Mitsubishi Fuso Serahkan 1 Unit Fighter ke SMK di Madura
10 Mei 2025, 16:00 WIB
Mitsubishi Fuso belum tertarik untuk menggarap pasar ekspor dan memilih fokus memperkuat penjualan dalam negeri
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) distributor Mitsubishi Fuso mengakui bahwa saat ini belum bisa melayani kebutuhan ekspor. Pasalnya mereka masih harus memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri yang terbilang besar.
Hal ini disampaikan Aji Jaya, Sales & Marketing Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors pada media Kamis (15/03).
“Kami memenuhi permintaan dalam negeri saja masih kewalahan, jadi fokus untuk memenuhi kebutuhan lokal dulu. Tidak menutup kemungkinan akan ekspor di masa depan, tapi sekarang masih belum,” ungkapnya.
Ia pun mengatakan bahwa pihaknya pernah melayani pasar luar negeri. Namun permintaan tersebut harus disampaikan terlebih dulu oleh principal di Jepang.
“Biasanya kalau ada kebutuhan dari negara lain, principal akan memberi tahu kami. Dulu paling sering adalah Timor Leste,” ungkapnya.
Sebelumnya diberitakan bahwa Mitsubishi Fuso berhasil mempertahankan posisi mereka sebagai market leader dengan pangsa pasar sebesar 39.2 persen atau 33.283 unit.
Canter di kelas Light Duty Truck (LDT) menjadi tulang punggung penjualan dengan menguasai pasar sebesar 53 persen atau 29.062 unit.
Tak cuma itu, Fighter X di kelas Medium Duty Truk (MDT) juga mencatatkan pertumbuhan positif karena terjual 4.179 unit atau setara 18 persen dari total pasar.
Hasil tersebut dinilai sangat baik karena pasar kendaraan niaga di 2023 tidak bisa dikatakan baik. Sepanjang tahun hanya ada 84.957 unit mobil komersial berhasil terjual atau turun 9 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Mistubishi Fuso pun optimis menatap 2024 dengan menetapkan target baru. Mereka yakin dapat menguasai market share sebesar 41 persen atau naik 1,8 persen sementara penjualannya mencapai 34.850 unit.
Beberapa strategi untuk menghadapi 2024 adalah menyediakan produk dan layanan yang disesuaikan karakter, area sampai jenis bisnis konsumennya. Selain itu mereka juga berencana meningkatkan pelayanan diler dengan menambah jaringan berstatus Fuso Pro-Shop serta digitalisasi melalui fitur Bengkel Runner.
Kemudian pada Juli 2024 Mitsubishi eCanter akan diluncurkan. Untuk tahap awal penjualan fokusnya dilakukan di wilayah Jabotabek dengan target utama dari sektor bisnis logistik.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
10 Mei 2025, 16:00 WIB
22 Maret 2025, 15:00 WIB
23 Februari 2025, 10:00 WIB
06 Februari 2025, 13:00 WIB
12 Desember 2024, 13:00 WIB
Terkini
20 Mei 2025, 08:00 WIB
Penurunan daya beli masih terasa termasuk di industri otomotif, Daihatsu berharap ada bantuan dari pemerintah
20 Mei 2025, 07:00 WIB
Nilai investasi pabrikan kendaraan bermotor di Indonesia sebanyak Rp 174,31 triliun dan bakal terus bertambah
20 Mei 2025, 06:00 WIB
Ada lima lokasi SIM keliling Jakarta yang kembali beroperasi seperti biasa hari ini Selasa 20 Mei 2025
20 Mei 2025, 06:00 WIB
SIM Keliling Bandung bisa menjadi solusi bagi para pengendara di Kota Kembang yang tidak memiliki banyak waktu
20 Mei 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 20 Mei 2025 bakal menjadi penting karena ada demo ojek online di sejumlah lokasi di DKI
19 Mei 2025, 21:01 WIB
Terjadi kecelakaan antara tujuh pemotor dan kereta api Malioboro di Magetan, mengakibatkan empat orang tewas
19 Mei 2025, 20:00 WIB
Kementerian Perindustrian sebut produsen EV banyak yang ingin masuk ke Indonesia akibat tingginya tarif impor AS
19 Mei 2025, 19:00 WIB
Marc Marquez bakal kembali berburu poin di MotoGP Inggris 2025 untuk mengokohkan posisi di puncak klasemen