Baru Marak di RI, Perang Harga Mobil Sudah Jadi Budaya di Cina

Sub merek Chery, Lepas tidak menampik bahwa perang harga merupakan satu hal yang lazim terjadi di Cina

Baru Marak di RI, Perang Harga Mobil Sudah Jadi Budaya di Cina

KatadataOTO – Perang harga antara berbagai manufaktur mobil Cina di Indonesia mulai memanas, paling terlihat saat perhelatan GIIAS 2025.

Banyak merek berlomba-lomba menurunkan harga jual kendaraan demi menarik lebih banyak konsumen, khususnya di tengah pelemahan daya beli di sektor otomotif.

Brand baru yang hadir di Tanah Air perlu memikirkan strategi untuk bersaing, salah satunya Lepas, bagian dari Chery Group.

“Di Cina, kita bahkan memiliki kata sendiri untuk menyebutnya yakni ‘neijuan’,” kata Ricky He, Deputy Country Director Lepas Indonesia di sela GIIAS 2025 beberapa waktu lalu.

Lepas di GIIAS 2025
Photo : KatadataOTO

Secara harfiah, neijuan sendiri berarti kerumitan. Menurut Ricky, fenomena perang harga ini kemudian menghasilkan kompetisi tak rasional.

“Manufaktur mobil Cina jadi selalu mendapatkan tekanan berat. Semuanya berusaha, tetapi tidak ada penerima manfaatnya,” kata dia.

Melihat hal tersebut, pihak Lepas menegaskan tidak ingin ikut ambil bagian dalam perang harga mobil seperti yang marak dilakukan.

Strategi yang diterapkan untuk merek Lepas tidak sebatas harga kompetitif, namun menawarkan produk modern dengan fitur-fitur mumpuni sebagai mobil premium.

“Kami tidak akan ikut (perang harga), tetapi menawarkan lebih banyak produk dengan harga sesuai harapan pelanggan,” tegas Ricky.

Sebagai informasi Lepas merupakan sub merek dari Chery Group, memboyong tiga produk di GIIAS 2025 yaitu L4, L6 dan L8. Indonesia jadi negara kedua setelah Cina tempat merek ini diperkenalkan.

Tetapi pihak manufaktur belum merilis harga resminya. L8 jadi model perdana mereka di RI. Kemungkinan besar dibekali teknologi Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Spesifikasi teknisnya pun masih gelap. Tetapi Lepas L8 diyakini segera meluncur buat konsumen Indonesia dalam waktu tidak lama lagi tahun ini.

Sistem hybrid pada lini kendaraan Lepas berpeluang sama dengan Chery Super Hybrid (CSH), sudah diterapkan di model seperti Tiggo 8 dan Tiggo Cross Hybrid.

Lepas di GIIAS 2025
Photo : KatadataOTO

Masuk ke segmen SUV kompak, namun yang jadi sorotan adalah desain gril unik dan kelir warna segar dan menarik perhatian.

Lepas menyasar konsumen generasi muda penyuka kendaraan roda empat bergaya kekinian.

Buat sementara waktu, Lepas akan fokus melakukan pemasaran lini kendaraan mereka di kota-kota besar potensial, seperti Jakarta.


Terkini

mobil
Hyundai Stargazer Cartenz

Stargazer Cartenz Jadi Andalan Hyundai Dorong Penjualan di RI

Stargazer Cartenz diklaim mendominasi pemesanan Hyundai selama GIIAS 2025, bantu dongkrak penjualan di RI

motor
KNKT Usul Aturan Tambahan untuk Investigasi Kecelakaan Motor

KNKT Usul Aturan Tambahan untuk Investigasi Kecelakaan Motor

Ada usul ubahan terhadap PP Nomor 62 Tahun 2013 untuk KNKT bisa lebih jauh dalam menyelidiki kecelakaan motor

komunitas
Croisant Resmi Jadi Komunitas Pengguna Mobil Citroen di Indonesia

Croisant Resmi Jadi Komunitas Pengguna Mobil Citroen di Indonesia

Croisant menjadi wadah untuk silaturahmi para pengguna mobil Citroen baik lawas maupun baru di Indonesia

news
Ganjil genap Puncak

Ganjil Genap Puncak Kembali Diterapkan, Siapkan Jalur Alternatif

Ganjil genap Puncak kembali diterapkan di sejumlah titik untuk atasi kemacetan lalu lintas di jalur utama

mobil
Hyundai

Hyundai Gandeng General Motors Buat Kembangkan 5 Mobil Baru

Hyundai resmi bekerjasama dengan General Motors untuk mengembangan lima mobil baru di beberapa segmen

news
Kemacetan TB Simatupang

Banyak Galian Jadi Sebab TB Simatupang Lebih Macet dari Biasa

Kemacetan di TB Simatupang disebabkan adanya galian yang memakan ruas jalan sehingga jalur semakin sempit

news
Tilang ETLE

Tilang ETLE Bakal Dioptimalkan, Incar Lebih Banyak Pelanggar

Pemerintah Sumatera Selatan ingin tilang ETLE dioptimalkan untuk tingkatkan ketertiban berlalu lintas

news
ACC

ACC Resmikan KBA Gedang Selirang, Tingkatkan Kualitas Hidup

ACC melakukan kegiatan CSR di KBA Gedang Selirang yang mencakup 4 pilar untuk meningkatkan kualitas hidup