Simak, Ini 5 Cara Mudah Merawat Motor Injeksi

Bisa dilakukan secara mandiri agar kondisi motor optimal, berikut adalah 5 cara mudah merawat motor injeksi

Simak, Ini 5 Cara Mudah Merawat Motor Injeksi

KatadataOTO – Banyak motor saat ini sudah menggunakan teknologi injeksi. Berbeda dari sistem karburator, injeksi merupakan sistem di mana bahan bakar disemprotkan secara langsung ke dalam mesin melalui injektor yang dikendalikan ECU.

Bahan bakar diukur oleh sejumlah sensor sebelum kemudian disemprot ke ruang bakar. Sehingga campuran udara dan bensin nan dihasilkan ideal, tawarkan tenaga dan efisiensi optimal.

Secara keseluruhan merawat motor injeksi terbilang lebih mudah. Ditambah lagi emisi gas buang dihasilkan rendah dibandingkan motor dengan sistem karburator sehingga banyak pabrikan menggunakan teknologi injeksi.

Jika Anda memiliki motor injeksi, ada beberapa cara bisa dilakukan secara mandiri agar kendaraan tetap dalam kondisi prima.

Diskon all new Honda Beat di Jakarta Fair 2024 Sampai Rp 1,2 Juta
Photo : KatadataOTO

Lebih lengkap, berikut kami rangkum 5 cara mudah merawat motor injeksi.

5 Cara Mudah Merawat Motor Injeksi

  1. Pakai Bahan Bakar Sesuai Aturan

Pabrikan biasanya memberi rekomendasi oktan bahan bakar yang tepat untuk motor. Bagi pemilik motor injeksi pastikan bensin digunakan sesuai spesifikasi motor.

Misal menggunakan bahan bakar oktan 90 ke atas. Karena dapat membantu proses pembakaran jadi lebih sempurna, alhasil tidak meninggalkan residu yang dapat menjadi kerak.

  1. Cek Kondisi Busi

Perlu diketahui busi merupakan komponen bertugas memantik pengapian saat proses pembakaran di mesin. Apabila kondisinya tidak baik maka pembakaran jadi tidak sempurna.

Dampak yang bisa dirasakan oleh pemilik motor misal performa kurang bertenaga atau motor tidak bisa dinyalakan. Pemilik perlu melakukan pengecekan dan mengganti busi secara berkala agar terhindar dari kendala tersebut.


Terkini

mobil
Chery Tiggo 8 CSH

Chery Tiggo 8 CSH Resmi Dijual, Harga Mulai Rp 400 Jutaan

PHEV pertama dari PT CSI, Chery Tiggo 8 CSH resmi dijual hari ini dengan banderol mulai dari Rp 400 jutaan

mobil
Hyundai Kona Electric

TKDN Hyundai Kona Electric Capai 80 Persen, Terbesar di Kelasnya

TKDN Hyundai Kona Electric berhasil mencatatkan prestasi tersendiri karena sudah memiliki TDKN 80 persen

mobil
Biaya Sewa HR-V Listrik Dinilai Terlalu Mahal, Honda Bilang Begini

Biaya Sewa HR-V Listrik Dinilai Mahal, Honda Bilang Begini

Mobil listrik perdana Honda yaitu e:N1 ditawarkan dengan skema sewa, namun angkanya disebut terlalu mahal

motor
Diskon Motor Matic Honda di Mei 2025, Ada Beat dan Scoopy

Diskon Motor Matic Honda di Mei 2025, Ada Beat dan Scoopy

Terdapat berbagai diskon motor matic Honda yang bisa dimanfaatkan oleh para konsumen sepanjang Mei 2025

mobil
Neta Raih 328 SPK di IIMS 2025, Andalkan Dua Model

Belum Produksi Sejak Awal Tahun, Neta Tegaskan Masih Bertahan di RI

Neta tegaskan masih beroperasi normal di Indonesia meski sejak awal tahun belum memproduksi satu pun kendaraan

mobil
Target Chery Jual 2.000 Unit per Bulan, Tiggo 8 CSH Jadi Harapan

Chery Tiggo 8 CSH Andalan Untuk Dongkrak Penjualan

Kehadiran produk baru diharapkan bantu dongkrak penjualan Chery buat mencapai target 2.000 unit per bulan

motor
KTM dan MV Agusta Resmi Berpisah, Masalah Keuangan Jadi Penyebab

KTM Alami Krisis Finansial, 1.800 Karyawan Terancam Kena PHK

KTM sedang menghadapi krisis finansial, 1.800 karyawan manufaktur asal Austria tersebut terancam dirumahkan

mobil
Toyota Kembali Singgung Alasan EV Tak Sepenuhnya Ramah Lingkungan

Toyota Kembali Singgung Alasan EV Tak Sepenuhnya Ramah Lingkungan

Harga relatif terjangkau dan ekosistem terjamin jadi alasan Toyota masih akan fokus jual mobil hybrid di RI