Toyota dan Pertamina Berkolaborasi Uji Coba Bioetanol E10
22 November 2024, 21:00 WIB
Pabrikan otomotif Toyota Rajai Pasar Otomotif setelah menjual lebih dari 331 ribu produknya pada 2022 lalu
Oleh Satrio Adhy
TRENOTO – Manufaktur asal Jepang, Toyota rajai pasar otomotif nasional pada 2022. Hal itu karena mereka berhasil mencatatkan penjualan 331.410 mobil sepanjang tahun lalu.
Jumlah tersebut meningkat 12.1 persen dari 2021. Sebesar 50 persen penjualannya disumbang model MPV (Multi Purpose Vehicle).
Toyota bahkan menilai pertumbuhannya dipengaruhi oleh pulihnya perekonomian nasional. Terlebih adanya peningkatan daya beli masyarakat setelah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.
“Kami bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan market serta mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan di sepanjang 2022 mencapai lebih dari 331.000 unit,” ujar Henry Tanoto, Vice President PT Toyota-Astra Motor.
Lebih lanjut Tanoto menunturkan kalau pihaknya bertekad bisa mempertahankan catatan apik tersebut. Soalnya ingin terus meningkatkan perekonomian Tanah Air
“Kami berharap tren ini akan terus berjalan ke arah positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” lanjutnya.
Sebagai informasi Toyota Avanza menjadi tulang punggung mereka dengan terjual 60.619 unit. Angkanya meningkat 49 persen dibanding periode 2021, apabila digabung bersama Veloz mencapai 92.641 mobil.
Selain itu Toyota Kijang Innova berhasil laku 46.933 unit. Namun jika dilebur total penjualan segmen MPV, mereka menguasai lebih dari 52 persen pasar nasional.
Di sisi lain kendaraaan listrik milik Toyota juga mulai menunjukan tren positif pada tahun lalu. Total penjualannya secara whole sales telah melebihi 4.463 unit.
Naik sangat signifikan 130 persen dari 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit. Pencapaian ini didukung lewat hadirnya kendaraan hybrid seperti Toyota bZ4X hingga Innova Zenix.
Melihat capaiannya, Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor menyebut banyak masyarakat Indonesia masih membutuhkan kendaraan keluarga yang mampu mengangkut tujuh penumpang. Selain itu bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari- hari.
“Angka penjualan Toyota sepanjang 2022 cukup merefleksikan kultur masyarakat Indonesia mengarah kesana ya. Dimana kemampuan akomodasi barang dan orang dari model MPV yang optimal menjadi favorit,” ungkapnya.
Hasil ini tentu akan menjadi basis bagi Toyota dalam melakukan pengembangan teknologi selaras dengan kebutuhan mobilitas pelangganya.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
22 November 2024, 21:00 WIB
21 November 2024, 17:00 WIB
20 November 2024, 15:00 WIB
20 November 2024, 11:00 WIB
20 November 2024, 09:00 WIB
Terkini
24 November 2024, 16:00 WIB
Butuh waktu 11 tahun agar Daihatsu jual 700.000 unit LCGC yang telah menjadi tulang punggung penjualannya
24 November 2024, 12:00 WIB
Opsen PKB dan BBNKB 66 persen diwacanakan berlaku tahun depan, ini perkiraan harga Honda Brio setelah pajak
24 November 2024, 11:00 WIB
Mazda MX-30 sudah terpesan enam unit sejak peluncurannya pekan lalu, sebagian harus inden selama tiga bulan
24 November 2024, 08:00 WIB
BYD berharap pemerintah mau mengucurkan insentif demi menjaga daya beli masyarakat saat opsen pajak diterapkan
24 November 2024, 07:00 WIB
Honda menghadirkan berbagai program menarik untuk bisa dimanfaatkan bagi pengunjung GJAW 2024 di ICE BSD
24 November 2024, 07:00 WIB
Honda menghadirkan berbagai program menarik untuk bisa dimanfaatkan bagi pengunjung GJAW 2024 di ICE BSD
24 November 2024, 06:05 WIB
Nissan ikut meramaikan GJAW 2024, tawarkan cashback Rp 5 juta dan program trade-in khusus selama acara
23 November 2024, 22:00 WIB
Mobil hybrid Lexus LM 500h varian baru hadir dalam pameran GJAW 2024 untuk menggoda para pengunjung berkantong tebal