Penjualan Suzuki Fronx Tembus 1.000 Unit di Juli 2025
19 Agustus 2025, 13:00 WIB
Suzuki mau menjaga kepercayaan konsumen dengan membuat produk berkualitas di tengah perang harga mobil Cina
Oleh Satrio Adhy
KatadataOTO – Berbagai strategi dilakukan para pabrikan untuk menggaet konsumen. Salah satunya adalah menurunkan harga jual kendaraan.
Praktik satu ini biasa dilakukan oleh manufaktur asal Cina. Mereka membanderol produknya serendah mungkin.
Dengan begitu diharapkan masyarakat tertarik buat membeli kendaraan roda empat asal Tiongkok tersebut.
Di sisi lain pabrikan Jepang justru tidak tertarik ikut ke dalam pusaran perang harga mobil yang ada di Tanah Air.
“Jadi sampai saat ini kami tidak berniat memangkas harga dari model-model kita. Kalau program penjualan mungkin ada, tetapi memangkas harga tidak,” ungkap Donny Saputra, Deputy Managing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.
Donny menuturkan bahwa kalau Suzuki sudah puluhan tahun meniagakan mobil buat para konsumen di Indonesia. Sehingga dia percaya perang harga bukan jalan satu-satunya.
Apalagi pabrikan berlogo S tersebut sudah melakukan investasi besar-besaran di dalam negeri. Jadi mereka ingin terus menjaga kepercayaan konsumen.
Menurut Donny kepercayaan konsumen jauh lebih penting daripada Suzuki ikut perang harga demi kepentingan sesaat.
“Kami berupaya tidak hanya menyediakan produk yang mempunyai value, dalam arti harga dan benefit yang diterima konsumen,” lanjut Donny.
Ia lantas mengungkapkan bahwa Suzuki selalu menekankan bagaimana mereka menghadirkan mobil-mobil berkualitas.
Lalu membuat kendaraan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Sehingga bisa dipercaya oleh konsumen setia.
“Nah dengan sisi itu, kita tentu mempertimbangkan hal-hal yang mungkin bisa mengurangi biaya pada konsumen. Akan tetapi tidak mengurangi kepercayaan mereka,” tegas Donny.
Ke depan Suzuki bertekad bakal terus melakukan beragam inovasi pada mobil-mobil baru mereka yang akan diluncurkan.
Melalui langkah tersebut diharapkan kendaraan roda empat Suzuki bisa diandalkan masyarakat buat berbagai kegiatan.
“Dengan model-model yang kami deliver serta memiliki nilai yang tinggi tentu diharapkan kita dapat merebut hati konsumen di Indonesia,” pungkas dia.
Sekadar mengingatkan beberapa pabrikan mobil Cina membanting harga. Mulai dari Chery, MG sampai BAIC.
Pemangkasan banderol yang dilakukan oleh ketiga produsen tersebut gila-gilaan. Bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta.
Membuat persaingan di industri kendaraan roda empat terutama mobil listrik maupun hybrid sudah tidak sehat lagi.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
19 Agustus 2025, 13:00 WIB
16 Agustus 2025, 15:00 WIB
14 Agustus 2025, 11:00 WIB
14 Agustus 2025, 08:00 WIB
13 Agustus 2025, 20:00 WIB
Terkini
20 Agustus 2025, 11:00 WIB
Meskipun kendaraan niaga komersial belum masif di Indonesia, JAC Motors percaya diri bisa diminati konsumen
20 Agustus 2025, 10:00 WIB
Salah satu yang harus diperhatikan sebelum membeli helm arai bekas atau merek premium adalah tahun produksi
20 Agustus 2025, 09:00 WIB
Mobil Lubricants kembali menggelar program berhadiah dengan pengalaman dan kesempatan yang semakin besar
20 Agustus 2025, 08:00 WIB
Polytron tak mau menunggu pemerintah dengan memberikan insentif mandiri buat motor listrik yang mereka jual
20 Agustus 2025, 07:00 WIB
Mahkamah Agung kini punya pelat khusus untuk seluruh kendaraan dinas yang mulai berlaku pada 19 Agustus 2025
20 Agustus 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta kembali diterapkan dan dipastikan berdampak pada puluhan jalan di kawasan Ibu Kota
20 Agustus 2025, 06:00 WIB
Masyarakat di Kota Kembang dapat memanfaatkan kehadiran SIM keliling Bandung hari ini yang ada di dua tempat
20 Agustus 2025, 06:00 WIB
Perpanjangan SIM A dan C bisa dilakukan dengan mudah di fasilitas SIM keliling Jakarta, cek lokasinya