Penjualan Suzuki Maret 2024 Naik, XL7 Hybrid Jadi Andalan
26 April 2024, 20:00 WIB
Pada semester I 2022, penjualan Daihatsu meningkat hingga 35 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Membaiknya kondisi pandemi berhasil membuat pasar otomotif nasional pada semester pertama 2022 menunjukkan hasil positif. Penjualan kendaraan telah lebih tinggi bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Dari Januari hingga Juni 2022, penjualan retail kendaraan roda empat berhasil mencapai 465 ribu unit. Jumlah ini lebih tinggi 20 persen bila dibandingkan perolehan semester pertama tahun lalu yang hanya sebesar 387 ribu unit.
Kenaikan tersebut pun dirasakan oleh Daihatsu yang berhasil bertengger di posisi kedua penjualan otomotif nasional. Penjualan Daihatsu meningkat dan sukses runner up setelah menjual lebih dari 90 ribu unit kendaraan di semester I 2022.
Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 35 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, market share Daihatsu juga mengalami kenaikan sebesar 2.2 persen menjadi 19.3 persen dibandingkan year to date (yoy) Juni 2021 sebesar 17.3 persen.
Daihatsu Sigra saat ini masih menjadi model terlaris karena berhasil terjual sebanyak 22.282 unit atau berkontribusi sebesar 24.5 persen dari total penjualan. Hasil positif diharapkan bisa tetap dipertahankan karena Daihatsu baru melakukan peremajaan.
Sementara di posisi kedua diisi oleh Gran Max Pick Up terjual 21.162 unit atau menyumbang 23.3 persen total penjualan. Di posisi ketiga ada Xenia dengan jumlah mobil dilepas ke pasar sebanyak 11.779 unit, setara 13 persen.
Meski terlempar dari posisi 3 besar, Terios masih menunjukkan perfoma baik karena berhasil terjual 10.268 unit, setara 11.3 persen. Menutup 5 besar penjualan ada Ayla yang berhasil dilepas pada pelanggan sebanyak 10.054 unit atau 11.1 persen.
Hasil baik yang diraih Daihatsu kemungkinan masih bisa ditingkatkan dengan hadirnya beragam pameran otomotif. Salah satunya adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 mendatang.
“Semoga raihan positif Daihatsu yang selaras dengan pertumbuhan pasar otomotif nasional dapat terus mendekat ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
26 April 2024, 20:00 WIB
23 April 2024, 07:00 WIB
18 April 2024, 12:00 WIB
17 April 2024, 15:00 WIB
06 April 2024, 13:00 WIB
Terkini
29 April 2024, 21:21 WIB
Hyundai manjakan konsumen di Jakarta dengan memberikan fasilitas yang bisa dimanfaatkan calon pembeli
29 April 2024, 21:18 WIB
Federal Oil mengaku bangga dengan hasil manis yang diraih kedua pembalap andalannya di MotoGP Spanyol 2024
29 April 2024, 19:48 WIB
Animo masih terbilang rendah, ESDM ungkap keunggulan motor listrik konversi seperti efisiensi bahan bakar
29 April 2024, 18:57 WIB
Versi hybrid dari Omoda 5, Chery Omoda 7 meluncur di Beijing Auto Show 2024 tawarkan beberapa keunggulan
29 April 2024, 17:00 WIB
Persiapan PEVS 2024 memasuki hari terakhir, beragam model menarik dipastikan akan muncul termasuk Neta V-II
29 April 2024, 15:00 WIB
Hanya fokus memasarkan kendaraan listrik murni, ini prediksi mobil BYD yang masuk Indonesia tahun ini
29 April 2024, 14:00 WIB
Marc Marquez akhirnya berhasil meraih podium perdananya bersama Ducati dalam balapan MotoGP Spanyol 2024
29 April 2024, 13:00 WIB
Daihatsu mengungkapkan bahwa dampak kenaikan suku bunga BI masih belum bisa dirasakan dalam waktu dekat