Hyundai Berharap Perang Harga Mereda, Hindari Terjadinya PHK
16 Agustus 2025, 15:00 WIB
Banderol diprediksi jauh lebih kompetitif, Kona Electric ingin dorong penjualan mobil listrik Hyundai
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Kehadiran Hyundai Kona Electric nampaknya sudah tidak lama lagi. Dikabarkan bakal dirakit lokal, model satu ini diprediksi punya banderol terjangkau dan paling rendah dibandingkan seri Ioniq.
Untuk diketahui dua mobil listrik Hyundai yang dimaksud adalah Ioniq 5 yang produksi dalam negeri dan Ioniq 6 berstatus CBU (Completely Built Up) atau impor utuh.
Banderol berkisar dari Rp 700 jutaan sampai Rp 1,1 miliar. Sementara Kona Electric nanti diperkirakan dijual dengan harga kompetitif mulai Rp 600 jutaan.
Hariyadi Kaimuddin, Director in Charge Hyundai Gowa mengungkapkan bahwa saat ini pihak diler memang masih menunggu harga dari prinsipal. Namun diharapkan bisa terjangkau sehingga menarik minat banyak calon konsumen.
“Karena konsumen akan membanding-bandingkan harga seperti contoh Ioniq 6. Bagus sekali cuma karena harga tinggi membuat volume (penjualan) tidak dapat,” ucap Hariyadi kepada KatadataOTO beberapa waktu lalu.
Kona Electric digadang jadi varian entry level yang bisa mendorong lebih banyak penjualan mobil listrik Hyundai di masa mendatang.
Saat pertama diperkenalkan di IIMS 2024 (Indonesia International Motor Show) Hariyadi mengaku model tersebut mendapatkan respon positif. Hyundai Gowa optimistis Kona Electric diminati asal banderol menarik.
“Itu yang menentukan bakal laku atau biasa-biasa saja, bagaimana prinsipal memposisikan harganya,” tegas Hariyadi.
Dengan kedatangan banyak merek baru harga jadi hal krusial penentu minat konsumen sebelum membeli kendaraan listrik. Ini jadi salah satu tantangan buat Hyundai dalam memasarkan produknya.
Terlebih untuk model seperti Ioniq 6. Hariyadi menjelaskan segmen pasar terbatas mengingat banderolnya sudah tembus Rp 1,1 miliar.
Bisa dibilang Ioniq 5 saat ini jadi tulang punggung penjualan lini elektrifikasi Hyundai di Tanah Air.
“Dulu puncaknya bisa 20-an persen dari total jualan kita padahal harga segitu. Konsumen terbesar masih tetap di DKI Jakarta,” kata dia.
Selain harga pihaknya juga selalu menawarkan kesempatan tes jalan buat konsumen agar yakin sebelum pembelian. Ia percaya diri Hyundai tawarkan kenyamanan dan teknologi berbeda dari kompetitor.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
16 Agustus 2025, 15:00 WIB
15 Agustus 2025, 20:00 WIB
13 Agustus 2025, 22:00 WIB
08 Agustus 2025, 17:46 WIB
08 Agustus 2025, 13:00 WIB
Terkini
18 Agustus 2025, 07:00 WIB
Penjualan Daihatsu Juli 2025 mengalami kenaikan hingga buat perusahaan jadi yang terlaris kedua di Indonesia
17 Agustus 2025, 20:00 WIB
Marc Marquez catatkan kemenangan ke-1.000 di Sirkuit Red Bull Ring, berikut hasil MotoGP Austria 2025
17 Agustus 2025, 17:00 WIB
Gaikindo berharap pemerintah beri insentif untuk industri otomotif agar tidak tersaingi oleh Malaysia
17 Agustus 2025, 15:00 WIB
Sepanjang Agustus 2025 ada diskon motor matic Honda yang dapat dimanfaatkan, seperti untuk pembelian Beat
17 Agustus 2025, 13:00 WIB
Jenis oli mobil yang dipasarkan di Indonesia beragam merek dan jenisnya sehingga konsumen wajib tahu
17 Agustus 2025, 11:00 WIB
Para bengkel modifikasi mengaku sekarang situasinya sangat sulit saat pasar motor baru di Indonesia lesu
17 Agustus 2025, 09:00 WIB
Changan Hunter diperkirakan jadi salah satu produk perdana merek Tiongkok ini di Indonesia, sudah terdaftar
17 Agustus 2025, 07:00 WIB
Lokasi kantong parkir untuk upacara HUT RI dan Kirab Pesta Rakyat sudah disiapkan pemerintah dengan jumlah terbatas