Daihatsu Jadi Pabrikan Mobil Terlaris Kedua di Indonesia 2021

Daihatsu berhasil mempertahankan gelar pabrikan mobil terlaris kedua di Indonesia untuk ke-13 kalinya sejak 2009

Daihatsu Jadi Pabrikan Mobil Terlaris Kedua di Indonesia 2021

TRENOTO – Daihatsu jadi pabrikan mobil terlaris kedua di Indonesia untuk yang ke 13 kalinya berturut-turut. Capaian ini tentunya merupakan hasil positif mengingat persaingan otomotif di Tanah Air cukup ketat dengan semakin agresifnya kompetitor dalam meluncurkan beragam produk baru.

Tak hanya itu, tantangan di 2021 juga semakin berat dengan adanya gelombang kedia pandemi Covid-19. Akibatnya, penjualan mobil di pertengahan tahun pun kembali mengalami penurunan setelah sebelumnya sempat merangkak naik.

Namun berkat adanya program PPnBM DTP 100 persen, penjualan mobil serta industri otomotif secara umum berhasil bertahan dan bahkan mengalami peningkatan. Program ini dilakukan sejak Maret hingga Desember 2021 memang sejatinya bertujuan untuk membantu pemulihan industri otomotif Indonesia.

Photo : Trenoto

Daihatsu adalah salah satu pabrikan yang merasakan dampak positif dari program tersebut. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan berhasil menjual sedikitnya 151.107 unit dengan market share sebesar 17.5 persen dari total penjualan mobil di Indonesia.

Hasil tersebut naik 51.1 persen dibandingkan tahun 2020 yang hanya mencapai 100 ribu unit. Tak hanya itu, Daihatsu juga meluncurkan beberapa mobil baru seperti Rocky, Terios Eco Idle juga Xenia yang semuanya telah masuk dalam program PPnBM DTP.

Menariknya lagi, selama tahun 2021 terdapat 10 model mobil penumpang paling laris di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 5 di antaranya merupakan hasil produksi ADM (PT Astra Daihatsu Motor), seperti Avanza, Rush dan Calya untuk brand Toyota serta Sigra juga Ayla bagi brand Daihatsu.

Photo : PT Astra Daihatsu Motor

Sementara itu, Gran Max Pick Up berhasil menjadi model Daihatsu yang paling diminati sepanjang 2021. Mobil ini terjual sedikitnya 39.000 unit, sedikit lebih besar ketimbang Sigra di posisi kedua dan Ayla di peringkat ketiga dengan perolehan 20.800 unit.

“Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan peringkat 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 13 tahun berturut-turut. Semoga capaian positif ini dapat terus berlangsung serta pasar otomotif nasional tahun 2022 dapat terus bergairah,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).


Terkini

motor
Fenomena Rojali dan Rohana Hantui IMOS 2025

Fenomena Rojali dan Rohana Hantui IMOS 2025

IMOS 2025 akan menyuguhkan berbagai program pembelian menarik guna meminimalisir fenomena rojali dan rohana

motor
BWM R 18 Transcontinental

Ini Tampilan BMW R 18 Edisi Paus Leo XIV yang Bakal Dilelang

BMW R 18 Transcontinental yang langka dan unik ini telah dibubuhkan tanda tangan Paus Leo XIV untuk dilelang

otosport
Marc Marquez Siap Raih Kemenangan di Rumah Valentino Rossi

Marc Marquez Siap Raih Kemenangan di Rumah Valentino Rossi

Sirkuit Misano jadi tempat yang cukup dinanti Marc Marquez, disebut sesuai dengan karakter balapannya

mobil
Indomobil Ambil Alih Pabrik Nissan, Bakal Dihidupkan Lagi

Pabrik Nissan Alih Fungsi, Kini Rakit Brand Lain

Dua pabrik Nissan di Indonesia diambil alih oleh Indomobil, dipersiapkan untuk mulai produksi mobil lagi

news
Ban pecah

Jasa Marga Beberkan Penyebab Ban Bocor Massal di Tol Cipularang

Terjadi insiden ban bocor massal di tol Cipularang hingga Jasa Marga harus melakukan pemeriksaan di lokasi

motor
Di Balik Kehati-hatian Merek Jepang Jual Motor Listrik di Indonesia

Di Balik Was-wasnya Merek Jepang Jual Motor Listrik di Indonesia

Merek Jepang enggan gempur pasar motor listrik Indonesia layaknya manufaktur Tiongkok karena beberapa alasan

news
Kata BP AKR Ketika Bahlil Instruksikan Beli BBM di Pertamina

Kata BP AKR Ketika Bahlil Instruksikan Beli BBM di Pertamina

BP AKR jadi salah satu SPBU swasta yang sempat mengalami kelangkaan BBM, ESDM arahkan pembelian ke Pertamina

mobil
Tanggapan Chery Soal Penjualan Mobil Baru yang Turun di Agustus

Tanggapan Chery Soal Penjualan Mobil Baru yang Turun Terus

Menurut data Gaikindo, penjualan mobil baru Chery di Agustus 2025 turun 12,9 persen dari satu bulan sebelumnya