5 Mobil LCGC Terlaris di April 2025, Sigra Unggul Jauh dari Brio
15 Mei 2025, 08:00 WIB
Penjualan mobil di Indonesia kian menggeliat, hal itu terbukti dengan penjualan Daihatsu meningkat pada 2022
Oleh Satrio Adhy
TRENOTO – Pasar otomotif Indonesia memberi dampak positif bagi para pabrikan setelah dilanda pandemi Covid-19. Salah satunya seperti penjualan Daihatsu meningkat pada periode 2022.
Mereka sukses membukukan penjualan hingga 172.449 unit tahun ini. Jumlah tersebut naik sebanyak 29,7 persen dibandingkan 2021 yang hanya 132.950 mobil.
Raihan penjualan ritel Daihatsu selama 11 bulan tersebut lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu market share pabrikan asal Jepang tersebut berbeda 19 persen dari periode sebelumnya.
“Kami bersyukur dapat mempertahankan penjualan bersama capaian positif dengan kenaikan sebesar 30 persen hingga November 2022. Semoga raihan positif terus berlanjut dan pasar otomotif dapat lebih baik dibandingkan sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.
Secara volume juga kontribusi model penjualan ritel Daihatsu hingga November 2022 tetap didominasi oleh tiga produk unggulannya. Pertama ada Sigra sebanyak 42.513 unit yang berkontribusi sekitar 24,7 persen.
Lalu Gran Max PU (Pick Up) 41.688 kendaran menyumbang 24.3 persen pada tempat kedua. Disusul Xenia dengan raihan 22.222 unit atau 12.9 persen.
Selanjutnya Ayla mencatatkan penjualan 21.053 unit alias 12.2 persen, Terios 19.129 unit atau 11.1 persen, Gran Max (MB) meraih 13.660 unit setara 7.9 persen, Rocky 9.255 unit serta Luxio dan Sirion terjual 2.929 unit.
Sebagai informasi pasar otomotif nasional sejak Januari hingga November 2022 mencatatkan raihan penjualan ritel sekitar 909 ribu unit naik sekitar 19 persen dibandingkan periode sama tahun 2021 lalu sekitar 761 ribu unit.
Capaian tersebut memang cukup mengesankan seabagai tanda kebangkitan pasar Tanah Air. Sebab jumlahnya hampir mendekati angka satu juta penjualan sebelum pandemic Covid-19.
Angka tersebut sesuai rencana yang dimiliki oleh GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). Sebelumnya mereka memasang target 960 ribu mobil laku tahun ini.
Sementara untuk tahun depan mereka menetapkan 975 ribu untuk penjualan kendaraan roda empat nasional. Dengan begitu Gaikindo sudah menyesuaikan proyeksi ekonomi tahun depan serta situasi akan terjadi.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
15 Mei 2025, 08:00 WIB
10 Mei 2025, 14:00 WIB
02 Mei 2025, 21:00 WIB
01 Mei 2025, 17:46 WIB
24 April 2025, 09:00 WIB
Terkini
18 Mei 2025, 14:00 WIB
Ahmad Luthfi ingin para pemilik mobil dan motor di Jateng tidak lagi menunggak pajak kendaraan di 2026
18 Mei 2025, 12:00 WIB
Kinerja oli Yamalube Turbo Matic diuji selama touring bersama JMC dari Cibinong sampai Bandung, Jawa Barat
18 Mei 2025, 10:00 WIB
BYD Seal bekas kini sudah tersedia di pasaran dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan unit baru
18 Mei 2025, 07:06 WIB
Mitsubishi Xpander bekas lansiran 2022 bisa menjadi pilihan menarik untuk masyarakat karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 14:58 WIB
Touring perayaan satu dekade Nmax dan JMC diinisiasi Yamaha, libatkan berbagai generasi motor Nmax dan Xmax
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI