Penjualan Honda Oktober 2024 Naik Tipis, Brio Masih Mendominasi
13 November 2024, 18:00 WIB
Penjualan Suzuki Mei 2024 naik tipis menjadi 6.110 unit atau naik 22 persen dibanding bulan sebelumnya
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Suzuki Mei 2024 mengalami perbaikan dibanding bulan sebelumnya. Berdasarkan data Gaikindo, pabrikan asal Jepang tersebut berhasil mencatatkan angka retail sales sebesar 6.110 unit.
Jumlah itu mengalami kenaikan 22 persen sebesar 1.106 unit dari bulan sebelumnya yang hanya 5.004 unit. Namun angka itu masih ada di bawah pencapaian mereka di Maret 2024 sebesar 6.550 unit.
Berkat ini maka Suzuki telah melepas 29.927 unit kendaraan pada periode Januari hingga Mei 2024. Mereka pun duduk sebagai pabrikan terlaris kelima dengan market share 8,3 persen.
“Besar harapan kami agar hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Oleh karenanya Suzuki selalu berusaha terus beradaptasi dan berinovasi baik pada produk maupun layanan yang kami berikan,” ungkap Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Tingginya angka penjualan disebabkan pertumbuhan permintaan pada beberapa model penumpang khususnya pada segmen hybrid yang menguasai pasar 35 persen. Sementara di kategori komersial, pemintaannya mencapai 52 persen.
Sementara bila melihat dari per model maka XL7 berhasil menjadi tulang punggung penjualan. Low SUV tersebut berhasil naik 28 persen dibanding bulan sebelumnya dan 61 persen diantaranya merupakan varian hybrid.
Sementara itu Ertiga juga mencatatkan hasil baik karena dapat menguasai 43 persen penjualan kendaraan penumpang Suzuki. 70 persen permintaan berasal dari segmen hybrid.
Sedangkan di segmen kendaraan komersial, Suzuki mencatatkan pertumbuhan sebesar 26 persen dibanding April 2024.
Sayangnya Suzuki tidak menyampaikan secara detail angka penjualan yang mereka dapatkan pada Mei 2024.
Suzuki mengakui bahwa persaingan pasar otomotif di Indonesia sangat ketat. Hal ini karena semakin banyak pendatang baru namun penjualan mobil tidak tumbuh dan justru menurun.
Soleh sebab itu Suzuki pun melakukan beragam penyesuaian strategi agar bisa bertahan di pasar Tanah Air.
“Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan. Sehingga harapannya kami dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan,” pungkas Randy.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
13 November 2024, 18:00 WIB
12 November 2024, 18:04 WIB
11 November 2024, 11:21 WIB
08 November 2024, 14:00 WIB
07 November 2024, 19:00 WIB
Terkini
13 November 2024, 19:00 WIB
Chery berencana momboyong lima mobil baru tahun depan di Indonesia, salah satunya adalah Tiggo 8 Pro PHEV
13 November 2024, 18:00 WIB
Penjualan Honda Oktober 2024 naik tipis dibandingkan bulan lalu dengan Brio masih menjadi tulang punggung
13 November 2024, 17:00 WIB
Mercedes-Benz respon langkah Presiden RI pakai produk dalam negeri, bakal tetap siapkan kebutuhan pemerintah
13 November 2024, 16:00 WIB
60 unit Mercedes-Benz S 450 President Edition ditawarkan, bekas kendaraan resmi tamu negara saat pelantikan
13 November 2024, 15:00 WIB
Jasa Raharja memberikan santunan kepada korban luka maupun meninggal dalam kecelakaan Tol Cipularang KM 92
13 November 2024, 14:00 WIB
25 proposal terbaik di ajang Toyota Eco Youth telah terpilih dan siap memasuki babak berikutnya yang menantang
13 November 2024, 13:00 WIB
Djoko menilai bahwa para sopir truk wajib menjalani MCU demi mencegah kecelakaan akibat kendaraan besar
13 November 2024, 12:00 WIB
Berbekal fitur unggulan yang disematkan, Wuling Cloud EV berhasil memikat para konsumen di Tanah Air