Penjualan Daihatsu Februari 2025 Naik, Terios Masuk 3 Besar
12 Maret 2025, 16:00 WIB
Penjualan Daihatsu 8 bulan terakhir berhasil meningkat drastis bila dibandingkan dengan raihan 2021 lalu
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Setelah terpukul akibat pandemi Covid-19, industri otomotif di Tanah Air perlahan mulai membaik. Ditambah dengan banyaknya acara otomotif dan terakhir adalah GIIAS 2022 pada Agustus berhasil membuat penjualan meningkat.
Salah satu yang merasakan hal tersebut adalah PT Astra Daihatsu Motor karena berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 123.584 unit pada Januari hingga Agustus 2022. Jumlah ini meningkat 38 persen bila dibandingkan periode serupa tahun lalu yaitu 89.601 unit.
Kenaikan tersebut bahkan lebih besar ketimbang pertumbuhan pasar mobil secara nasional. Sepanjang Januari-Agustus 2022, penjualan mobil di Indonesia meraih angka 637.000 unit atau naik 20 persen dibanding tahun lalu yang meraih 527.000 unit.
Tak hanya itu, market share retail sales Daihatsu dalam 8 bulan terakhir juga diklaim mengalami peningkatan. Pasalnya mereka berhasil menguasai penjuakan hingga 19.4 persen atau naik 2.4 persen dibanding tahun lalu.
Tingginya angka pencapaian tidak lepas dari peran Daihatsu Sigra yang kembali menjadi model terlaris mereka. Low Cost Green Car (LCGC) 3 baris tersebut telah berhasil terjual 3.043 unit atau berkontribusi sebesar 25.1 persen dari total penjualan.
Kemudian di posisi kedua terdapat Daihatsu Gran Max Pick Up. Mobil komersial tersebut berhasil terjual 28.650 unit atau setara 23.2 persen. Sedangkan posisi berikutnya terdapat Daihatsu Xenia yang terjual 16.570 unit atau setara 13.4 persen.
Selanjutnya di peringkat keempat bertengger Ayla dengan pencapaian sebesar 13.968 unit atau 11.3 persen. Terios berhasil menjadi penutup 5 besar penjualan berkat perolehan 13.638 unit atau 11 persen.
Dengan raihan tersebut maka Daihatsu berhasil mempertahankan posisi sebagai pabrikan mobil terlaris nomor 2 di Indonesia. Jumlah ini tentunya akan terus diusahakan agar tetap bertahan di masa depan.
“Penjualan Daihatsu 8 bulan terakhir bahkan telah melebihi dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Semoga capaian positif ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
12 Maret 2025, 16:00 WIB
24 Februari 2025, 14:18 WIB
13 Januari 2025, 21:00 WIB
11 Desember 2024, 21:00 WIB
25 November 2024, 06:00 WIB
Terkini
11 April 2025, 14:00 WIB
Demi mengantisipasi kemacetan yang sering terjadi, pihak kepolisian akan menerapkan ganjil genap puncak Bogor
11 April 2025, 12:00 WIB
Tarif impor AS berpotensi memperketat persaingan di industri otomotif Indonesia, namun Toyota tetap optimis
11 April 2025, 10:41 WIB
Wali Kota Jakarta Barat akan mempelebar empat ruas jalan untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi
11 April 2025, 09:00 WIB
Sejumlah harga motor matic murah terpantau mengalami kenaikan pada bulan ini, seperti terjadi pada Honda Beat
11 April 2025, 08:00 WIB
Pembalap Aprilia Racing, Jorge Martin siap kembali setelah absen di tiga seri pertama MotoGP karena cedera
11 April 2025, 07:00 WIB
Biaya pembuatan SIM April 2025 masih belum mengalami perubahan bila dibandingkan dengan bukan sebelumnya
11 April 2025, 06:19 WIB
Lima lokasi SIM keliling Jakarta kembali dibuka hari ini menjelang akhir pekan, masih ada dispensasi
11 April 2025, 06:18 WIB
Menjelang akhir pekan kepolisian tidak mengendurkan layanan, mereka tetap menghadirkan SIM Keliling Bandung