Peluang Daihatsu Move Dijual di Indonesia, Sudah Terdaftar
02 Juli 2025, 09:00 WIB
Fasilitas pabrik Daihatsu di Karawang memiliki kapasitas produksi 200 ribu per tahun dibantu robotisasi
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Fasilitas produksi PT ADM (Astra Daihatsu Motor) merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia, menjadi basis produksi mobil dan komponen untuk merek Toyota dan Daihatsu di luar Jepang.
Hingga sekarang, pabrik Daihatsu mampu mencetak lebih dari delapan juta unit kendaraan buat pasar domestik maupun unit ekspor ke negara lain.
Saat ini ada dua fasilitas milik Daihatsu berlokasi di Sunter dan Karawang. Pabrik di Karawang merupakan yang terkini, beroperasi sejak 2012 dan memiliki kapasitas sampai 200 ribu unit per tahun.
Guna membuat proses produksi semakin efisien dan efektif, PT ADM telah mulai menggunakan robot di beberapa tahapan produksi. Durasi pengerjaan satu unit mobil, sekitar 14 jam sehingga ada satu mobil dirampungkan di pabrik setiap menitnya.
Kiat PT ADM adalah Mix Line, di mana perakitan dilakukan untuk berbagai lini model dengan spesifikasi berbeda dalam waktu bersamaan.
“Kita bikin mobil ada yang spesifikasinya tinggi dan rendah. Sehingga kita Mix Line,” kata Kurniawan Rahardono, Executive Karawang Assembly Plant saat ditemui di Karawang beberapa waktu lalu.
Untuk menunjang hal tersebut ia menjelaskan PT ADM akan terus meningkatkan Automation Ratio atau penggunaan bantuan robot dalam tahapan perakitan kendaraan.
“Secara berkala kita kembangkan. Misalnya implementasi Inspeksi tinggal pasang kamera,” ucap pria yang akrab disapa Doni itu.
Jika dibandingkan, satu robot digunakan di pabrik menurut dia setara dengan dua orang pekerja. Namun Doni menegaskan, penambahan robot bukan semata-mata buat Cost Reduction tetapi meningkatkan kualitas mobil.
Sebagai informasi pabrik Daihatsu di Karawang menggunakan robotisasi dengan konsep SSC (Simple, Slim & Compact). Kemudian mendukung netralitas karbon, fasilitas dilengkapi panel surya untuk bantu kurangi emisi.
Mobil melalui sejumlah tahapan mulai dari Press Shop, Engine Shop sampai Assembly Shop sebelum kemudian melalui pengetesan sebelum diantar ke diler.
Misalnya Drum Test atau uji pengereman, sampai Water Leaking Test guna melihat apakah bodi mobil mengalami kebocoran atau tidak.
Pabrik tersebut juga melakukan produksi untuk sejumlah model setir kiri dan unit ekspor ke sejumlah negara seperti Filipina, Meksiko sampai Arab Saudi.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
02 Juli 2025, 09:00 WIB
29 Juni 2025, 08:00 WIB
26 Juni 2025, 13:00 WIB
22 Juni 2025, 21:00 WIB
17 Juni 2025, 18:00 WIB
Terkini
04 Juli 2025, 07:00 WIB
Aismoli berharap rencana pemberian subsidi motor listrik pada bulan depan bukan sekadar harapan palsu
04 Juli 2025, 06:00 WIB
Mendekati akhir pekan, SIM keliling Jakarta masih beroperasi sebagai fasilitas alternatif perpanjangan SIM
04 Juli 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 4 Juli 2025 kembali diterapkan guna menghindari terjadinya kemacetan khususnya di jam sibuk
04 Juli 2025, 06:00 WIB
Salah satu lokasi SIM keliling Bandung yang tersedia jelang akhir pekan ada di Dago Plaza, JL. IR. Juanda
03 Juli 2025, 22:00 WIB
Aprilia tengah menyiapkan rencana cadangan dengan mendekati Bastianini buat mengantisipasi kepergian Martin
03 Juli 2025, 21:00 WIB
Desain baru MG 4 EV resmi diperkenalkan di Cina dengan tampilan yang lebih ramah dibanding sebelumnya
03 Juli 2025, 20:00 WIB
Pengamat sorot sejumlah hal yang harus dilakukan produsen Jepang bertahan di tengah gempuran mobil BYD
03 Juli 2025, 19:00 WIB
Menurut Jaecoo dengan bergabung bersama Chery mereka tidak gentar buat bersaing dengan pabrikan Jepang