Segini Kisaran Harga Mobil Hybrid Murah dari Daihatsu
21 Mei 2025, 18:00 WIB
Daihatsu berhasil mempertahankan gelar pabrikan mobil terlaris kedua di Indonesia untuk ke-13 kalinya sejak 2009
Oleh Adi Hidayat
TRENOTO – Daihatsu jadi pabrikan mobil terlaris kedua di Indonesia untuk yang ke 13 kalinya berturut-turut. Capaian ini tentunya merupakan hasil positif mengingat persaingan otomotif di Tanah Air cukup ketat dengan semakin agresifnya kompetitor dalam meluncurkan beragam produk baru.
Tak hanya itu, tantangan di 2021 juga semakin berat dengan adanya gelombang kedia pandemi Covid-19. Akibatnya, penjualan mobil di pertengahan tahun pun kembali mengalami penurunan setelah sebelumnya sempat merangkak naik.
Namun berkat adanya program PPnBM DTP 100 persen, penjualan mobil serta industri otomotif secara umum berhasil bertahan dan bahkan mengalami peningkatan. Program ini dilakukan sejak Maret hingga Desember 2021 memang sejatinya bertujuan untuk membantu pemulihan industri otomotif Indonesia.
Daihatsu adalah salah satu pabrikan yang merasakan dampak positif dari program tersebut. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan berhasil menjual sedikitnya 151.107 unit dengan market share sebesar 17.5 persen dari total penjualan mobil di Indonesia.
Hasil tersebut naik 51.1 persen dibandingkan tahun 2020 yang hanya mencapai 100 ribu unit. Tak hanya itu, Daihatsu juga meluncurkan beberapa mobil baru seperti Rocky, Terios Eco Idle juga Xenia yang semuanya telah masuk dalam program PPnBM DTP.
Menariknya lagi, selama tahun 2021 terdapat 10 model mobil penumpang paling laris di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 5 di antaranya merupakan hasil produksi ADM (PT Astra Daihatsu Motor), seperti Avanza, Rush dan Calya untuk brand Toyota serta Sigra juga Ayla bagi brand Daihatsu.
Sementara itu, Gran Max Pick Up berhasil menjadi model Daihatsu yang paling diminati sepanjang 2021. Mobil ini terjual sedikitnya 39.000 unit, sedikit lebih besar ketimbang Sigra di posisi kedua dan Ayla di peringkat ketiga dengan perolehan 20.800 unit.
“Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan peringkat 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 13 tahun berturut-turut. Semoga capaian positif ini dapat terus berlangsung serta pasar otomotif nasional tahun 2022 dapat terus bergairah,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
21 Mei 2025, 18:00 WIB
21 Mei 2025, 16:52 WIB
21 Mei 2025, 07:00 WIB
20 Mei 2025, 22:23 WIB
20 Mei 2025, 14:00 WIB
Terkini
24 Mei 2025, 13:00 WIB
Francesco Bagnaia mengaku bakal tampil maksimal dalam menjalankan MotoGP Inggris 2025 di Sirkuit Silverstone
24 Mei 2025, 11:00 WIB
Car Free Day di jalan Sudirman Thamrin pada hari Minggu (25/05) ditiadakan karena akan dilalui Perdana Menteri Cina
24 Mei 2025, 09:00 WIB
Mobil hybrid Denza N9 didaftarkan di Indonesia, SUV premium berkonfigurasi 6-seater dari sub merek premium BYD
24 Mei 2025, 07:09 WIB
Shell baru saja mengumumkan penjualan seluruh SPBU yang ada di Indonesia, namun mereka tetap meniagakan BBM
23 Mei 2025, 23:00 WIB
Aprilia memberi teguran keras kepada Jorge Martin usai isu sang pembalap ingin angkat koper dalam waktu dekat
23 Mei 2025, 22:30 WIB
Honda percaya diri SUV hybrid teranyar mereka bisa diminati di tengah gempuran model serupa dari Tiongkok
23 Mei 2025, 22:00 WIB
Investasi di sektor kendaraan listrik diharapkan bisa stabil di tengah beragam dinamika dengan kehadiran Danatara
23 Mei 2025, 21:00 WIB
Dari sekitar 50 merek EV di Cina, hanya tiga di antaranya berhasil raup keuntungan di tengah perang harga