Penjualan Honda Mei 2024, Brio Jadi Andalan
19 Juni 2024, 07:00 WIB
Penjualan Suzuki Mei 2024 naik tipis menjadi 6.110 unit atau naik 22 persen dibanding bulan sebelumnya
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Suzuki Mei 2024 mengalami perbaikan dibanding bulan sebelumnya. Berdasarkan data Gaikindo, pabrikan asal Jepang tersebut berhasil mencatatkan angka retail sales sebesar 6.110 unit.
Jumlah itu mengalami kenaikan 22 persen sebesar 1.106 unit dari bulan sebelumnya yang hanya 5.004 unit. Namun angka itu masih ada di bawah pencapaian mereka di Maret 2024 sebesar 6.550 unit.
Berkat ini maka Suzuki telah melepas 29.927 unit kendaraan pada periode Januari hingga Mei 2024. Mereka pun duduk sebagai pabrikan terlaris kelima dengan market share 8,3 persen.
“Besar harapan kami agar hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Oleh karenanya Suzuki selalu berusaha terus beradaptasi dan berinovasi baik pada produk maupun layanan yang kami berikan,” ungkap Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Tingginya angka penjualan disebabkan pertumbuhan permintaan pada beberapa model penumpang khususnya pada segmen hybrid yang menguasai pasar 35 persen. Sementara di kategori komersial, pemintaannya mencapai 52 persen.
Sementara bila melihat dari per model maka XL7 berhasil menjadi tulang punggung penjualan. Low SUV tersebut berhasil naik 28 persen dibanding bulan sebelumnya dan 61 persen diantaranya merupakan varian hybrid.
Sementara itu Ertiga juga mencatatkan hasil baik karena dapat menguasai 43 persen penjualan kendaraan penumpang Suzuki. 70 persen permintaan berasal dari segmen hybrid.
Sedangkan di segmen kendaraan komersial, Suzuki mencatatkan pertumbuhan sebesar 26 persen dibanding April 2024.
Sayangnya Suzuki tidak menyampaikan secara detail angka penjualan yang mereka dapatkan pada Mei 2024.
Suzuki mengakui bahwa persaingan pasar otomotif di Indonesia sangat ketat. Hal ini karena semakin banyak pendatang baru namun penjualan mobil tidak tumbuh dan justru menurun.
Soleh sebab itu Suzuki pun melakukan beragam penyesuaian strategi agar bisa bertahan di pasar Tanah Air.
“Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan. Sehingga harapannya kami dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan,” pungkas Randy.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
19 Juni 2024, 07:00 WIB
14 Juni 2024, 15:00 WIB
14 Juni 2024, 13:00 WIB
12 Juni 2024, 22:00 WIB
11 Juni 2024, 21:00 WIB
Terkini
26 Juni 2024, 14:00 WIB
Honda Super Cub 50 akan disuntuk mati, hal itu karena regulasi ambang batas emisi kendaraan yang ketat di 2025
26 Juni 2024, 13:00 WIB
Saling sindir antara pihak China dan Uni Eropa terus terjadi sehingga membuat kedua belah pihak bertemu
26 Juni 2024, 12:00 WIB
Jepang tantang Indonesia jadi penghasil nikel untuk baterai kendaraan listrik setelah menemukan sumber nikel
26 Juni 2024, 11:00 WIB
Baru meluncur, ban balap Aspira Premio Sportivo RS-01 tawarkan sejumlah keunggulan buat para penggunanya
26 Juni 2024, 10:00 WIB
Pemerintah Kota Surabaya lelang 889 kendaraan dinas untuk digantikan dengan BEV sesuai arahan presiden
26 Juni 2024, 09:00 WIB
Ban mobil listrik Goodyear yang mau diluncurkan harus tertahan di pelabuhan karena masalah kuota impor
26 Juni 2024, 08:00 WIB
Ada beberapa faktor yang diperhatian pelanggan sebelum membeli motor listrik dan pabrikan harus memenuhinya
26 Juni 2024, 07:00 WIB
SUV Wuling Starlight S disinyalir meluncur Agustus 2024, tersedia dalam varian listrik dan hybrid PHEV