Asa GJAW 2025 Tuk Dongkrak Penjualan Mobil Baru di Indonesia
13 November 2025, 09:00 WIB
Toyota investasi Rp 100 triliun ke Indonesia dan menjadikannya sebagai pusat produksi untuk beberapa model
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Indonesia tidak hanya pasar buat Toyota Group. Pasalnya mereka menjadikan negara ini sebagai salah satu pusat produksi kendaraan global yang memasok beberapa model ke berbagai belahan dunia.
Untuk menciptakannya, mereka telah berinvestasi sebesar Rp 100 triliun sejak pertama kali datang ke Tanah Air. Besarnya nilai tersebut menunjukkan keseriusannya dalam menjadikan Indonesia sebagai basis penting perusahaan.
Mereka juga membangun ekosistem otomotif nasional dengan melakukan berbagai kolaborasi dengan para pemasok lokal. Bahkan sampai sekarang Toyota telah menggandeng 240 pemasok lokal Tier 1 serta 520 pemasok Tier 2 maupun Tier 3, termasuk Industri Kecil dan Menengah (IKM) di berbagai daerah.
Keputusan mereka pun membuka pelaku usaha lokal untuk terlibat dalam ekosistem industri otomotif nasional. Sehingga diharapkan ketergantungan terhadap komponen impor bisa menurun secara signifikan.
Dampaknya pun terbilang baik karena tingkat kandungan lokal produk Toyota Indonesia yang telah mencapai lebih dari 80 persen.
Melalui ekosistem yang telah mereka bentuk, sedikitnya ada 360.000 tenaga kerja telah terlibat di berbagai sektor. Mulai dari proses produksi, rantai pasokan, distribusi hingga layanan purna jual.
Dengan eksosistem yang matang tersebut memudahkan Toyota untuk lebih agresif dalam menyediakan kendaraan ke berbagai belahan dunia. Terlebih sejak 1987, Indonesia telah mengekspor mobil secara utuh ke berbagai negara.
Bila semua lancar maka pada tahun ini pabrikan bakal resmi mengekspor 3 juta kendaraan dengan 100 negara tujuan. Hal tersebut tentu menjadi sebuah pencapaian tersendiri bagi perusahaan.
Besarnya jumlah itu tidak lepas dari keputusan Toyota Motor Corporation menjadikan Indonesia sebagai basis produksi global untuk proyek International Multi-Purpose Vehicle (IMV). Sejak saat itu perusahaan memproduksi berbagai model strategis seperti Kijang Innova dan Fortuner hingga menempatkan Indonesia ke dalam rantai pasok global industri otomotif.
Terlebih pada 2023 diluncurkan Kijang Innova Zenix dan Yaris Cross yang hadir dalam varian ICE serta Hybrid Electric Vehicle (HEV). Kedua model tersebut kini sudah menjadi tulang punggung pasar ekspor Toyota Indonesia.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
13 November 2025, 09:00 WIB
12 November 2025, 08:00 WIB
11 November 2025, 08:00 WIB
10 November 2025, 19:00 WIB
10 November 2025, 13:00 WIB
Terkini
14 November 2025, 16:00 WIB
Menperin menganggap sektor otomotif tidak boleh diabaikan karena memiliki keterkaitan dalam ekonomi nasional
14 November 2025, 15:00 WIB
Setelah Ora 03, mobil listrik GWM Ora 07 yang debut ASEAN di Thailand tercatat di data wholesales Gaikindo
14 November 2025, 14:00 WIB
Ganjil genap Puncak kembali digelar hari ini dengan pengawasan ketat dari pihak kepolisian di berbagai titik
14 November 2025, 13:00 WIB
BYD Atto 1 paling banyak memberikan kontribusi, mendongkrak wholesales mobil listrik sepanjang Oktober 2025
14 November 2025, 12:00 WIB
Kepolisian bakal menggelar Operasi Zebra 2025 dengan beberapa pelanggaran yang menjadi fokus pada kali ini
14 November 2025, 11:00 WIB
GMA Indonesia kembali menelurkan inovasi terbarunya yakni JPA X Vision yang disematkan pada Yamaha Xmax
14 November 2025, 10:00 WIB
Pengamat menilai secara matematis target penjualan mobil 900 ribu unit tidak bisa tercapai tahun ini
14 November 2025, 09:00 WIB
Para pabrikan tidak boleh berharap banyak dengan penyelenggaraan GJAW 2025 buat menggairahkan pasar mobil baru