Respons Daihatsu Usai Menperin Usul Harga Mobil Baru Diturunkan
02 Maret 2025, 13:00 WIB
Test Drive Daihatsu Xenia 2022 membuktikan kinerja penggerak roda depan saat menanjak dan performa transmisi CVT
Oleh Arie Prasetya
TRENOTO – Kemuculan all new Daihatsu Xenia di GIIAS 2021 November lalu jelas menarik perhatian konsumen otomotif Indonesia. Dan yang paling menarik untuk disimak adalah sorotan mengenai kelengkapan barunya yakni penggunaan penggerak roda depan serta transmisi CVT.
Kaum puritan banyak yang skeptis terhadap Daihatsu Xenia 2022 terutama untuk penggunaan penggerak depan, kekuatan menanjaknya dipertanyakan. Sementara sistem transmisi CVT dipertanyakan saat bermain di putaran-putaran atasnya.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencoba mengakomodir pertanyaan tersebut dengan mengadakan media Test Drive Daihatsu Xenia 2022. Dan melihat rute yang ditempuh, rasa ADM tertantang untuk membuktikan kemampuan menanjak plus performa dari sistem transmisi CVT kembaran Toyota Avanza ini.
Performa CVT Daihatsu Xenia 1.5L R ADS CVT coba TrenOto maksimalkan dalam kesempatan pertama yang mengambil rute Bandara Kulon Projo menuju Kebumen via jalan Daendles di pesisir Selatan Jawa Tengah. Kesan pertama boleh dibilang cukup menggoda.
Respon dari sistem D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) Daihatsu Xenia 2022 terasa cukup menarik. Tenaga dari mesin 2 NR-VE bertenaga 105 hp di putaran 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm terasa hadir spontan saat pedal gas disentuh.
Jeritan-jeritan manja yang menjadi ciri khas transmisi CVT saat berakselasi spontan atau kick down cukup terasa, suaranya masuk dan mendominasi kabin. Akselerasi tentu akan lebih smooth jika kecepatan dibangun secara gradual.
Untuk diketahui, D-CVT punya kontruksi dan kinerja yang berbeda dengan CVT, ini karena memiliki paduan antara gerakan puli serta sabuk baja plus rangkaian gear tambahan termasuk planetary gear. Daihatsu akrab menyebutnya dengan split-gear system.
Jadi pada saat TrenOto memacu Daihatsu Xenia 2022 pada kecepatan rendah hingga menengah, puli serta sabuk baja CVT yang bekerja. Dan selanjutnya akan beralih pada gear tambahan saat melaju di kecepatan tinggi.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
02 Maret 2025, 13:00 WIB
17 Januari 2025, 18:03 WIB
28 November 2024, 09:00 WIB
24 Oktober 2024, 19:00 WIB
13 Oktober 2024, 22:32 WIB
Terkini
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti
16 Mei 2025, 17:37 WIB
Berbagai merek premium termasuk Porsche menghadapi tantangan berat di era elektrifikasi, hadapi produk Cina
16 Mei 2025, 16:00 WIB
Pabrik CATL di Indonesia diharapkan bisa beroperasi mulai Maret 2026 dengan konsumendari berbagai negara
16 Mei 2025, 15:00 WIB
Penjualan BYD lampaui Toyota di Singapura dengan selisih hingga ribuan unit pada periode Januari hingga April 2025
16 Mei 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak kembali digelar dan masyarakat diminta untuk mengatur ulang jadwal perjalanannya