Sejarah Toyota Kijang, Mobil Legendaris Racikan Pendiri Astra

Sejarah Toyota Kijang di Indonesia terbilang panjang dengan beragam pengembangan yang dilakukan pabrikan

Sejarah Toyota Kijang, Mobil Legendaris Racikan Pendiri Astra

KatadataOTO – Nama Toyota Kijang tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Mobil yang pertama kali diluncurkan pada 9 Juni 1977 tersebut melegenda sebagai andalan keluarga di Tanah Air.

Kijang sebenarnya merupakan singkatan dari 'Kerjasama Indonesia - Jepang'. Mobil ini lahir karena pemerintahan Orde Baru mengeluarkan program “Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna” (KNBS) awal 1970.

Tujuan dari program tersebut adalah menciptakan kendaraan niaga produksi dalam negeri dengan harga terjangkau. Harapannya agar masyarakat lebih mudah membeli dan menjadikannya sebagai alat transportasi maupun distribusi barang.

Kijang sendiri lahir berkat tangan dingin William Soeryadjaya sebagai pemimpin Astra Internasional kala itu. Berkolaborasi dengan Toyota Motor Corp, kemudian muncul kendaraan legendaris nan serbaguna.

Sebagai pebisnis ulet, ia melihat peluang lebih besar ketimbang hanya berdagang atau merakit. Oleh sebab itu Astra pun mulai berupaya memproduksi unit di dalam negeri dan dari sanalah sejarah Toyota Kijang dimulai.

Toyota Kijang Buaya (Generasi Pertama)

Sejarah Toyota Kijang
Photo : Toyota

Untuk menjawab program pemerintah, Toyota pun mengembangkan Basic Utility Vehicle (BUV). Perlu waktu cukup lama yaitu dari 1972 hingga 1977 agar bisa melahirkan Kijang.

Mobil dirancang agar tangguh dan bisa diandalkan dalam segala medan serta sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Model pun dipastikan memenuhi kriteria yang dipersyaratkan dalam program KBNS.

Pada era itu, Toyota Kijang telah menggunakan bonnet yang menjadi ciri khasnya. Peletakkan mesin di bagian depan didasari riset faktor keselamatan.

Mesin depan dinilai lebih aman dibandingkan berada di bawah tempat duduk depan yang umum diaplikasikan pada masa itu. Selain itu, pelanggan juga bisa nyaman karena tidak ada gangguan panas dan suara dari mesin.

Keputusan tersebut boleh dikatakan tepat karena menjadi salah satu keunggulan yang masih dipertahankan sampai sekarang. Desain itu juga membuat Kijang generasi pertama dengan sebutan “Kijang Buaya”.


Terkini

news
Lokasi dan Jadwal SIM Keliling Bandung Usai Libur Panjang Waisak

Lokasi dan Jadwal SIM Keliling Bandung Usai Libur Panjang Waisak

SIM Keliling Bandung melayani masyarakat di Kota Kembang yang ingin mengurus dokumen berkendara hari ini

news
Ganjil genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 14 Mei 2025, Ketat Setelah Libur Waisak

Ganjil genap Jakarta 14 Mei 2025 kembali digelar setelah sempat dihentikan karena adanya libur Waisak

news
SIM keliling Jakarta

Lokasi SIM Keliling Jakarta Hari Ini 14 Mei, Ada Dispensasi

Ada dispensasi perpanjangan pasca libur Waisak, simak jadwal dan lokasi SIM keliling Jakarta hari ini

mobil
Nissan Dihantam Badai PHK, Berencana Rumahkan 20 Ribu Karyawan

Nissan Dihantam Badai PHK, Berencana Rumahkan 20 Ribu Karyawan

Nissan dikabarkan tengah dilanda badai PHK, mereka berencana merumahkan sampai 20 ribu karyawan secara global

mobil
Mobil listrik BYD Seal terbakar di Palmerah

BYD Dalami Penyebab Mobil Listrik Seal Terbakar di Palmerah

Satu unit mobil listrik Seal terbakar di kawasan Palmerah, BYD akan selidiki lebih dalam penyebabnya

review
Yamaha Gear Ultima

Test Ride Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid Jelajah Pulau Bali

Menjelajah pulau Dewata, Bali menggunakan Yamaha Gear Ultima 125 Hybrid untuk mencoba fitur-fiturnya

otosport
Jorge Martin Mau Tinggalkan Aprilia, Ini Kandidat Tim Barunya

Jorge Martin Mau Tinggalkan Aprilia, Diprediksi Gantikan Marini

Jorge Martin disebut berniat meninggalkan Aprilia di akhir musim 2025 dan membela Honda mulai tahun depan

news
Jasa Marga

Jasa Marga Catat Peningkatan Jumlah Kendaraan di Libur Waisak

Jasa Marga terus mencatat peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di sejumlah ruas tol saat libur Waisak