Deretan Mobil Yovie Widianto Stafsus Presiden, Didominasi Toyota
29 Juni 2025, 08:00 WIB
Pabrikan otomotif Toyota Rajai Pasar Otomotif setelah menjual lebih dari 331 ribu produknya pada 2022 lalu
Oleh Satrio Adhy
TRENOTO – Manufaktur asal Jepang, Toyota rajai pasar otomotif nasional pada 2022. Hal itu karena mereka berhasil mencatatkan penjualan 331.410 mobil sepanjang tahun lalu.
Jumlah tersebut meningkat 12.1 persen dari 2021. Sebesar 50 persen penjualannya disumbang model MPV (Multi Purpose Vehicle).
Toyota bahkan menilai pertumbuhannya dipengaruhi oleh pulihnya perekonomian nasional. Terlebih adanya peningkatan daya beli masyarakat setelah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.
“Kami bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan market serta mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan di sepanjang 2022 mencapai lebih dari 331.000 unit,” ujar Henry Tanoto, Vice President PT Toyota-Astra Motor.
Lebih lanjut Tanoto menunturkan kalau pihaknya bertekad bisa mempertahankan catatan apik tersebut. Soalnya ingin terus meningkatkan perekonomian Tanah Air
“Kami berharap tren ini akan terus berjalan ke arah positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” lanjutnya.
Sebagai informasi Toyota Avanza menjadi tulang punggung mereka dengan terjual 60.619 unit. Angkanya meningkat 49 persen dibanding periode 2021, apabila digabung bersama Veloz mencapai 92.641 mobil.
Selain itu Toyota Kijang Innova berhasil laku 46.933 unit. Namun jika dilebur total penjualan segmen MPV, mereka menguasai lebih dari 52 persen pasar nasional.
Di sisi lain kendaraaan listrik milik Toyota juga mulai menunjukan tren positif pada tahun lalu. Total penjualannya secara whole sales telah melebihi 4.463 unit.
Naik sangat signifikan 130 persen dari 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit. Pencapaian ini didukung lewat hadirnya kendaraan hybrid seperti Toyota bZ4X hingga Innova Zenix.
Melihat capaiannya, Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor menyebut banyak masyarakat Indonesia masih membutuhkan kendaraan keluarga yang mampu mengangkut tujuh penumpang. Selain itu bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari- hari.
“Angka penjualan Toyota sepanjang 2022 cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia mengarah kesana ya. Dimana kemampuan akomodasi barang dan orang dari model MPV yang optimal menjadi favorit,” ungkapnya.
Hasil ini tentu akan menjadi basis bagi Toyota dalam melakukan pengembangan teknologi selaras dengan kebutuhan mobilitas pelangganya.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
29 Juni 2025, 08:00 WIB
22 Juni 2025, 21:00 WIB
14 Juni 2025, 17:36 WIB
12 Juni 2025, 22:00 WIB
11 Juni 2025, 11:00 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 22:00 WIB
Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya
03 Juli 2025, 20:00 WIB
Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD
03 Juli 2025, 19:00 WIB
Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang
03 Juli 2025, 18:00 WIB
Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025
03 Juli 2025, 17:00 WIB
Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal
03 Juli 2025, 16:00 WIB
Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025