Melihat Peran Toyota Indonesia dalam Pasar Ekspor Tanah Air
24 September 2025, 21:00 WIB
Toyota investasi Rp 100 triliun ke Indonesia dan menjadikannya sebagai pusat produksi untuk beberapa model
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Indonesia tidak hanya pasar buat Toyota Group. Pasalnya mereka menjadikan negara ini sebagai salah satu pusat produksi kendaraan global yang memasok beberapa model ke berbagai belahan dunia.
Untuk menciptakannya, mereka telah berinvestasi sebesar Rp 100 triliun sejak pertama kali datang ke Tanah Air. Besarnya nilai tersebut menunjukkan keseriusannya dalam menjadikan Indonesia sebagai basis penting perusahaan.
Mereka juga membangun ekosistem otomotif nasional dengan melakukan berbagai kolaborasi dengan para pemasok lokal. Bahkan sampai sekarang Toyota telah menggandeng 240 pemasok lokal Tier 1 serta 520 pemasok Tier 2 maupun Tier 3, termasuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) di berbagai daerah.
Keputusan mereka pun membuka pelaku usaha lokal untuk terlibat dalam ekosistem industri otomotif nasional. Sehingga diharapkan ketergantungan terhadap komponen impor bisa menurun secara signifikan.
Dampaknya pun terbilang baik karena tingkat kandungan lokal produk Toyota Indonesia yang telah mencapai lebih dari 80 persen.
Melalui ekosistem yang telah mereka bentuk, sedikitnya ada 360.000 tenaga kerja telah terlibat di berbagai sektor. Mulai dari proses produksi, rantai pasokan, distribusi hingga layanan purna jual.
Dengan eksosistem yang matang tersebut memudahkan Toyota untuk lebih agresif dalam menyediakan kendaraan ke berbagai belahan dunia. Terlebih sejak 1987, Indonesia telah mengekspor mobil secara utuh ke berbagai negara.
Bila semua lancar maka pada tahun ini pabrikan bakal resmi mengekspor 3 juta kendaraan dengan 100 negara tujuan. Hal tersebut tentu menjadi sebuah pencapaian tersendiri bagi perusahaan.
Besarnya jumlah itu tidak lepas dari keputusan Toyota Motor Corporation menjadikan Indonesia sebagai basis produksi global untuk proyek International Multi-Purpose Vehicle (IMV). Sejak saat itu perusahaan memproduksi berbagai model strategis seperti Kijang Innova dan Fortuner hingga menempatkan Indonesia ke dalam rantai pasok global industri otomotif.
Terlebih pada 2023 diluncurkan Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross yang hadir dalam varian ICE serta Hybrid Electric Vehicle (HEV). Kedua model tersebut kini sudah menjadi tulang punggung pasar ekspor Toyota Indonesia.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
24 September 2025, 21:00 WIB
24 September 2025, 17:00 WIB
19 September 2025, 07:00 WIB
18 September 2025, 23:05 WIB
12 September 2025, 12:09 WIB
Terkini
25 September 2025, 11:00 WIB
Alva menyiapkan subsidi mandiri buat konsumen yang membeli motor listrik mereka selama pameran IMOS 2025
25 September 2025, 10:00 WIB
Hyundai Venue mencatatkan penjualan yang kurang baik di Indonesia dan harga kurang kompetitif dari rivalnya
25 September 2025, 09:00 WIB
Lepas menjadi salah satu partner resmi Miss Universe Indonesia 2025, perkenalkan Lepas L8 ke masyarakat
25 September 2025, 08:00 WIB
Kementerian ESDM tegaskan bahwa ojol masih boleh pakai Pertalite setelah isu larangan beredar di media sosial
25 September 2025, 07:57 WIB
Jasa Marga meminta maaf telah sebabkan kemacetan karena menutup sejumlah gerbang tol Dalam Kota demi perbaikan
25 September 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta tetap dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi
25 September 2025, 06:00 WIB
SIM keliling Bandung beroperasi hari ini untuk melayani masyarakat yang ingin mengurus dokumen berkendara
25 September 2025, 06:00 WIB
Beroperasi seperti biasa di lima area strategis, berikut informasi jadwal dan lokasi SIM keliling Jakarta