Penjualan Mobil Mewah Naik di Agustus 2025, BMW Teratas
12 September 2025, 13:28 WIB
Penjualan Suzuki Mei 2024 naik tipis menjadi 6.110 unit atau naik 22 persen dibanding bulan sebelumnya
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Suzuki Mei 2024 mengalami perbaikan dibanding bulan sebelumnya. Berdasarkan data Gaikindo, pabrikan asal Jepang tersebut berhasil mencatatkan angka retail sales sebesar 6.110 unit.
Jumlah itu mengalami kenaikan 22 persen sebesar 1.106 unit dari bulan sebelumnya yang hanya 5.004 unit. Namun angka itu masih ada di bawah pencapaian mereka di Maret 2024 sebesar 6.550 unit.
Berkat ini maka Suzuki telah melepas 29.927 unit kendaraan pada periode Januari hingga Mei 2024. Mereka pun duduk sebagai pabrikan terlaris kelima dengan market share 8,3 persen.
“Besar harapan kami agar hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Oleh karenanya Suzuki selalu berusaha terus beradaptasi dan berinovasi baik pada produk maupun layanan yang kami berikan,” ungkap Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).
Tingginya angka penjualan disebabkan pertumbuhan permintaan pada beberapa model penumpang khususnya pada segmen hybrid yang menguasai pasar 35 persen. Sementara di kategori komersial, pemintaannya mencapai 52 persen.
Sementara bila melihat dari per model maka XL7 berhasil menjadi tulang punggung penjualan. Low SUV tersebut berhasil naik 28 persen dibanding bulan sebelumnya dan 61 persen diantaranya merupakan varian hybrid.
Sementara itu Ertiga juga mencatatkan hasil baik karena dapat menguasai 43 persen penjualan kendaraan penumpang Suzuki. 70 persen permintaan berasal dari segmen hybrid.
Sedangkan di segmen kendaraan komersial, Suzuki mencatatkan pertumbuhan sebesar 26 persen dibanding April 2024.
Sayangnya Suzuki tidak menyampaikan secara detail angka penjualan yang mereka dapatkan pada Mei 2024.
Suzuki mengakui bahwa persaingan pasar otomotif di Indonesia sangat ketat. Hal ini karena semakin banyak pendatang baru namun penjualan mobil tidak tumbuh dan justru menurun.
Soleh sebab itu Suzuki pun melakukan beragam penyesuaian strategi agar bisa bertahan di pasar Tanah Air.
“Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan. Sehingga harapannya kami dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan,” pungkas Randy.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
12 September 2025, 13:28 WIB
12 September 2025, 12:09 WIB
10 September 2025, 12:00 WIB
08 September 2025, 08:00 WIB
18 Agustus 2025, 15:00 WIB
Terkini
14 September 2025, 20:56 WIB
Marquez membuktikan dirinya pantas jadi raja Misano usai menjadi pemenang dalam balapan MotoGP San Marino 2025
14 September 2025, 19:00 WIB
Koleksi kendaraan Surya Insomnia rupanya cukup menarik karena terdapat dua mobil listrik dan Harley Davidson
14 September 2025, 17:00 WIB
GWM Ora 03 versi SUV sudah terdaftar di Tiongkok, punya dimensi yang mirip dengan mobil listrik Chery E5
14 September 2025, 15:00 WIB
GIVI berencana untuk meluncurkan produk terbarunya di ajang IMOS 2025 dengan sejumlah program yang menarik
14 September 2025, 13:00 WIB
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid bekas lansiran 2024 kini dijual dengan TDP hanya Rp 5 juta buat mudahkan pelanggan
14 September 2025, 11:00 WIB
Sprint Race MotoGP San Marino 2025 tidak berakhir baik buat duo Ducati Marc Marquez dan Francesco Bagnaia
14 September 2025, 09:00 WIB
Demi menyelamatkan industri komponen otomotif, anggota DPR mengusulkan untuk pemerintah memberikan insentif
14 September 2025, 07:00 WIB
Harga Chery J6 bekas tipe RWD lansiran 2024 dijual lebih murah Rp 40 jutaan dibanding unit baru meski masih tampak baru