Daihatsu Akui Ada Tantangan Dalam Melakukan Recall Ayla dan Rocky
25 Maret 2025, 09:00 WIB
Ribuan Daihatsu Rocky kena recall karena kurang tepatnya posisi pengelasan pada dudukan shock absorber depan
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Sebanyak 9.378 unit Daihatsu Rocky kena recall karena kurang tepatnya posisi pengelasan pada dudukan shock absorber depan. Recall ini dilakukan untuk mobil dengan periode produksi 28 April – 7 Oktober 2021.
Kurang tepatnya posisi pengelasan tersebut berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara ketika melewati kondisi jalan rusak di kecepatan tinggi. Tak hanya itu, dalam kondisi ekstrem maka komponen dudukan shock absorber dapat terlepas.
“Kami menemukan adanya potensi terlepasnya dudukan shock absorber depan akibat kurang tepatnya titik pengelasan. Titik pengelasannya ada di antara plat atas dan bawah sehingga kekuatan las kurang maksimal,” ungkap Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM.
Untuk mengatasi itu, Daihatsu pun akan melakukan perbaikan dengan cara menambah 11 titik pengelasan guna memperkuat dudukan shock absorber. Maka total akan ada 25 titik pengelasan pada dudukan shock absorber sehingga diyakini permasalahan dapat teratasi.
Bambang menambahkan bahwa pengelasan pada komponen tersebut dilakukan oleh operator sehingga ada kemungkinan terjadi kesalahan. Hal ini berbeda dengan pengelasan lain karena sudah menggunakan robot sehingga pengerjaannya lebih presisi.
“Jadi di seluruh bodi mobil ada yang dikerjakan manusia dan robot dan sebenarnya kualitas dari hasil pengerjaannya sama. Namun robot tidak ada capek sementara manusia ada capeknya,” tambahnya kemudian.
Namun Ia memastikan bahwa seluruh pengerjaan baik yang dilakukan robot maupun manusia akan mendapat pemeriksaan secara berkala. Sehingga risiko terjadinya permasalahan serupa dapat dihindari.
Daihatsu pun menyarankan kepada pelanggan yang mobilnya masuk ke dalam program recall untuk menghubungi bengkel resmi terdekat. Bengkel memerlukan waktu sekitar 10 jam untuk dapat mengerjakan perbaikan ini.
Untuk prosedur recall, Daihatsu akan menghubungi pemilik kendaraan. Pelanggan juga bisa memastikannya sendiri dengan mengunjungi situs resmi Daihatsu dan memasukkan nomor rangka kendaraan.
Setelah mendapat informasi, bagi pelanggan yang masuk ke daftar recall Daihatsu Rocky, dapat langsung melakukan booking jadwal dan datang ke bengkel resmi. Dengan demikian diharapkan pelanggan dapat merasa lebih dimudahkan karena tidak harus mengantri terlalu lama.
Kembaran Rocky, Toyota Raize juga terkenda dampak masalah pengelasan ini. PT Toyota Astra Motor (TAM) juga telah mengeluarkan pengumuman resmi untuk melakukan recall.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
25 Maret 2025, 09:00 WIB
29 Oktober 2024, 10:00 WIB
22 September 2024, 07:00 WIB
18 Agustus 2024, 10:00 WIB
09 Januari 2024, 14:35 WIB
Terkini
16 Mei 2025, 12:00 WIB
Gigi Dall’Igna memuji aksi Marc Marquez pada MotoGP Prancis 2025 yang tidak mau mengambil banyak risiko
16 Mei 2025, 11:00 WIB
CSI memastikan kalau Chery Tiggo 8 CSH sudah tersedia untuk dibeli dan akan langsung dikirim ke rumah konsumen
16 Mei 2025, 10:00 WIB
Dalam laporan keuangan terbaru, Mitsubishi mengkonfirmasi produksi massal DST Concept dimulai tahun ini
16 Mei 2025, 09:00 WIB
Dinas Perhubungan bakal lakukan rekayasa lalu lintas di 34 titik saat akhir oekan karena ada acara balap lari
16 Mei 2025, 08:00 WIB
Proses pembangunan pabrik baterai EV yang bertempat di Cilegon tetap berlanjut meskipun hadapi masalah
16 Mei 2025, 07:00 WIB
Merek Tiongkok mulai ikut ramaikan pasar mobil hybrid di RI, BYD beri isyarat akan bawa teknologi baru
16 Mei 2025, 06:56 WIB
Masih ada dispensasi berlaku di SIM keliling Jakarta buat kartu yang kedaluwarsa saat libur Hari Raya Waisak
16 Mei 2025, 06:00 WIB
Pembatasan ganjil genap Jakarta kembali diselenggarakan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Ibu Kota