Pilihan Daihatsu Sigra Bekas Lansiran 2024, Masih Seperti Baru
09 Maret 2025, 11:00 WIB
Penjualan mobil di Indonesia kian menggeliat, hal itu terbukti dengan penjualan Daihatsu meningkat pada 2022
Oleh Satrio Adhy
TRENOTO – Pasar otomotif Indonesia memberi dampak positif bagi para pabrikan setelah dilanda pandemi Covid-19. Salah satunya seperti penjualan Daihatsu meningkat pada periode 2022.
Mereka sukses membukukan penjualan hingga 172.449 unit tahun ini. Jumlah tersebut naik sebanyak 29,7 persen dibandingkan 2021 yang hanya 132.950 mobil.
Raihan penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan tersebut lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu market share pabrikan asal Jepang tersebut berbeda 19 persen dari periode sebelumnya.
“Kami bersyukur dapat mempertahankan penjualan bersama capaian positif dengan kenaikan sebesar 30 persen hingga November 2022. Semoga raihan positif terus berlanjut dan pasar otomotif dapat lebih baik dibandingkan sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.
Secara volume juga kontribusi model penjualan ritel Daihatsu hingga November 2022 tetap didominasi oleh tiga produk unggulannya. Pertama ada Sigra sebanyak 42.513 unit yang berkontribusi sekitar 24,7 persen.
Lalu Gran Max PU (Pick Up) 41.688 kendaran menyumbang 24.3 persen pada tempat kedua. Disusul Xenia dengan raihan 22.222 unit atau 12.9 persen.
Selanjutnya Ayla mencatatkan penjualan 21.053 unit alias 12.2 persen, Terios 19.129 unit atau 11.1 persen, Gran Max (MB) meraih 13.660 unit setara 7.9 persen, Rocky 9.255 unit serta Luxio dan Sirion terjual 2.929 unit.
Sebagai informasi pasar otomotif nasional sejak Januari hingga November 2022 mencatatkan raihan penjualan ritel sekitar 909 ribu unit naik sekitar 19 persen dibandingkan periode sama tahun 2021 lalu sekitar 761 ribu unit.
Capaian tersebut memang cukup mengesankan seabagai tanda kebangkitan pasar Tanah Air. Sebab jumlahnya hampir mendekati angka satu juta penjualan sebelum pandemic Covid-19.
Angka tersebut sesuai rencana yang dimiliki oleh GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). Sebelumnya mereka memasang target 960 ribu mobil laku tahun ini.
Sementara untuk tahun depan mereka menetapkan 975 ribu untuk penjualan kendaraan roda empat nasional. Dengan begitu Gaikindo sudah menyesuaikan proyeksi ekonomi tahun depan serta situasi akan terjadi.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
09 Maret 2025, 11:00 WIB
07 Maret 2025, 13:05 WIB
06 Maret 2025, 21:00 WIB
02 Maret 2025, 09:00 WIB
28 Februari 2025, 11:15 WIB
Terkini
01 April 2025, 18:19 WIB
Mengawali April 2025, harga BBM di seluruh SPBU milik swasta mengalami penurunan dengan jumlah bervariasi
01 April 2025, 15:00 WIB
Kepolisian memprediksi puncak arus balik Lebaran 2025 terjadi di akhir pekan, masyarakat diminta waspada
01 April 2025, 13:00 WIB
Dengan berbagai pertimbangan AHM memprediksi penjualan motor baru Honda akan meningkat pada kuartal pertama
01 April 2025, 11:00 WIB
Hyundai Stargazer facelift diduga terdaftar di RI dengan nama varian Carten, berpeluang meluncur tahun ini
01 April 2025, 08:00 WIB
Pihak kepolisian dapat menerapkan one way di Puncak Bogor secara situasional, berikut rincian aturannya
01 April 2025, 06:43 WIB
Ganjil genap Jakarta ditiadakan selama libur Lebaran 2025 sehingga masyarakat bisa bebas beraktivitas
31 Maret 2025, 16:17 WIB
Hybrid BYD Shark semakin dekat ke Indonesia, debut di Thailand dengan harga di kisaran Rp 800 jutaan
31 Maret 2025, 12:03 WIB
200 peserta mengikuti program mudik gratis bareng Diton 2025 dengan berbagai kota tujuan seperti ke Semarang