Daihatsu Sebut Ketatnya Aturan Kredit Buat Penjualan Mobil Tertekan
17 Juni 2025, 18:00 WIB
Penjualan Daihatsu 8 bulan terakhir berhasil meningkat drastis bila dibandingkan dengan raihan 2021 lalu
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Setelah terpukul akibat pandemi Covid-19, industri otomotif di Tanah Air perlahan mulai membaik. Ditambah dengan banyaknya acara otomotif dan terakhir adalah GIIAS 2022 pada Agustus berhasil membuat penjualan meningkat.
Salah satu yang merasakan hal tersebut adalah PT Astra Daihatsu Motor karena berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 123.584 unit pada Januari hingga Agustus 2022. Jumlah ini meningkat 38 persen bila dibandingkan periode serupa tahun lalu yaitu 89.601 unit.
Kenaikan tersebut bahkan lebih besar ketimbang pertumbuhan pasar mobil secara nasional. Sepanjang Januari-Agustus 2022, penjualan mobil di Indonesia meraih angka 637.000 unit atau naik 20 persen dibanding tahun lalu yang meraih 527.000 unit.
Tak hanya itu, market share retail sales Daihatsu dalam 8 bulan terakhir juga diklaim mengalami peningkatan. Pasalnya mereka berhasil menguasai penjuakan hingga 19.4 persen atau naik 2.4 persen dibanding tahun lalu.
Tingginya angka pencapaian tidak lepas dari peran Daihatsu Sigra yang kembali menjadi model terlaris mereka. Low Cost Green Car (LCGC) 3 baris tersebut telah berhasil terjual 3.043 unit atau berkontribusi sebesar 25.1 persen dari total penjualan.
Kemudian di posisi kedua terdapat Daihatsu Gran Max Pick Up. Mobil komersial tersebut berhasil terjual 28.650 unit atau setara 23.2 persen. Sedangkan posisi berikutnya terdapat Daihatsu Xenia yang terjual 16.570 unit atau setara 13.4 persen.
Selanjutnya di peringkat keempat bertengger Ayla dengan pencapaian sebesar 13.968 unit atau 11.3 persen. Terios berhasil menjadi penutup 5 besar penjualan berkat perolehan 13.638 unit atau 11 persen.
Dengan raihan tersebut maka Daihatsu berhasil mempertahankan posisi sebagai pabrikan mobil terlaris nomor 2 di Indonesia. Jumlah ini tentunya akan terus diusahakan agar tetap bertahan di masa depan.
“Penjualan Daihatsu 8 bulan terakhir bahkan telah melebihi dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Semoga capaian positif ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
17 Juni 2025, 18:00 WIB
13 Juni 2025, 11:00 WIB
21 Mei 2025, 07:00 WIB
14 Mei 2025, 09:00 WIB
17 April 2025, 21:00 WIB
Terkini
04 Juli 2025, 09:00 WIB
Dishub DKI menyiapkan teknologi senilai Rp 120 miliar untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang ada di Ibu Kota
04 Juli 2025, 08:00 WIB
Pemerintah terbuka jika merek Jepang mau ikut program insentif impor mobil listrik seperti yang dinikmati BYD
04 Juli 2025, 07:00 WIB
Aismoli berharap rencana pemberian subsidi motor listrik pada bulan depan bukan sekadar harapan palsu
04 Juli 2025, 06:00 WIB
Mendekati akhir pekan, SIM keliling Jakarta masih beroperasi sebagai fasilitas alternatif perpanjangan SIM
04 Juli 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 4 Juli 2025 kembali diterapkan guna menghindari terjadinya kemacetan khususnya di jam sibuk
04 Juli 2025, 06:00 WIB
Salah satu lokasi SIM keliling Bandung yang tersedia jelang akhir pekan ada di Dago Plaza, JL. IR. Juanda
03 Juli 2025, 22:00 WIB
Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya