Suzuki GSX 150 Bandit Hilang Dari Daftar Produk, Tak Lagi Dijual
22 Februari 2022, 16:34 WIB
Diluncurkan di ajang EICMA 2022, Suzuki GSX-8S dan V-Strom 800DE melantai dan menggoda para bikers sejati
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Suzuki GSX-8S dan V-Strom 800DE diluncurkan secara bersamaan di ajang EICMA 2022. Kedua motor asal Jepang tersebut berbagi platform dan menggunakan mesin serupa.
Baik GSX maupun V-Strom menggendong mesin dua silinder kembar 776 cc DOHC dengan rotasi crank 270 derajat. Jantung pacu kendaraan ini dipercaya andal dalam memberikan performa optimal pada motor.
Seperti disebutkan di atas sebelumnya bahwa kedua motor menggunakan basis yang sama. Sehingga bentuk frame dan mesin menggunakan jenis serupa, sedangkan perbedaannya hanya pada subframe, suspensi hingga swingarm dan tentunya bodi.
Motor yang mengusung gaya naked bike ini tampil jauh berbeda dari versi sebelumnya. Suzuki GSX-8s terlihat lebih bengal dibarengi dengan sentuhan-sentuhan dan mendukung keseluruhan tampilan.
Masuk ke segmen menengah, kuda besi disandingkan bersama Suzuki Cross Balancer. Teknologi tersebut diklaim mampu mengurangi getaran dan dirancang mampu menyuguhkan tenaga bawah lebih besar.
Selain itu, setiap piston dibekali empat katup diklaim sanggup dibesut hingga rpm tinggi sekalipun. Sehingga cocok bagi pengendara yang gemar memacu motor di kecepatan tinggi.
Berdasarkan spesifikasinya Suzuki GSX-8S dipercaya mampu menghasilkan daya 81.7 hp pada 8.500 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 78 Nm pada 6.800 rpm.
Data di atas menunjukkan bahwa motor memiliki akselerasi lebih cepat karena sudah mencapai torsi puncak di rpm cukup rendah. Karakter seperti ini membuat motor lebih lincah.
Lalu guna mengoperasikannya Suzuki telah membekali GSX-8S dengan teknologi ride by wire. Adapula tiga kontrol traksi yang juga bisa dinonaktifkan sesuai kebutuhan pengendara.
Pengaturan sistem elektronik kendaraan bisa dipantau pada panel meter TFT yang tersedia. Adapun untuk semakin memudahkan pengendalian kendaraan disematkan quickshifter dua arah (naik dan turun gigi) sebagai opsi tambahan.
Suspensi kendaraan sendiri menggunakan merek KYB baik depan maupun belakang. Sementara swingarm dibuat lebih ringan untuk meningkatkan kemampuan motor.
Tren motor adventure yang tengah meningkat belakangan membuat pabrikan motor berlambang S tidak mau ketinggalan. Suzuki V-Strom 800DE dikembangkan untuk fokus pada medan offroad.
Hal ini bisa terlihat dari pemilihan roda 21 inci pada depan dan 17 inci belakang. Sementara ban yang digunakan adalah Dunlop Trailmax Mixtour.
Ditawarkan sebagai pilihan bagi konsumen tersedia suspensi Showa dengan jarak travel 220 mm pada depan. Berbekal suspensi tersebut maka ground clearance kendaraan juga meningkat menjadi 220 mm.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
22 Februari 2022, 16:34 WIB
Terkini
21 November 2024, 22:30 WIB
Kepolisian siapkan 59 kendaraan listrik untuk memenuhi beragam kebutuhan penugasan anggota di lapangan
21 November 2024, 22:00 WIB
Harga Aion V yang meluncur di GJAW 2024 diperkirakan mencapai Rp 500 jutaan dan sudah bisa dipesan dari sekarang
21 November 2024, 21:00 WIB
Perputaran uang judi online mencapai Rp 900 triliun, cukup untuk membeli Hyundai Tucson Hybrid secara tunai
21 November 2024, 20:00 WIB
Kebijakan opsen PKB serta PPN 12 persen yang bakal diterapkan awal 2025 diprediksi memberatkan industri motor
21 November 2024, 19:00 WIB
Indomobil Group baru saja menjalin kerja sama untuk menyediakan berbagai mobil listrik bagi PLN Icon Plus
21 November 2024, 18:00 WIB
Federal Oil menyambut kedatangan pembalap baru di tim Gresini Racing untuk beraksi di musim balap MotoGP 2025
21 November 2024, 17:00 WIB
Begini tampilan mobil konsep Toyota bZ7 yang debut di China, penggerak sampai baterainya disuplai oleh BYD
21 November 2024, 16:00 WIB
Jadi sasaran sejumlah manufaktur otomotif China, Neta mengungkapkan mengapa area Pluit terbilang potensial