Daihatsu Akui Ada Tantangan Dalam Melakukan Recall Ayla dan Rocky
25 Maret 2025, 09:00 WIB
Ribuan Daihatsu Rocky kena recall karena kurang tepatnya posisi pengelasan pada dudukan shock absorber depan
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Sebanyak 9.378 unit Daihatsu Rocky kena recall karena kurang tepatnya posisi pengelasan pada dudukan shock absorber depan. Recall ini dilakukan untuk mobil dengan periode produksi 28 April – 7 Oktober 2021.
Kurang tepatnya posisi pengelasan tersebut berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara ketika melewati kondisi jalan rusak di kecepatan tinggi. Tak hanya itu, dalam kondisi ekstrem maka komponen dudukan shock absorber dapat terlepas.
“Kami menemukan adanya potensi terlepasnya dudukan shock absorber depan akibat kurang tepatnya titik pengelasan. Titik pengelasannya ada di antara plat atas dan bawah sehingga kekuatan las kurang maksimal,” ungkap Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.
Untuk mengatasi itu, Daihatsu pun akan melakukan perbaikan dengan cara menambah 11 titik pengelasan guna memperkuat dudukan shock absorber. Maka total akan ada 25 titik pengelasan pada dudukan shock absorber sehingga diyakini permasalahan dapat teratasi.
Bambang menambahkan bahwa pengelasan pada komponen tersebut dilakukan oleh operator sehingga ada kemungkinan terjadi kesalahan. Hal ini berbeda dengan pengelasan lain karena sudah menggunakan robot sehingga pengerjaannya lebih presisi.
“Jadi di seluruh bodi mobil ada yang dikerjakan manusia dan robot dan sebenarnya kualitas dari hasil pengerjaannya sama. Namun robot tidak ada capek sementara manusia ada capeknya,” tambahnya kemudian.
Namun Ia memastikan bahwa seluruh pengerjaan baik yang dilakukan robot maupun manusia akan mendapat pemeriksaan secara berkala. Sehingga risiko terjadinya permasalahan serupa dapat dihindari.
Daihatsu pun menyarankan kepada pelanggan yang mobilnya masuk ke dalam program recall untuk menghubungi bengkel resmi terdekat. Bengkel memerlukan waktu sekitar 10 jam untuk dapat mengerjakan perbaikan ini.
Untuk prosedur recall, Daihatsu akan menghubungi pemilik kendaraan. Pelanggan juga bisa memastikannya sendiri dengan mengunjungi situs resmi Daihatsu dan memasukkan nomor rangka kendaraan.
Setelah mendapat informasi, bagi pelanggan yang masuk ke daftar recall Daihatsu Rocky, dapat langsung melakukan booking jadwal dan datang ke bengkel resmi. Dengan demikian diharapkan pelanggan dapat merasa lebih dimudahkan karena tidak harus mengantri terlalu lama.
Kembaran Rocky, Toyota Raize juga terkenda dampak masalah pengelasan ini. PT Toyota Astra Motor (TAM) juga telah mengeluarkan pengumuman resmi untuk melakukan recall.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
25 Maret 2025, 09:00 WIB
29 Oktober 2024, 10:00 WIB
22 September 2024, 07:00 WIB
18 Agustus 2024, 10:00 WIB
09 Januari 2024, 14:35 WIB
Terkini
01 Juli 2025, 23:35 WIB
Polisi akhirnya ungkap kronologi seorang anak mendadak keluar dari bus yang sedang melaju di jalan tol
01 Juli 2025, 23:30 WIB
Belum bisa saingi kendaraan konvensional, Populix ungkap alasan masyarakat ragu beralih ke mobil listrik
01 Juli 2025, 23:13 WIB
Dorna Sport memberi peringatan kepada Jorge Martin untuk menghormati kontrak yang sudah ada dengan Aprilia
01 Juli 2025, 22:08 WIB
Gugatan BMW yang diajukan untuk BYD ke pengadilan pada Februari 2025 telah ditolak, berikut alasannya
01 Juli 2025, 21:25 WIB
Menurut Jaecoo perang harga mobil Cina wajar dilakukan, asal tetap memberikan value lebih kepada para konsumen
01 Juli 2025, 20:08 WIB
MotoGP Malaysia 2025 menargetkan bisa menarik 13 ribu penonton asal Indonesia atau dari tahun sebelumnya
01 Juli 2025, 19:00 WIB
Ground Zero meluncurkan tiga produk baru untuk merayakan hari jadi mereka yang ke-30, dijual secara terbatas
01 Juli 2025, 18:00 WIB
Kepulauan Riau gelar pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk mudahkan warganya menjalankan kewajiban