Hyundai Produksi 120.000 Sel Baterai Per Hari, Sasar Pasar Ekspor
14 Mei 2025, 22:30 WIB
PT HMID membuka peluang besar buat menjual mobil listrik Hyundai Ioniq 5 N buat pasar Indonesia kedepannya
Oleh Satrio Adhy
TRENOTO – Setelah diperkenalkan pada ajang Goodwood Festival of Speed, Hyundai Ioniq 5 N akhirnya mulai dijual buat pasar Australia beberapa waktu lalu.
Kendaraan roda empat setrum dari jenama asal Korea Selatan itu dipasarkan hampir menyentuh angka Rp1.1 miliar di sana.
Hal itu membuat sebagian pecinta otomotif menantikan mobil listrik Hyundai satu ini bisa mengaspal di Indonesia. Mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menggencarkan adopsi kendaraan elektrik.
Berangkat dari hal tersebut Astrid A. Wijana selaku Head of Marketing PT HMID (Hyundai Motors Indonesia) membuka peluang Hyundai Ioniq 5 N dipasarkan di Tanah Air.
“Kalau memang marketnya di Indonesia antusias, kita akan pikirkan Hyundai Ioniq 5 buat di sini,” ungkap Astrid di Kawasan SCBD, Jakarta beberapa waktu lalu.
Kendati demikian, pihaknya masih melihat dinamika di sini. Sebab mereka harus menyiapkan berbagai hal sebelum mobilnya dijual di Indonesia.
“Jadi sebelum membawa suatu produk (ke Indonesia), kita akan lihat dan memastikan bahwa semua yang harus disiapkan sudah oke,” tegasnya.
Sebagai informasi mobil ini masih menggunakan platform sama seperti Ioniq 5 orisinal yakni e-GMP (electronic-global module platform).
Kemudian Ioniq 5 N ditunjang baterai 82 kWh dan motor listrik baru ditempatkan di depan maupun belakang.
Selanjutnya motor listrik mobil tersebut menyalurkan tenaga 222 hp untuk bagian depan serta 378 di belakang. Keduanya dapat menghasilkan tenaga puncak 601 hp sampai tertingginya 641 hp jika memakai mode Boost.
Konfigurasinya membuat Hyundai Ioniq 5 N bisa berakselerasi cepat dari 0 ke 100 km/jam yakni hanya dalam waktu 3.4 detik
Bahkan dapat terus naik sampai menyentuh kecepatan maksimal 260 km/jam. Membuatnya menarik perhatian para pecinta otomotif.
Agar menambah sensasi berkendara layaknya mobil lini N mesin bensin dari Hyundai ada sistem-sistem disematkan sebagai simulasi transmisi dual-clutch delapan percepatan, mengatur output torsi dan meniru sensasi pergantian gigi.
Active Sound+ menjadi fitur pelengkap lainnya menggunakan delapan speaker internal serta dua eksternal mengeluarkan suara Ignition layaknya mobil Hyundai N 2.0 liter turbo-four, Evolution yang mirip RN22e juga Supersonic menyerupai mesin jet twin-engine.
Sementara dari segi dimensi Ioniq 5 N sedikit lebih besar. Panjangnya mencapai 20 mm, diperlebar 50 mm dan ada tambahan tinggi 80 mm.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
14 Mei 2025, 22:30 WIB
11 Mei 2025, 08:00 WIB
09 Mei 2025, 22:30 WIB
09 Mei 2025, 19:29 WIB
09 Mei 2025, 16:00 WIB
Terkini
15 Mei 2025, 12:00 WIB
Pelumas anyar Motul 300V membuktikan kualitas performa maksimal motor melalui sesi pengujian Dyno Test
15 Mei 2025, 11:00 WIB
Jumlah produksi mobil April 2025 mengalami penurunan tajam hingga Mitsubishi berhasil raih posisi kedua
15 Mei 2025, 09:00 WIB
Meski tak mengekspor kendaraan ke AS, Toyota sebut tarif impor AS-Cina tetap berdampak ke industri otomotif RI
15 Mei 2025, 08:00 WIB
Daihatsu Sigra masih mendominasi lima mobil LCGC paling laris sepanjang April 2025, bahkan unggul dari Brio
15 Mei 2025, 07:00 WIB
Persyaratan pembuatan dan perpanjangan SIM di Mei 2025 masih cukup ketat sehingga pemohon harus hati-hati
15 Mei 2025, 06:00 WIB
SIM Keliling Bandung hadir hari ini dari dua tempat berbeda, agar lebih mudah ditemukan para pengendara
15 Mei 2025, 06:00 WIB
Masih berlaku dispensasi dengan syarat, manfaatkan fasilitas SIM keliling Jakarta yang tersebar di lima lokasi
15 Mei 2025, 06:00 WIB
Pemerintah DKI menggelar rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap Jakarta untuk mengatasi kemacetan lalu linta