Strategi Brand Jepang untuk Bersaing di Pasar Otomotif Cina

Merek Jepang berhenti terapkan strategi global di Cina, bikin desain EV mengikuti selera konsumen Tiongkok

Strategi Brand Jepang untuk Bersaing di Pasar Otomotif Cina

KatadataOTO – Era EV (Electric Vehicle) saat ini didominasi beragam produk dari Cina. Berbagai keunggulan ditawarkan, salah satunya adalah fitur berlimpah dengan harga cenderung lebih murah dibandingkan para kompetitor di kelas yang sama.

Di Cina, persaingan EV antar produsen lokal berlangsung sengit. Sementara manufaktur lain termasuk Jepang berada di posisi sulit, beberapa merek memutuskan gulung tikar karena tidak mampu berkompetisi.

Guna mempertahankan penjualan di pasar Tiongkok, merek Jepang menjalin kerja sama dengan pabrikan lokal. Dua brand yang telah mengambil langkah tersebut ialah Toyota dan Nissan.

Toyota menggandeng GAC Group yang telah berpengalaman dalam pengembangan EV melalui brand Aion. 

Toyota bZ3X
Photo : CarNewsChina

“Joint venture ini memiliki kendaraan elektrifikasi yang baik, bisa dinikmati juga oleh generasi muda,” kata Wen Dali, Executive Deputy General Manager GAC Toyota Motor, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Senin (26/05).

Menariknya, berdasarkan laporan Nikkei Asia, Toyota dan Nissan mulai mendesain mobil listrik sesuai selera masyarakat di sana. Hal itu membuahkan hasil baik.

Perlu diketahui, dahulu Toyota mengandalkan strategi Jepang buat diterapkan ke global, termasuk Cina.

bZ3X menjadi SUV (Sport Utility Vehicle) bertenaga listrik yang berhasil menggaet perhatian konsumen Tiongkok, didesain menyesuaikan kebutuhan dan selera pasar konsumen setempat. Produk ini baru dipasarkan di Cina.


Terkini

otosport
Hasil MotoGP Valencia 2025

Hasil MotoGP Valencia 2025: Akhir Manis buat Bezzecchi

Marco Bezzecchi tutup musim ini dengan capaian manis di MotoGP Valencia 2025 dengan finish pertama

mobil
Mazda Siap Boyong EZ-6 Kembaran Deepal LO7, Changan Buka Suara

Mazda Siap Boyong EZ-6 Kembaran Deepal LO7, Changan Buka Suara

Mazda EZ-6 dan Changan Deepal LO7 sama-sama berpeluang besar untuk dipasarkan ke konsumen di Tanah Air

mobil
Klarifikasi Chery Soal Insiden Fengyun X3L di Gunung Tianmen

Klarifikasi Chery Soal Insiden Fengyun X3L di Gunung Tianmen

Chery beri penjelasan soal Fengyun X3L yang alami kecelakaan saat sedang uji ketangguhan di Gunung Tianmen

mobil
Suzuki Ertiga Hybrid

Pilihan Suzuki Ertiga Bekas Lansiran 2024 Kini Makin Beragam

Suzuki Ertiga bekas lansiran 2024 bisa jadi pilihan masyarakat buat berkendara saat libur Natal dan tahun baru

news
Honda Bikers Day 2025

Honda Bikers Day 2025 Disambangi 32 Ribu Rider Tanah Air

Puncak acara Honda Bikers Day 2025 memberikan pengalaman berbeda di Garut dengan puluhan ribu pemotor

komunitas
Honda Culture Indonesia 2025

Honda Culture Indonesia Kembali Digelar, Ajak Puluhan Komunitas

Banyak kegiatan menarik disuguhkan buat para anggota komunitas selama Honda Culture Indonesia berlangsung

motor
Honda ADV 160

Jelajah Jawa Barat Pakai Honda ADV 160 Roadsync Menuju HBD 2025

Honda ADV 160 membuktikan performanya dalam perjalanan melintasi pantai selatan Jawa Barat menuju HBD 2025

mobil
Toyota Calya bekas

Toyota Calya Bekas Lansiran 2024 Pilihannya Makin Banyak

Pilihan Toyota Calya bekas lansiran 2024 makin menarik karena ada program TDP Rp 7 jutaan dan tenor panjang