Penjualan Daihatsu Juli 2025 Naik, Gran Max Jadi yang Terlaris
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Setelah menghadirkan produk unggulan di Indonesia, Daihatsu berhasil mencapai produksi sembilan juta unit
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menorehkan sejarah di pasar Indonesia. Kali ini mereka berhasil memproduksi sembilan juta unit.
Beroperasi sejak 1978 di Tanah Air, manufaktur asal Jepang tersebut terus menghadirkan berbagai produk andalan.
Sehingga Daihatsu konsisten dalam mendukung perkembangan industri otomotif di Indonesia selama puluhan tahun.
"Astra Daihatsu Motor tumbuh berkat dukungan semua pihak. Kami juga meluncurkan model ikonik seperti Xenia," ungkap Yasushi Kyoda, Presiden Direktur ADM hari ini, Jumat (22/08).
Ia menuturkan bahwa perjalanan Daihatsu selama di Indonesia diwarnai dengan berbagai inovasi. Seperti menghadirkan lini mobil Low Cost Green Car (LCGC) pada 2012.
Lalu mendirikan pusat riset dan pengembangan (R&D) pertama di Tanah Air pada 2013. Jadi mampu memasarkan kendaraan roda empat unggulan.
Kemudian memperkenalkan teknologi keselamatan seperti Advanced Driver Assitance Systems (ADAS) melalui Daihatsu Rocky.
"Kami juga mengeskpor kendaraan ke Jepang. Oleh sebab itu kami merayakan akumulasi produksi kesembilan juta unit," lanjut dia.
Lebih jauh Kyoda mengatakan Daihatsu ingin membuktikan bahwa anak bangsa mampu menghasilkan kendaraan roda empat unggulan.
Dengan begitu, seluruh mobil Daihatsu dapat menjawab berbagai kebutuhan para konsumen di Indonesia maupun luar negeri.
Di sisi lain dengan perayaan produksi sembilan juta unit mobil, Daihatsu memberikan dampak positif ke masyarakat di dalam negeri.
Seperti dengan membuka 10 ribu lapangan pekerjaan di tiga lokasi, seperti Sunter, Cibitung sampai Karawang.
Daihatsu juga sudah berkolaborasi dengan lebih dari 1,700 pemasok suku cadang, termasuk 700 UKM lokal.
"Kandungan lokal kami sudah melampaui 80 persen. Ini bentuk komitmen kami untuk terus mendorong industri dalam negeri," Kyoda menambahkan.
Sebagai informasi, sepanjang 2024 Daihatsu berhasil mencatatkan penjualan sampai 168 ribu unit di pasar domestik. Menjadi sebuah pencapaian positif di tengah situasi yang sulit.
Terakhir selama 16 tahun berturut-turut, Daihatsu mempertahankan posisi sebagai manufaktur nomor dua di pasar otomotif nasional.
Ke depan jenama asal Negeri Matahari Terbit itu berniat konsisten menghadirkan solusi mobilitas yang lebih ramah lingkungan.
"Dengan menerapkan prinsip Kaizen, kami akan menjaga keselamatan, kualitas serta efisiensi agar bisa menghadapi tantangan di masa depan," Kyodo menutup perkataannya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
14 Agustus 2025, 15:00 WIB
12 Agustus 2025, 18:00 WIB
11 Agustus 2025, 20:00 WIB
11 Agustus 2025, 14:00 WIB
Terkini
22 Agustus 2025, 17:43 WIB
BMW dikabarkan bakal menyuplai mesin untuk sejumlah lini mobil hybrid dan elektrifikasi Mercedes-Benz
22 Agustus 2025, 16:16 WIB
Jaecoo jadi satu-satunya manufaktur Cina yang meramaikan forum AIGIS 2025 besutan Kementerian Perindustrian
22 Agustus 2025, 15:22 WIB
Francesco Bagnaia tak lagi mengincar podium di MotoGP 2025, masih tidak percaya diri pasca balapan di Austria
22 Agustus 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak kembali diterapkan untuk membatasi jumlah kendaraan yang melintas di jalan utama
22 Agustus 2025, 13:18 WIB
Ada dua NJKB mobil Changan terdaftar mulai Rp 100 jutaan, yakni kendaraan listrik Changan Lumin dan Deepal S07
22 Agustus 2025, 12:00 WIB
Marco Bezzecchi bertekad tampil maksimal dalam balapan MotoGP Hungaria 2025 di Balaton Park akhir pekan nanti
22 Agustus 2025, 11:00 WIB
Pertumbuhan kendaraan yang ada tidak sebanding dengan jumlah jalan, sehingga memperparah macet Jakarta
22 Agustus 2025, 10:00 WIB
Sejumlah pabrikan bakal meluncurkan banyak motor baru, kemungkinan besar melantai di ajang IMOS 2025