Evolusi Sistem Pembayaran Jalan Tol di Indonesia

Sistem pembayaran jalan tol di Indonesia telah mengalami banyak perubahan sejak pertama pertama kali dibuka pada 1978

Evolusi Sistem Pembayaran Jalan Tol di Indonesia

TRENOTO – Sistem pembayaran jalan tol Indonesia terus berubah seiring perkembangan teknologi. Pengembangan dilakukan untuk memudahkan pengguna jalan tol serta mempercepat waktu transaksi di gerbang tol.

Semakin mudah sistem pembayaran maka waktu transaksi akan semakin singkat. Dengan demikian diharapkan kepadatan lalu lintas yang umumnya terjadi di gerbang tol dapat teratasi.

Jalan tol pertama di Indonesia adalah Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) yang hadir pada 9 Maret 1978. Ketika itu pembayaran hanya dapat dilakukan secara tunai.

Dalam sistem tersebut, pengguna jalan tol wajib menghentikan laju kendaraan saat mengambil atau menyerahkan kembali kartu tanda masuk. Mereka diharuskan menyiapkan uang tunai.

Photo : @kemenPUPR

Sistem ini pun kemudian diadopsi oleh seluruh ruas jalan tol di Indonesia dan bertahan selama hampir 5 dekade. Padahal pembayaran tunai terbilang tidak efektif karena waktu transaksi mencapai 10 – 12 detik sehingga menyebabkan antrean mengular.

Kemudian di 2017, pemerintah mulai melakukan ubahan melalui Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 16/PRT/M/2017 tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol. Terhitung 31 Oktober 2017, seluruh pembayaran menggunakan uang elektronik.

Terobosan berhasil membuat waktu transaksi menjadi jauh lebih singkat, hanya sekiar 5 detik. Transisi pun berjalan cepat, hanya membutuhkan sekitar 3 bulan agar seluruh tol di Indonesia menerapkannya.

Meski sistem tersebut masih digunakan, pemerintah pun mulai melakukan inovasi lagi. Hal ini ditandai dengan rencana penerapan Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) berbasis aplikasi yang berteknologi GNSS atau Global Navigation Satellite System.

Teknologi GNSS sudah diterapkan di negara-negara Eropa Timur, seperti Hungaria. Sistem MLFF berbasis GNSS ini juga akan menjadi platform bagi penerapan teknologi Intelligent Toll Road System (ITRS).

Dengan ini maka pengguna jalan bisa melakukan pembayaran lebih cepat, seamless, otomatis dan tanpa henti. Nantinya teknologi MLFF mulai diimplementasikan para pengguna jalan tol dapat melakukan pembayaran nontunai tanpa tap kartu.

Photo : BPJT

Caranya mengunduh serta mendaftarkan data pribadi pada aplikasi bernama CANTAS pada smartphone. Kemudian setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna akan berkurang.

Selain itu pengendara juga dapat menggunakan perangkat Electronic Route Ticket. Perangkat ini membuat pengguna dapat memilih titik masuk dan keluar sesuai rute perjalanan sekali pakai.

Elektronifikasi Jalan Tol melalui MLFF akan diterapkan secara bertahap dan mulai diujicoba pada tahun 2023. Untuk tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, dimana sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih melayani kartu tol elektronik.


Terkini

mobil
Mitsubishi Triton

Mitsubishi Triton Kini Tak Cuma Incar Pasar Fleet

Mitsubishi Triton kini tak cuma incar pasar Fleet di pertambangan dan perkebunan tapi juga para penghobi

news
Asosiasi ungkap alasan mobil hybrid lebih populer

Ini Penyebab Perkembangan Mobil Hybrid Lebih Cepat Daripada EV

Mobil hybrid terbilang lebih populer di kalangan masyakarat karena beberapa alasan, ini tanggapan Periklindo

news
Ada 10 Provinsi Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan di September 2024

Ada 10 Provinsi Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan di September 2024

Menurut catatan KatadataOTO, terdapat 10 daerah yang menggelar pemutihan pajak kendaraan di September 2024

news
Dianggap Mengganggu, Kota Ini Mau Larang Konvoi Mobil dan Motor

Konvoi Mobil dan Motor Bakal Dianggap Ilegal di Kota Ini

Dianggap mengganggu ketenangan masyarakat, satu kota di dareah Inggris mau larang konvoi mobil dan motor

mobil
Biaya perawatan Mitsubishi Triton kini lebih hemat

Biaya Perawatan Mitsubishi Triton Kini Lebih Hemat

Biaya peratawan Mitsubishi Triton kini lebih hemat 30 persen bila dibandingkan dengan model sebelumnya

motor
4,3 Juta Motor Terjual di Indonesia Sepanjang Januari-Agustus

Penjualan Motor Sepanjang Januari-Agustus Sentuh 4,3 Juta Unit

Penjualan motor sepanjang Januari sampai Agustus mencatatkan 4,3 juta unit, meningkat sekitar 3,1 persen

news
MAB siapkan mikrolet bertenaga listrik

Dukung Elektrifikasi, MAB Siapkan Mikrolet Bertenaga Listrik

MAB siapkan mikrolet listrik, dukung imbauan Menhub untuk dorong percepatan elektrifikasi transportasi umum

mobil
Toyota Fortuner Facelift

Spesifikasi Toyota Fortuner Facelift, Banyak Fitur Baru

Toyota Fortuner Facelift resmi diluncurkan di Indonesia dengan beragam pengembangan dan penambahan fitur baru