Penjualan BYD Lampaui Toyota di Awal 2025, Selisih Ribuan Unit
16 Mei 2025, 15:00 WIB
Pada semester I 2022, penjualan Daihatsu meningkat hingga 35 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Membaiknya kondisi pandemi berhasil membuat pasar otomotif nasional pada semester pertama 2022 menunjukkan hasil positif. Penjualan kendaraan telah lebih tinggi bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Dari Januari hingga Juni 2022, penjualan retail kendaraan roda empat berhasil mencapai 465 ribu unit. Jumlah ini lebih tinggi 20 persen bila dibandingkan perolehan semester pertama tahun lalu yang hanya sebesar 387 ribu unit.
Kenaikan tersebut pun dirasakan oleh Daihatsu yang berhasil bertengger di posisi kedua penjualan otomotif nasional. Penjualan Daihatsu meningkat dan sukses runner up setelah menjual lebih dari 90 ribu unit kendaraan di semester I 2022.
Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 35 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, market share Daihatsu juga mengalami kenaikan sebesar 2.2 persen menjadi 19.3 persen dibandingkan year to date (yoy) Juni 2021 sebesar 17.3 persen.
Daihatsu Sigra saat ini masih menjadi model terlaris karena berhasil terjual sebanyak 22.282 unit atau berkontribusi sebesar 24.5 persen dari total penjualan. Hasil positif diharapkan bisa tetap dipertahankan karena Daihatsu baru melakukan peremajaan.
Sementara di posisi kedua diisi oleh Gran Max Pick Up terjual 21.162 unit atau menyumbang 23.3 persen total penjualan. Di posisi ketiga ada Xenia dengan jumlah mobil dilepas ke pasar sebanyak 11.779 unit, setara 13 persen.
Meski terlempar dari posisi 3 besar, Terios masih menunjukkan perfoma baik karena berhasil terjual 10.268 unit, setara 11.3 persen. Menutup 5 besar penjualan ada Ayla yang berhasil dilepas pada pelanggan sebanyak 10.054 unit atau 11.1 persen.
Hasil baik yang diraih Daihatsu kemungkinan masih bisa ditingkatkan dengan hadirnya beragam pameran otomotif. Salah satunya adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 mendatang.
“Semoga raihan positif Daihatsu yang selaras dengan pertumbuhan pasar otomotif nasional dapat terus mendekat ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 15:00 WIB
14 Mei 2025, 10:00 WIB
14 Mei 2025, 09:00 WIB
14 Mei 2025, 07:00 WIB
06 Mei 2025, 16:00 WIB
Terkini
18 Mei 2025, 16:23 WIB
Banyak merek Cina meramaikan pasar otomotif RI, namun Mitsubishi mengaku penjualannya belum terganggu
18 Mei 2025, 14:00 WIB
Ahmad Luthfi ingin para pemilik mobil dan motor di Jateng tidak lagi menunggak pajak kendaraan di 2026
18 Mei 2025, 12:00 WIB
Kinerja oli Yamalube Turbo Matic diuji selama touring bersama JMC dari Cibinong sampai Bandung, Jawa Barat
18 Mei 2025, 10:00 WIB
BYD Seal bekas kini sudah tersedia di pasaran dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan unit baru
18 Mei 2025, 07:06 WIB
Mitsubishi Xpander bekas lansiran 2022 bisa menjadi pilihan menarik untuk masyarakat karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 14:58 WIB
Touring perayaan satu dekade Nmax dan JMC diinisiasi Yamaha, libatkan berbagai generasi motor Nmax dan Xmax
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau