Daihatsu Kumpul Sahabat Resmi Digelar Perdana di Tangerang
18 Mei 2025, 18:00 WIB
Butuh waktu 11 tahun agar Daihatsu jual 700.000 unit LCGC yang telah menjadi tulang punggung penjualannya
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Sejak pertama kali diluncurkan pada 2013, segmen Low Cost Green Car (LCGC) telah menjadi tulang punggung penjualan bagi Daihatsu. Kehadirannya berhasil menarik minat banyak pelanggan di Tanah Air.
Hingga 2024 ini, Daihatsu setidaknya sudah menjual 700.000 unit LCGC di Indonesia. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari pasar Ayla dan Sigra yang duduk di segmen berbeda.
Pabrikan asal Jepang pun menilai bahwa tingginya angka penjualan tersebut sebagai prestasi tersendiri. Pasalnya banyaknya permintaan mencerminkan bahwa mobil Daihatsu telah memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat.
“Daihatsu telah menjadi bagian dari kebahagiaan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mobilitas serta meningkatkan kualitas kehidupan mereka,” ungkap Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Show (GJAW) 2024 (22/11)
Ada banyak alasan mengapa pelanggan menggemari mobil Daihatsu. Salah satunya adalah harganya yang terbilang terjangkau ketimbang model lain.
“Saya membutuhkan mobil berkapasitas 7 penumpang dan harga terjangkau seperti Sigra. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya juga efisien sehingga lebih hemat,” ungkap Najib, salah satu konsumen Daihatsu.
Hal senada juga disampaikan oleh Bambang, pemilik Daihatsu Ayla di ajang GJAW 2024.
“Daihatsu Ayla menjadi pilihan saya karena lincah untuk di kota besar dengan lalu lintas padat. Perawatannya juga mudah dan relatif terjangkau,” tambahnya.
Tidak bisa dipungkiri bahwa berdasarkan data Gaikindo LCGC di Indonesia masih menjadi salah satu segmen paling gemuk. Sedikitnya sudah 149.583 unit terjual atau 21,1 persen dari total pasar di Indonesia periode Januari hingga Oktober 2024.
Dari jumlah tersebut, bulan Maret menjadi periode dengan Wholesales tertinggi. Pasalnya ketika itu 16.840 unit LCGC berhasil terkirim ke diler.
Jumlah ini pun diperkirakan masih akan terus bertambah mengingat kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan dengan harga terjangkau masih dibutuhkan. Terlebih tingginya tekanan pada pasar otomotif masih berlanjut dan LCGC dinilai menjadi solusi paling realistis bagi masyarakat.
Daihatsu sendiri pun memastikan bakal tersebut memberikan beragam kemudahan untuk para pelanggan di Tanah Air. Dengan demikian diharapkan penjualan mobil bisa bertahan meski pasar melemah.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
18 Mei 2025, 18:00 WIB
15 Mei 2025, 08:00 WIB
14 Mei 2025, 09:00 WIB
05 Mei 2025, 17:13 WIB
03 Mei 2025, 10:00 WIB
Terkini
19 Mei 2025, 13:00 WIB
Wamenperin menilai kehadiran Chery Tiggo 8 CSH bisa menambah opsi kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air
19 Mei 2025, 12:00 WIB
Mitsubishi bakal buka 10 diler di 2025 untuk menyambut model baru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat
19 Mei 2025, 10:00 WIB
Suzuki Fronx bakal segera diluncurkan pada 28 Mei 2025, kisaran harganya mulai diungkap oleh tenaga penjual
19 Mei 2025, 09:00 WIB
Mitsubishi yakin kuasai 10 persen pasar di Indonesia pada 2025 berkat kehadiran model baru yang akan diluncurkan
19 Mei 2025, 08:00 WIB
Mobil Lubricants resmi memberikan dukungan mereka untuk ajang balap Porsche Sprint Challenge Indonesia 2025
19 Mei 2025, 07:00 WIB
Tol Jakarta Cikampek kembali diperbaiki di tiga titik sekaligus dan rencananya rampung di akhir pekan
19 Mei 2025, 06:00 WIB
Terdapat dua lokasi SIM keliling Bandung yang bisa dipilih masyarakat untuk mengurus dokumen berkendara
19 Mei 2025, 06:00 WIB
Lima lokasi SIM keliling Jakarta bisa dimanfaatkan hari ini, simak informasi termasuk syarat dan biayanya