Harga Unit Bekas Cukup Stabil, Mobil Hybrid Jadi Pilihan Utama
31 Juli 2025, 21:00 WIB
Penjualan Daihatsu 2024 turun 25.845 unit tapi masih berhasil menjadi pabrikan terlaris kedua di Indonesia
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Penjualan Daihatsu 2024 mengalami penurunan cukup besar bila dibandingkan tahun lalu. Hal ini terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang sudah diterbitkan.
Dari data itu disampaikan bahwa retail sales Daihatsu hanya mencapai 168.263 unit. Angka tersebut lebih kecil dibanding periode serupa tahun lalu yang mencatatkan angka 194.108 unit atau turun 25.845 unit.
Padahal pabrikan asal Jepang tersebut sudah melakukan beragam cara untuk memastikan masyarakat bisa melakukan pembelian dengan mudah. Mulai dari pemberian kredit, kemudahan layanan purnajual dan perawatan, program trade in hingga promo berhadiah menarik.
Penurunan ini sebenarnya tidak mengejutkan karena pasar otomotif nasional memang tertekan sepanjang tahun. Hampir semua pabrikan mengalami catatan yang kurang menyenangkan.
Meski demikian, Daihatsu masih menguasai posisi kedua merek terlaris di Indonesia.
“Capaian ini mencerminkan komitmen kami yang selalu berusaha menghadirkan beragam program penawaran spesial dalam menyediakan kendaraan sesuai kebutuhan khususnya pembeli mobil pertama,” ungkap Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation dalam keterangan resminya.
Selama 2024, Daihatsu Sigra masih menjadi tulang punggung dengan angka sebanyak 54.366 unit. Jumlah ini menguasai 32 persen dari total penjualan perusahaan.
Daihatsu Gran Max Pick Up menjadi mobil terlaris kedua dengan catatan mencapai 41.703 unit atau 25 persen. Sementara Terios menguasai peringkat ketiga setelah melepas 19.873 unit ke pelanggan atau sekitar 12 persen dari total penjualan.
Peringkat keempat ada Daihatsu Ayla yang terjual 18.588 unit atau berkontribusi 11 persen. Disusul Grand Max minibus sebesar 15.040 unit (9 persen) dan Xenia 11.014 unit (7 persen).
Sementara a model lainnya seperti Rocky, Luxio dan Sirion menyumbang lebih dari 7.000 unit atau menguasai sekitar 4 persen.
“Semoga pasar otomotif di Indonesia di tahun 2025 dapat bertumbuh dan Daihatsu dapat berkontribusi positif pada industri otomotif nasional,” pungkas Tri Mulyono.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
31 Juli 2025, 21:00 WIB
31 Juli 2025, 08:00 WIB
30 Juli 2025, 10:00 WIB
29 Juli 2025, 23:17 WIB
25 Juli 2025, 21:00 WIB
Terkini
01 Agustus 2025, 00:49 WIB
Bagi pengunjung GIIAS 2025, Anda bisa memanfaatkan diskon Mitsubishi Xpander Cross sampai Rp 50 jutaan
31 Juli 2025, 21:00 WIB
Mobil hybrid sudah menjadi salah satu pilihan kendaraan yang diminati oleh pelanggan karena harga bekasnya stabil
31 Juli 2025, 20:00 WIB
Terdapat berbagai faktor yang membuat wholesales LCGC di Indonesia tak bergairah, salah satunya PHK massal
31 Juli 2025, 19:00 WIB
Mobil listrik murah seharga Rp 190 jutaan mulai hadir di Indonesia, diyakini belum bisa gantikan LCGC
31 Juli 2025, 18:08 WIB
Gaikindo menyorot besaran pajak kendaraan bermotor di Indonesia jadi salah satu alasan harga mobil tinggi
31 Juli 2025, 17:00 WIB
Kolaborasi antara DFSK Seres dan Otoklix bermaksud mempermudah konsumen melakukan servis khususnya untuk EV
31 Juli 2025, 13:34 WIB
Jeep Wrangler 41 Willys melantai di GIIAS 2025 dan dijual dengan jumlah yang sangat terbatas buat kolektor
31 Juli 2025, 13:00 WIB
KatadataOTO mencoba secara singkat SUV Mitsubishi Destinator di sela perhelatan GIIAS 2025, berikut ulasannya