TKDN Hyundai Kona Electric Capai 80 Persen, Terbesar di Kelasnya
15 Mei 2025, 21:00 WIB
Banderol diprediksi jauh lebih kompetitif, Kona Electric ingin dorong penjualan mobil listrik Hyundai
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Kehadiran Hyundai Kona Electric nampaknya sudah tidak lama lagi. Dikabarkan bakal dirakit lokal, model satu ini diprediksi punya banderol terjangkau dan paling rendah dibandingkan seri Ioniq.
Untuk diketahui dua mobil listrik Hyundai yang dimaksud adalah Ioniq 5 yang produksi dalam negeri dan Ioniq 6 berstatus CBU (Completely Built Up) atau impor utuh.
Banderol berkisar dari Rp 700 jutaan sampai Rp 1,1 miliar. Sementara Kona Electric nanti diperkirakan dijual dengan harga kompetitif mulai Rp 600 jutaan.
Hariyadi Kaimuddin, Director in Charge Hyundai Gowa mengungkapkan bahwa saat ini pihak diler memang masih menunggu harga dari prinsipal. Namun diharapkan bisa terjangkau sehingga menarik minat banyak calon konsumen.
“Karena konsumen akan membanding-bandingkan harga seperti contoh Ioniq 6. Bagus sekali cuma karena harga tinggi membuat volume (penjualan) tidak dapat,” ucap Hariyadi kepada KatadataOTO beberapa waktu lalu.
Kona Electric digadang jadi varian entry level yang bisa mendorong lebih banyak penjualan mobil listrik Hyundai di masa mendatang.
Saat pertama diperkenalkan di IIMS 2024 (Indonesia International Motor Show) Hariyadi mengaku model tersebut mendapatkan respon positif. Hyundai Gowa optimistis Kona Electric diminati asal banderol menarik.
“Itu yang menentukan bakal laku atau biasa-biasa saja, bagaimana prinsipal memposisikan harganya,” tegas Hariyadi.
Dengan kedatangan banyak merek baru harga jadi hal krusial penentu minat konsumen sebelum membeli kendaraan listrik. Ini jadi salah satu tantangan buat Hyundai dalam memasarkan produknya.
Terlebih untuk model seperti Ioniq 6. Hariyadi menjelaskan segmen pasar terbatas mengingat banderolnya sudah tembus Rp 1,1 miliar.
Bisa dibilang Ioniq 5 saat ini jadi tulang punggung penjualan lini elektrifikasi Hyundai di Tanah Air.
“Dulu puncaknya bisa 20-an persen dari total jualan kita padahal harga segitu. Konsumen terbesar masih tetap di DKI Jakarta,” kata dia.
Selain harga pihaknya juga selalu menawarkan kesempatan tes jalan buat konsumen agar yakin sebelum pembelian. Ia percaya diri Hyundai tawarkan kenyamanan dan teknologi berbeda dari kompetitor.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
15 Mei 2025, 21:00 WIB
14 Mei 2025, 22:30 WIB
11 Mei 2025, 08:00 WIB
09 Mei 2025, 22:30 WIB
09 Mei 2025, 19:29 WIB
Terkini
18 Mei 2025, 10:00 WIB
BYD Seal bekas kini sudah tersedia di pasaran dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan unit baru
18 Mei 2025, 07:06 WIB
Mitsubishi Xpander bekas lansiran 2022 bisa menjadi pilihan menarik untuk masyarakat karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 14:58 WIB
Touring perayaan satu dekade Nmax dan JMC diinisiasi Yamaha, libatkan berbagai generasi motor Nmax dan Xmax
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan