Suzuki GSX 150 Bandit Hilang Dari Daftar Produk, Tak Lagi Dijual
22 Februari 2022, 16:34 WIB
Diluncurkan di ajang EICMA 2022, Suzuki GSX-8S dan V-Strom 800DE melantai dan menggoda para bikers sejati
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Suzuki GSX-8S dan V-Strom 800DE diluncurkan secara bersamaan di ajang EICMA 2022. Kedua motor asal Jepang tersebut berbagi platform dan menggunakan mesin serupa.
Baik GSX maupun V-Strom menggendong mesin dua silinder kembar 776 cc DOHC dengan rotasi crank 270 derajat. Jantung pacu kendaraan ini dipercaya andal dalam memberikan performa optimal pada motor.
Seperti disebutkan di atas sebelumnya bahwa kedua motor menggunakan basis yang sama. Sehingga bentuk frame dan mesin menggunakan jenis serupa, sedangkan perbedaannya hanya pada subframe, suspensi hingga swingarm dan tentunya bodi.
Motor yang mengusung gaya naked bike ini tampil jauh berbeda dari versi sebelumnya. Suzuki GSX-8s terlihat lebih bengal dibarengi dengan sentuhan-sentuhan dan mendukung keseluruhan tampilan.
Masuk ke segmen menengah, kuda besi disandingkan bersama Suzuki Cross Balancer. Teknologi tersebut diklaim mampu mengurangi getaran dan dirancang mampu menyuguhkan tenaga bawah lebih besar.
Selain itu, setiap piston dibekali empat katup diklaim sanggup dibesut hingga rpm tinggi sekalipun. Sehingga cocok bagi pengendara yang gemar memacu motor di kecepatan tinggi.
Berdasarkan spesifikasinya Suzuki GSX-8S dipercaya mampu menghasilkan daya 81.7 hp pada 8.500 rpm. Sementara torsi puncaknya mencapai 78 Nm pada 6.800 rpm.
Data di atas menunjukkan bahwa motor memiliki akselerasi lebih cepat karena sudah mencapai torsi puncak di rpm cukup rendah. Karakter seperti ini membuat motor lebih lincah.
Lalu guna mengoperasikannya Suzuki telah membekali GSX-8S dengan teknologi ride by wire. Adapula tiga kontrol traksi yang juga bisa dinonaktifkan sesuai kebutuhan pengendara.
Pengaturan sistem elektronik kendaraan bisa dipantau pada panel meter TFT yang tersedia. Adapun untuk semakin memudahkan pengendalian kendaraan disematkan quickshifter dua arah (naik dan turun gigi) sebagai opsi tambahan.
Suspensi kendaraan sendiri menggunakan merek KYB baik depan maupun belakang. Sementara swingarm dibuat lebih ringan untuk meningkatkan kemampuan motor.
Tren motor adventure yang tengah meningkat belakangan membuat pabrikan motor berlambang S tidak mau ketinggalan. Suzuki V-Strom 800DE dikembangkan untuk fokus pada medan offroad.
Hal ini bisa terlihat dari pemilihan roda 21 inci pada depan dan 17 inci belakang. Sementara ban yang digunakan adalah Dunlop Trailmax Mixtour.
Ditawarkan sebagai pilihan bagi konsumen tersedia suspensi Showa dengan jarak travel 220 mm pada depan. Berbekal suspensi tersebut maka ground clearance kendaraan juga meningkat menjadi 220 mm.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
22 Februari 2022, 16:34 WIB
Terkini
02 Juli 2025, 07:00 WIB
Harga tiket MotoGP Malaysia 2025 terbilang cukup kompetitif buat memudahkan masyarakat lakukan pembelian
02 Juli 2025, 06:32 WIB
SIM keliling Bandung terus melayani para pengendara mobil maupun motor yang berada di wilayah Kota Kembang
02 Juli 2025, 06:00 WIB
Pembatasan ganjil genap Jakarta kembali diterapkan meski ada aksi unjuk rasa para pengemudi truk di Ibu Kota
02 Juli 2025, 06:00 WIB
Ada lima lokasi SIM keliling Jakarta yang beroperasi seperti biasa hari ini, berikut informasi lengkapnya
01 Juli 2025, 23:35 WIB
Polisi akhirnya ungkap kronologi seorang anak mendadak keluar dari bus yang sedang melaju di jalan tol
01 Juli 2025, 23:30 WIB
Belum bisa saingi kendaraan konvensional, Populix ungkap alasan masyarakat ragu beralih ke mobil listrik
01 Juli 2025, 23:13 WIB
Dorna Sport memberi peringatan kepada Jorge Martin untuk menghormati kontrak yang sudah ada dengan Aprilia
01 Juli 2025, 22:08 WIB
Gugatan BMW yang diajukan untuk BYD ke pengadilan pada Februari 2025 telah ditolak, berikut alasannya