinFast VF 5 sudah mulai dikirimkan ke tangan konsumen dalam pameran GJAW 2024 di ICE BSD
23 November 2024, 20:00 WIB
Subaru bawa dua mobil edisi khusus di GJAW 2024 yang diselenggarakan pada 22 November hingga 1 Desember 2024