Damri Siapkan 200 Bus Listrik Baru untuk Armada TransJakarta
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Belum lama ini Transjakarta dan Goodyear bersinergi lakukan pemeliharaan ban termasuk yang untuk bus listrik
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Kendaraan listrik memakai jenis ban berbeda dari konvensional karena beberapa alasan keamanan. Tak terkecuali bus listrik seperti saat ini digunakan Transjakarta.
Mobil listrik sendiri punya torsi lebih kuat dibandingkan versi konvensional. Sehingga perlu penggunaan ban tepat agar tidak mudah selip dan alur kembangan tidak cepat slick.
Maka itu perawatan dan pengelolaan ban jadi salah satu hal perlu diperhatikan buat PT Transportasi Jakarta. Mengingat ban dalam kondisi tidak baik dapat membahayakan pengemudi serta penumpang.
Perawatan juga termasuk ban khusus bus listrik milik Transjakarta. Hal ini disampaikan oleh Welfizon Yuza selaku Direktur Utama PT Transjakarta.
Menggandeng Goodyear sebagai perusahaan ban, ia menegaskan inisiatif tersebut berfokus pada pelayanan dan aspek keselamatan.
“Kerja sama juga dalam hal pelatihan ke pramudi ataupun teknisi Transjakarta. Tentu di luar itu adalah potensi-potensi kerja sama dan bisnis lain mungkin bisa kita garap bersama,” ucap Welfizon di Jakarta, Selasa (19/12).
Untuk diketahui PT Transportasi Jakarta memiliki beberapa armada bus bertenaga listrik, sudah beroperasi di wilayah Jakarta.
Sementara itu Iman Santoso selaku President Director Goodyear mengungkapkan memang ada perbedaan antara ban kendaraan listrik dengan konvensional.
“Ban kendaraan elektrik pasti tentu butuh teknologi berbeda. Di samping karena EV tidak ada suaranya kemudian torsi besar sekali jadi daya cengkeram harus mumpuni dan awet,” ucap Iman dalam kesempatan sama.
Secara konsep sama seperti passenger car atau mobil penumpang bertenaga listrik, tidak bisa pakai sembarang ban guna menyesuaikan tenaga dihasilkan.
Bicara soal kerja sama, pihak Goodyear sendiri menegaskan siap menyediakan produk jika di masa mendatang Transjakarta butuh pasokan ban untuk armada bus listrik.
“Kami saat inipun sudah siap. Jadi dari segi pengadaan secara produk, dari aftersales itu tadi kami siap,” tegas Iman.
Ban khusus bus listrik dari Goodyear adalah Urban Max BSA(EV), diciptakan khusus bus yang digunakan sebagai transportasi umum.
Beberapa keunggulan ditawarkan adalah rolling resistance rendah guna menjaga kemampuan daya jelajah diimbangi traksi mumpuni sehingga bisa mengakomodir muatan besar dibawa bus.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
17 Mei 2025, 13:00 WIB
22 Februari 2025, 15:00 WIB
30 Januari 2025, 07:00 WIB
11 Januari 2025, 16:00 WIB
19 Desember 2024, 07:00 WIB
Terkini
18 Mei 2025, 21:00 WIB
Motul 300V yang dikembangkan dari dunia balap, diluncurkan di sirkuit Mandalika, Lombok Nusa Tenggara Barat
18 Mei 2025, 19:03 WIB
IMX Surabaya 2025 siap diselenggarakan untuk mendukung dunia modifikasi di kota Pahlawan yang terus berkembang
18 Mei 2025, 18:00 WIB
Rangkaian acara Daihatsu Kumpul Sahabat dimulai di Tangerang buat pertama kalinya, diramaikan beragam UMKM
18 Mei 2025, 16:23 WIB
Banyak merek Cina meramaikan pasar otomotif RI, namun Mitsubishi mengaku penjualannya belum terganggu
18 Mei 2025, 14:00 WIB
Ahmad Luthfi ingin para pemilik mobil dan motor di Jateng tidak lagi menunggak pajak kendaraan di 2026
18 Mei 2025, 12:00 WIB
Kinerja oli Yamalube Turbo Matic diuji selama touring bersama JMC dari Cibinong sampai Bandung, Jawa Barat
18 Mei 2025, 10:00 WIB
BYD Seal bekas kini sudah tersedia di pasaran dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan unit baru
18 Mei 2025, 07:06 WIB
Mitsubishi Xpander bekas lansiran 2022 bisa menjadi pilihan menarik untuk masyarakat karena harganya terjangkau