MG 4 EV Resmi Diperkenalkan, Tampilannya Lebih Ramah
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Ban khusus mobil listrik diklaim lebih awet daripada model lain untuk kendaraan konvensional atau mesin bakar
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Di era elektrifikasi mobil listrik sudah bukan jadi hal asing lagi buat masyarakat. Tidak memerlukan bensin, kemudian ada perbedaan signifikan lain yakni jenis ban digunakan.
Untuk diketahui mobil listrik dikenal memiliki torsi lebih kuat dibandingkan kendaraan konvensional. Sehingga perlu penggunaan ban tepat untuk mengakomodir hal tersebut.
Maka bagi pemilik EV (Electric Vehicle) tidak bisa sembarangan pasang ban. Karena ban tidak tepat bisa mempengaruhi banyak hal mulai dari keawetan ban sampai performa mobil itu sendiri.
Iman Santoso, President Director Goodyear memaparkan ada alasan mengapa ban khusus mobil listrik diperlukan. Teknologi pada ban EV berbeda dari versi reguler yang dipakai di kendaraan bermesin bensin.
“Dari segi teknologi berbeda. Tadi saya sebutkan sekarang mobil listrik sendiri sudah berbeda, mereka tidak ada suara keluar jadi ban harus bisa mengimbangi benar-benar senyap,” ucap Iman menjawab pertanyaan KatadataOTO di Jakarta Pusat, Selasa (19/12).
Lebih lanjut ia menjelaskan torsi kendaraan listrik lebih kuat, berpotensi membuat ban tidak awet dan daya cengkeram cepat hilang. Ban khusus EV sudah dioptimasi buat mengakomodir hal-hal tersebut.
“Generasi awal (pengguna) mobil listrik sering banyak komplain dari konsumen bahwa ban cepat habis padahal belum apa-apa. Mungkin waktu itu belum dipasang ban mobil listrik sehingga berbeda,” ucap dia.
Kemudian pemakaian ban mobil konvensional buat EV juga berpotensi menghabiskan jarak tempuh secara tidak normal.
Menurut Iman ketika memakai mobil listrk konsumsi energi dan sisa daya jelajah jadi satu hal jadi perhatian konsumen. Pemakaian ban tidak sesuai bisa membuat hambatan lebih besar dan boros energi.
“Kalau memakai ban reguler dia semakin cepat habis karena rolling resistance atau daya gelinding berat sekali,” tegas dia.
Sekadar informasi Goodyear sendiri juga memiliki lini produk ban kendaraan listrik disebut sebagai seri Goodyear Electric Drive. Tersedia juga pattern ban konvensional tertentu yang dapat digunakan buat EV.
“Sudah tersedia (ban EV Goodyear) memang belum banyak. Karena pasar mobil listrik di Indonesia baru tumbuh tapi kita sudah menyediakan,” ungkap Iman.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
03 Juli 2025, 21:00 WIB
03 Juli 2025, 20:00 WIB
03 Juli 2025, 09:00 WIB
02 Juli 2025, 22:00 WIB
02 Juli 2025, 14:00 WIB
Terkini
03 Juli 2025, 22:00 WIB
Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya
03 Juli 2025, 20:00 WIB
Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD
03 Juli 2025, 19:00 WIB
Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang
03 Juli 2025, 18:00 WIB
Penjualan BYD Group di Juni 2025 berhasil lampaui wholesales mobil Indonesia periode Januari sampai Mei 2025
03 Juli 2025, 17:00 WIB
Peneliti ungkap masih ada produsen EV roda dua yang enggan menguji keamanan baterai dengan alasan biaya mahal
03 Juli 2025, 16:00 WIB
Kemenko Infra mengaku tengah menyiapkan aturan tarif atas dan bawah sopir logistik demi berantas truk ODOL
03 Juli 2025, 15:00 WIB
BYD Sealion 05 EV terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan berpeluang hadir di GIIAS 2025