Penjualan Daihatsu Juli 2025 Naik, Gran Max Jadi yang Terlaris
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Butuh waktu 11 tahun agar Daihatsu jual 700.000 unit LCGC yang telah menjadi tulang punggung penjualannya
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Sejak pertama kali diluncurkan pada 2013, segmen Low Cost Green Car (LCGC) telah menjadi tulang punggung penjualan bagi Daihatsu. Kehadirannya berhasil menarik minat banyak pelanggan di Tanah Air.
Hingga 2024 ini, Daihatsu setidaknya sudah menjual 700.000 unit LCGC di Indonesia. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari pasar Ayla dan Sigra yang duduk di segmen berbeda.
Pabrikan asal Jepang pun menilai bahwa tingginya angka penjualan tersebut sebagai prestasi tersendiri. Pasalnya banyaknya permintaan mencerminkan bahwa mobil Daihatsu telah memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat.
“Daihatsu telah menjadi bagian dari kebahagiaan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mobilitas serta meningkatkan kualitas kehidupan mereka,” ungkap Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Show (GJAW) 2024 (22/11)
Ada banyak alasan mengapa pelanggan menggemari mobil Daihatsu. Salah satunya adalah harganya yang terbilang terjangkau ketimbang model lain.
“Saya membutuhkan mobil berkapasitas 7 penumpang dan harga terjangkau seperti Sigra. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya juga efisien sehingga lebih hemat,” ungkap Najib, salah satu konsumen Daihatsu.
Hal senada juga disampaikan oleh Bambang, pemilik Daihatsu Ayla di ajang GJAW 2024.
“Daihatsu Ayla menjadi pilihan saya karena lincah untuk di kota besar dengan lalu lintas padat. Perawatannya juga mudah dan relatif terjangkau,” tambahnya.
Tidak bisa dipungkiri bahwa berdasarkan data Gaikindo LCGC di Indonesia masih menjadi salah satu segmen paling gemuk. Sedikitnya sudah 149.583 unit terjual atau 21,1 persen dari total pasar di Indonesia periode Januari hingga Oktober 2024.
Dari jumlah tersebut, bulan Maret menjadi periode dengan Wholesales tertinggi. Pasalnya ketika itu 16.840 unit LCGC berhasil terkirim ke diler.
Jumlah ini pun diperkirakan masih akan terus bertambah mengingat kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan dengan harga terjangkau masih dibutuhkan. Terlebih tingginya tekanan pada pasar otomotif masih berlanjut dan LCGC dinilai menjadi solusi paling realistis bagi masyarakat.
Daihatsu sendiri pun memastikan bakal tersebut memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan di Tanah Air. Dengan demikian diharapkan penjualan mobil bisa bertahan meski pasar melemah.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
14 Agustus 2025, 15:00 WIB
13 Agustus 2025, 09:00 WIB
12 Agustus 2025, 21:00 WIB
Terkini
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Penjualan Daihatsu Juli 2025 mengalami kenaikan hingga buat perusahaan jadi yang terlaris kedua di Indonesia
17 Agustus 2025, 20:00 WIB
Marc Marquez catatkan kemenangan ke-1.000 di Sirkuit Red Bull Ring, berikut hasil MotoGP Austria 2025
17 Agustus 2025, 17:00 WIB
Gaikindo berharap pemerintah beri insentif untuk industri otomotif agar tidak tersaingi oleh Malaysia
17 Agustus 2025, 15:00 WIB
Sepanjang Agustus 2025 ada diskon motor matic Honda yang dapat dimanfaatkan, seperti untuk pembelian Beat
17 Agustus 2025, 13:00 WIB
Jenis oli mobil yang dipasarkan di Indonesia beragam merek dan jenisnya sehingga konsumen wajib tahu
17 Agustus 2025, 11:00 WIB
Para bengkel modifikasi mengaku sekarang situasinya sangat sulit saat pasar motor baru di Indonesia lesu
17 Agustus 2025, 09:00 WIB
Changan Hunter diperkirakan jadi salah satu produk perdana merek Tiongkok ini di Indonesia, sudah terdaftar
17 Agustus 2025, 07:00 WIB
Lokasi kantong parkir untuk upacara HUT RI dan Kirab Pesta Rakyat sudah disiapkan pemerintah dengan jumlah terbatas