Demi Hadapi Euro4, Hino Gelar Road Test Ribuan Kilometer

Hino lakukan pengujian langsung kendaraannya untuk menghadapi aturan Euro4 yang akan berlaku awal tahun depan

Demi Hadapi Euro4, Hino Gelar Road Test Ribuan Kilometer

TRENOTO – Menjelang penerapan Euro4 di awal 2022, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) melakukan pengujian mesin di jalan tol Trans Jawa. Pengujian tersebut dilakukan dengan menggunakan bus R260 dan RN 285 yang telah dilengkapi Monitoring Graphtec Digital Logger untuk memantau kecepatan bus, putaran mesin, temperature dan konsumsi bahan bakar.

Aturan Euro4 yang akan diterapkan Pemerintah awal tahun depan memang sangat berdampak pada produsen kendaraan komersial. Pasalnya mereka harus memastikan bahwa kendaraan yang mereka buat sudah memenuhi regulasi namun perfoma tidak menurun.

Untuk itu, HMSI pun melakukan beberapa pengembangan terhadap kendaraannya. Salah satunya adalah menyematkan teknologi commonrail yang menjadi komponen utama untuk menjawab kebutuhan tersebut. Tak hanya itu, HMSI juga mengembangkan mesin yang memiliki kapasitas oli lebih kecil sehingga operasional kendaraan bisa lebih terjaga.

Namun itu semua tidak bisa dibuktikan hanya dengan menggunakan hasil penelitian. HMSI harus memperlihatkan secara langsung bahwa kendaraannya memang mampu menjawab segala kebutuhan melalui road test Jakarta-Surabaya.

“Saat road test, kita telah memasang beragaam perangkat sensor untuk melihat oli mesin, sistem pendinginan dan sebagainya. Hal ini untuk memastikan bahwa mesin tidak mengalami overheat,” ungkap Santiko Wardoyo, COO Director HMSI.

Bahkan dari hasil pengujian tersebut, temperature oli mesin hanya mencapai 87 derajat celcisus. Hasil tersebut jauh lebih rendah dari titik didih tertinggi yang bisa diterima mesin yaitu mencapai 230 derajat celcius.

Hino Genuine Oil  Meluncur

Photo : Trenoto

Tak hanya itu, HMSI juga meluncurkan pelumas khusus untuk bus jarak jauh yang diberi nama Hino Genuine Oil (HGO). Pelumas ini sudah diracik sedemikian rupa untuk membuat suhu mesin tetap terjaga sehingga kerusakan mesin bisa dihindari dengan baik.

Sedikitnya ada 9 komponen aditif di HGO yang disematkan untuk memastikan pelumasan dapat bekerja maksinal. Mulai dari friction modifier, Oiliness agent, anti wear, anti corrosion, anti-oxidant detergents & dispersants Viscosity index improver antifoaming agents dan pour point depressant.

Masing-masing komponen sudah dihitung sedemikian rupa agar bisa menghasilkan kinerja terbaik untuk mesin.

 


Terkini

news
Ganjil genap Jakarta

Ganjil Genap Jakarta 2 Mei 2024, Waspada Bila Ingin ke PEVS

Calon pengunjung PEVS 2024 harus mewaspadai ganjil genap Jakarta agar terhidar dari risiko sanksi tilang

motor
Rakata lakukan pengembangan

Rakata Lakukan Pengembangan Produk di PEVS 2024

Rakata lakukan pengembangan produk di PEVS 2024 dengan mengganti baterainya agar jarak tempuh bertambah

news
Voltron dan Living World Alam Sutera

Voltron dan Living World Alam Sutera Kolaborasi Bangun SPKLU

Dukung ekosistem mobil listrik, Voltron dan Living World Alam Sutera dirikan SPKLU di pusat perbelanjaan

motor
Cara Test Ride Motor Listrik di PEVS 2024, Ada Honda EM1 e:

Test Ride Motor Listrik di PEVS 2024, Ada Honda EM1 e:

Simak cara maupun syarat Test Ride motor listrik di PEVS 2024, salah satunya adalah wajib membawa SIM

motor
4 Motor Listrik MAB Mejeng di PEVS 2024

Motor Listrik MAB di PEVS 2024 Bakal Dijual Rp 20 Jutaan

Salah satu motor listrik MAB diperkenalkan sebagai prototipe dan akan berbanderol di bawah Rp 20 jutaan

motor
ZPT Nimbuzz

ZPT Nimbuzz Hadir di PEVS 2024, Cuma Rp 2 Jutaan

ZPT Nimbuzz hadir di PEVS 2024 dan dijual dengan harga Rp 2 jutaan hingga menjadi sepeda motor termurah

mobil
MG Maxus 9

MG Maxus 9 Masih Dipamerkan di PEVS 2024

MG Maxus 9 hadir di PEVS 2024 sebagai unit yang hanya dipamerkan saja alias belum dijual resmi di Indonesia

news
FIF dapat pinjaman

FIF Dapat Pinjaman 60 Juta Dolar, Bisnis Bisa Semakin Luas

FIF dapat pinjaman sebesar 60 juta dolar untuk memperluas bisnis berkelanjutan agar kuat di masa depan