Replika Mobil Formula E Gen3 Evo Dipamerkan di Bundaran HI
08 Juni 2025, 16:00 WIB
Penjualan Daihatsu 2024 turun 25.845 unit tapi masih berhasil menjadi pabrikan terlaris kedua di Indonesia
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Daihatsu 2024 mengalami penurunan cukup besar bila dibandingkan tahun lalu. Hal ini terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang sudah diterbitkan.
Dari data itu disampaikan bahwa retail sales Daihatsu hanya mencapai 168.263 unit. Angka tersebut lebih kecil dibanding periode serupa tahun lalu yang mencatatkan angka 194.108 unit atau turun 25.845 unit.
Padahal pabrikan asal Jepang tersebut sudah melakukan beragam cara untuk memastikan masyarakat bisa melakukan pembelian dengan mudah. Mulai dari pemberian kredit, kemudahan layanan purnajual dan perawatan, program trade in hingga promo berhadiah menarik.
Penurunan ini sebenarnya tidak mengejutkan karena pasar otomotif nasional memang tertekan sepanjang tahun. Hampir semua pabrikan mengalami catatan yang kurang menyenangkan.
Meski demikian, Daihatsu masih menguasai posisi kedua merek terlaris di Indonesia.
“Capaian ini mencerminkan komitmen kami yang selalu berusaha menghadirkan beragam program penawaran spesial dalam menyediakan kendaraan sesuai kebutuhan khususnya pembeli mobil pertama,” ungkap Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation dalam keterangan resminya.
Selama 2024, Daihatsu Sigra masih menjadi tulang punggung dengan angka sebanyak 54.366 unit. Jumlah ini menguasai 32 persen dari total penjualan perusahaan.
Daihatsu Gran Max Pick Up menjadi mobil terlaris kedua dengan catatan mencapai 41.703 unit atau 25 persen. Sementara Terios menguasai peringkat ketiga setelah melepas 19.873 unit ke pelanggan atau sekitar 12 persen dari total penjualan.
Peringkat keempat ada Daihatsu Ayla yang terjual 18.588 unit atau berkontribusi 11 persen. Disusul Grand Max minibus sebesar 15.040 unit (9 persen) dan Xenia 11.014 unit (7 persen).
Sementara a model lainnya seperti Rocky, Luxio dan Sirion menyumbang lebih dari 7.000 unit atau menguasai sekitar 4 persen.
“Semoga pasar otomotif di Indonesia di tahun 2025 dapat bertumbuh dan Daihatsu dapat berkontribusi positif pada industri otomotif nasional,” pungkas Tri Mulyono.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
08 Juni 2025, 16:00 WIB
05 Juni 2025, 20:08 WIB
05 Juni 2025, 17:00 WIB
05 Juni 2025, 14:00 WIB
04 Juni 2025, 19:07 WIB
Terkini
08 Juni 2025, 16:00 WIB
Jelang penyelenggaraan, replika mobil Formula E Gen3 Evo kembali dipamerkan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia
08 Juni 2025, 14:00 WIB
Donald Trump dikabarkan berniat menjual Tesla Model S berkelir merah miliknya usai bertengkar dengan Elon Musk
08 Juni 2025, 11:17 WIB
Nikita Mirzani memiliki sederet kendaraan mewah yang kerap dipamerkan melalui Instagram, berikut daftarnya
08 Juni 2025, 09:09 WIB
Marc Marquez membongkar sedikit rahasia yang membuat dia berhasil memenangi sprint race MotoGP Aragon 2025
08 Juni 2025, 06:00 WIB
Jumlah kendaraan meninggalkan Jabotabek baik saat libur panjang Idul Adha yang berlangsung hingga 9 Juni 2025
07 Juni 2025, 21:06 WIB
Marc Marquez berhasil memenangi sprint race MotoGP Aragon 2025 usai mengalahkan sang adik, yakni Alex Marquez
07 Juni 2025, 19:00 WIB
Video yang memperlihatkan BMW M4 adu cepat dengan Whoosh di tol MBZ langsung mendapat perhatian kepolisian
07 Juni 2025, 15:00 WIB
Bakal resmi diluncurkan pada 10 Juni mendatang, mobil listrik Toyota bZ5 pakai baterai dan motor elektrik BYD