Evolusi Sistem Pembayaran Jalan Tol di Indonesia

Sistem pembayaran jalan tol di Indonesia telah mengalami banyak perubahan sejak pertama pertama kali dibuka pada 1978

Evolusi Sistem Pembayaran Jalan Tol di Indonesia

TRENOTO – Sistem pembayaran jalan tol Indonesia terus berubah seiring perkembangan teknologi. Pengembangan dilakukan untuk memudahkan pengguna jalan tol serta mempercepat waktu transaksi di gerbang tol.

Semakin mudah sistem pembayaran maka waktu transaksi akan semakin singkat. Dengan demikian diharapkan kepadatan lalu lintas yang umumnya terjadi di gerbang tol dapat teratasi.

Jalan tol pertama di Indonesia adalah Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) yang hadir pada 9 Maret 1978. Ketika itu pembayaran hanya dapat dilakukan secara tunai.

Dalam sistem tersebut, pengguna jalan tol wajib menghentikan laju kendaraan saat mengambil atau menyerahkan kembali kartu tanda masuk. Mereka diharuskan menyiapkan uang tunai.

Photo : @kemenPUPR

Sistem ini pun kemudian diadopsi oleh seluruh ruas jalan tol di Indonesia dan bertahan selama hampir 5 dekade. Padahal pembayaran tunai terbilang tidak efektif karena waktu transaksi mencapai 10 – 12 detik sehingga menyebabkan antrean mengular.

Kemudian di 2017, pemerintah mulai melakukan ubahan melalui Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 16/PRT/M/2017 tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol. Terhitung 31 Oktober 2017, seluruh pembayaran menggunakan uang elektronik.

Terobosan berhasil membuat waktu transaksi menjadi jauh lebih singkat, hanya sekiar 5 detik. Transisi pun berjalan cepat, hanya membutuhkan sekitar 3 bulan agar seluruh tol di Indonesia menerapkannya.

Meski sistem tersebut masih digunakan, pemerintah pun mulai melakukan inovasi lagi. Hal ini ditandai dengan rencana penerapan Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) berbasis aplikasi yang berteknologi GNSS atau Global Navigation Satellite System.

Teknologi GNSS sudah diterapkan di negara-negara Eropa Timur, seperti Hungaria. Sistem MLFF berbasis GNSS ini juga akan menjadi platform bagi penerapan teknologi Intelligent Toll Road System (ITRS).

Dengan ini maka pengguna jalan bisa melakukan pembayaran lebih cepat, seamless, otomatis dan tanpa henti. Nantinya teknologi MLFF mulai diimplementasikan para pengguna jalan tol dapat melakukan pembayaran nontunai tanpa tap kartu.

Photo : BPJT

Caranya mengunduh serta mendaftarkan data pribadi pada aplikasi bernama CANTAS pada smartphone. Kemudian setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna akan berkurang.

Selain itu pengendara juga dapat menggunakan perangkat Electronic Route Ticket. Perangkat ini membuat pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.

Elektronifikasi Jalan Tol melalui MLFF akan diterapkan secara bertahap dan mulai diujicoba pada tahun 2023. Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih melayani kartu tol elektronik.


Terkini

mobil
Harga Jaecoo J5 Tak Naik di GJAW 2025, Tetap Rp 200 Jutaan

Jaecoo Yakin BEV Masih Akan Lebih Populer dari PHEV di Ibu Kota

Mobil listrik, menurut Jaecoo masih tuai tren positif karena terbebas dari kebijakan ganjil genap di Jakarta

news
Gaikindo Pastikan GJAW Digelar Lagi di 2026, Lokasi Lebih Besar

Gaikindo Pastikan GJAW Digelar Lagi di 2026, Lokasi Lebih Besar

Gaikindo berniat untuk menggelar GJAW 2026 sebagai wadah para pencinta otomotif berbelanja berbagai produk

komunitas
Jambore Nasional 2025 MBCI

MBCI Ajak Ratusan Pengguna Mercedes-Benz Kumpul di Jamnas 2025

MBCI bakal ajak 117 klub pengguna Mercedes-Benz di Indonesia untuk perayaan 20 tahun perjalanannya di RI

motor
All New Honda Vario 125 Resmi Meluncur, Ada Varian Street

All New Honda Vario 125 Resmi Meluncur, Ada Varian Street

Skutik all new Honda Vario 125 resmi diluncurkan oleh AHM menjelang tutup tahun, harga mulai Rp 24,4 jutaan

mobil
Handal Siap Isi Pabrik di Purwakarta, Bawa Karyawan dari Bekasi

Kemenperin Sebut Anggapan Otomotif Dalam Kondisi Kuat Adalah Salah

Kementerian Perindustrian nilai kondisi industri otomotif tidak bisa dilihat dari pertumbuhan pada satu segmen

news
Harga BBM Shell sampai Vivo Kompak Naik di Desember 2025

Harga BBM Shell sampai Vivo Kompak Naik di Desember 2025

Memasuki Desember 2025 stok Shell dan Vivo perlahan pulih, namun harga BBM seluruhnya alami kenaikan

mobil
Penjualan Mobil

Pemerintah Ungkap Belum Dapat Usulan Insentif Otomotif untuk 2026

Pemerintah mengaku belum mendapat usulan resmi tekait insentif otomotif untuk 2026 dari kementerian terkait

motor
Bajaj beli KTM

Bajaj Auto Beli KTM Senilai Rp 15,3 Triliun

Bajaj resmi jadi pemilik KTM setelah mengucurkan dana sebesar Rp 15,3 triliun pada pertengahan November 2025