Cara Mengetahui Perbedaan Honda Vario 160 ABS dan CBS

Perbedaan Honda Vario 160 ABS dan CBS tidak hanya semata-mata pada sistem pengereman, namun terdapat bagian lainnya

Cara Mengetahui Perbedaan Honda Vario 160 ABS dan CBS

TRENOTO – Honda Vario 160 menjadi salah satu pilihan skutik di segmen 150 cc cukup diminati. Tidak hanya menawarkan kubikasi mesin besar, namun fitur yang disertakan mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Dipasarkan dalam dua pilihan varian, mari kenali perbedaan Honda Vario 160 ABS dan CBS. Kedua varian tidak hanya berbeda dalam teknologi pengereman, namun terdapat beberapa fitur tambahan pada varian tertinggi.

Sejarah Honda Vario di Indonesia

Vario yang pertama kalinya diperkenalkan di Indonesia pada 2006 sejatinya bermakna keanekaragaman dalam bahasa Italia. Kala itu, motor masih mengandalkan mesin 110 cc dengan desain sederhana.

Kehadirannya di Indonesia menantang dominasi Yamaha Mio dan tengah berjaya. Seiring berkembangnya zaman, PT Astra Honda Motor (AHM) terus melakukan pengembangan dan pemutakhiran fitur.

Label nan melekat pada skutik berlambang sayap mengepak tersebut adalah irit BBM. Namun kapasitas mesin terus ditingkatkan menjadi 125 cc, 150 cc dan kini menjadi 160 cc.

Hingga pada akhirnya varian mesin 110 ditiadakan dan tugas menjegal Yamaha Mio sukses dilaksanakan oleh Honda Beat. Sementara Honda Vario menyasar segmentasi berbeda.

Photo : AHM

Teknologi yang menyertai motor ini juga semakin terdepan. Mulai dari penggunaan sistem pengabut bahan bakar model injeksi, hingga pengereman revolusioner dan masih digunakan hingga sekarang.

Salah satu ciri khas Honda Vario lainnya adalah teknologi ACG Starter. Hal tersebut membuat suara lebih halus saat mesin dihidupkan.

Sukses sebagai penguasa skutik kelas entry-level, AHM terus melebarkan sayapnya. Pihaknya memberikan banyak pilihan skutik segmen 150 cc mulai dari Vario 150 nan sporti, PCX 150 menyasar elegan dan ADV 150 untuk petualang.

Mengikuti perkembangan zaman dan tentunya menyesuaikan kebutuhan, ketiga model di atas berganti mesin baru. Jantung pacu 160 cc SOHC berpendingin cairan dan dijejali teknologi enhanched Smart Power Plus (eSP+) menjadi andalannya.

Walhasil mesin baru yang digunakan mampu memberikan asupan tenaga dan torsi lebih besar daripada edisi sebelumnya. Tidak hanya itu, efisiensi BBM juga dikatakan membaik.


Terkini

komunitas
JMC

JMC Rayakan Satu Dekade Nmax, Touring Ke Pantai Selatan Jawa

Touring perayaan satu dekade Nmax dan JMC diinisiasi Yamaha, libatkan berbagai generasi motor Nmax dan Xmax

news
Bus listrik

Damri Siapkan 200 Bus Listrik Baru untuk Armada TransJakarta

Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota

mobil
Chery Tiggo 8 CSH Patahkan Mitos Harga Mobil PHEV Mahal

Chery Tiggo 8 CSH Patahkan Mitos Harga Mobil PHEV Mahal

Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau

mobil
Mitsubishi Masih Ragu Rilis Xpander Hybrid di RI

Mitsubishi Masih Ragu Rilis Xpander Hybrid di RI

Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI

mobil
Mitsubishi Xpander

Penjualan Mitsubishi Tahun Fiskal 2024 Turun, Xpander Jadi Andalan

Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan

mobil
Toyota Eco Youth

Toyota Indonesia Gelar Pendampingan TEY di Sumatera Barat

Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan

mobil
Mitsubishi Xpander Terbaru

New Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Resmi Meluncur Hari Ini

PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya

mobil
Toyota Rilis Versi Baru bZ4X, Siap Dibawa Offroad

Toyota Rilis Versi Baru bZ4X, Siap Dibawa Offroad

Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti