Mobil Listrik Toyota Harus Ditarik Karena Masalah Ban

Setelah resmi meluncur dua bulan lalu, 2.700 mobil listrik Toyota harus ditarik karena masalah pada roda depan

Mobil Listrik Toyota Harus Ditarik Karena Masalah Ban

TRENOTO – Setelah resmi melakukan produksi massal mobil listrik pertamanya, SUV bZ4X, Toyota Motor Corp siap menarik 2.700 kendaraan listrik (EV) secara global karena risiko roda depan terlepas. 

Baru meluncur dua bulan lalu, produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan penjualan ini mengajukan penarikan kembali mobilnya ke kementerian transportasi Jepang. Dari seluruh jumlah kendaraan listrik yang harus ditarik, 2.200 unit diperuntukkan untuk wilayah Eropa, 260 khusus Amerika Serikat, 10 bagi Kanada dan 110 berada di Jepang. 

Tak hanya Toyota, Subaru Corp juga resmi menarik kendaraannya secara global karena melakukan pengembangan kendaraan listrik bersama pabrikan Jepang tersebut. Khusus Solterra terdapat 2.600 unit yang harus ditarik untuk alasan serupa.

Photo : Hyundai Motors Indonesia



Melihat hal ini, regulator keselamatan Jepang mengatakan tikungan tajam dan pengereman mendadak dapat menyebabkan baut hub kendor dan meningkatkan risiko roda terlepas dari kendaraan. Meski demikian hingga saat ini belum ada laporan kecelakaan terkait cacat tersebut.

Regulator menyarankan pengemudi untuk berhenti menggunakan kendaraan sampai ada tindakan perbaikan yang lebih permanen. Khusus pasar otomotif Jepang, semua mobil yang ditarik belum dikirim ke pelanggan karena merupakan untuk test drive dan pajangan di sejumlah diler. 

"Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang Anda alami. Kami akan memperbaikinya sesegera mungkin, tetapi kami sedang menyelidiki detailnya,” kata kata Toyota melalui website resminya. 
Photo : 123RF



Sebagai informasi, penarikan kembali terjadi kurang dari dua bulan setelah Toyota meluncurkan SUV listrik bZ4X ke pasar domestik. Meski demikian, mobil ramah lingkungan tersebut belum dijual dan hanya menjadi kendaraan sewa. 

Untuk melakukan sewa, KINTO telah membatalkan acara uji coba sebagai wujud promosi ke tiga kota Jepang. Hal ini dilakukan sebagai langkah keamanan.

Beberapa investor dan organisasi lingkungan telah melakukan kritikan karena pabrikan dinilai lambat menghadirkan kendaraan ramah lingkungan sebagai ganti mobil dengan mesin konvensional. Namun, perusahaan telah berulang kali menolak kritik tersebut dengan alasan perlunya berbagai pilihan powertrain untuk pelanggan berbeda.

Karenanya, model hibrida Toyota tetap lebih populer karena menyumbang 1 persen dari mobil penumpang yang dijual di Jepang tahun lalu.


Terkini

news
Menperin Siapkan Skema Insentif Baru Buat Industri Otomotif RI

Menperin Siapkan Skema Insentif Baru Buat Industri Otomotif RI

Menperin menganggap sektor otomotif tidak boleh diabaikan karena memiliki keterkaitan dalam ekonomi nasional

mobil
Mobil Listrik GWM Ora 07

Nama Mobil Listrik GWM Ora 07 Tercatat di Data Gaikindo

Setelah Ora 03, mobil listrik GWM Ora 07 yang debut ASEAN di Thailand tercatat di data wholesales Gaikindo

news
Ganjil genap Puncak

Ganjil Genap Puncak 14 November 2025, Persiapkan Jalur Alternatif

Ganjil genap Puncak kembali digelar hari ini dengan pengawasan ketat dari pihak kepolisian di berbagai titik

mobil
Wholesales Mobil Listrik Oktober 2025, Tembus 13 Ribu Unit

Wholesales Mobil Listrik Oktober 2025, Tembus 13 Ribu Unit

BYD Atto 1 paling banyak memberikan kontribusi, mendongkrak wholesales mobil listrik sepanjang Oktober 2025

news
Operasi Zebra 2024 Siap Digelar, Catat Tanggalnya

Simak Pelanggaran yang Diincar Polisi saat Operasi Zebra 2025

Kepolisian bakal menggelar Operasi Zebra 2025 dengan beberapa pelanggaran yang menjadi fokus pada kali ini

modifikasi
Yamaha Xmax

GMA Goda Para Pengguna Yamaha Xmax Lewat Stoplamp Baru

GMA Indonesia kembali menelurkan inovasi terbarunya yakni JPA X Vision yang disematkan pada Yamaha Xmax

mobil
Penjualan Mobil

Target Realistis Penjualan Mobil 2025, Tak Akan Tembus 900 Ribu

Pengamat menilai secara matematis target penjualan mobil 900 ribu unit tidak bisa tercapai tahun ini

mobil
GJAW 2025 Tak Selalu Bawa Dampak Positif, Perlu Peran Pemerintah

GJAW 2025 Dinilai Tidak Bisa Diandalkan Dongkrak Penjualan

Para pabrikan tidak boleh berharap banyak dengan penyelenggaraan GJAW 2025 buat menggairahkan pasar mobil baru