Prabowo Tidak Terima RI Dinilai Belum Bisa Produksi Kendaraan
09 November 2024, 17:00 WIB
Fasilitas pabrik Daihatsu di Karawang memiliki kapasitas produksi 200 ribu per tahun dibantu robotisasi
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Fasilitas produksi PT ADM (Astra Daihatsu Motor) merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia, menjadi basis produksi mobil dan komponen untuk merek Toyota dan Daihatsu di luar Jepang.
Hingga sekarang, pabrik Daihatsu mampu mencetak lebih dari delapan juta unit kendaraan buat pasar domestik maupun unit ekspor ke negara lain.
Saat ini ada dua fasilitas milik Daihatsu berlokasi di Sunter dan Karawang. Pabrik di Karawang merupakan yang terkini, beroperasi sejak 2012 dan memiliki kapasitas sampai 200 ribu unit per tahun.
Guna membuat proses produksi semakin efisien dan efektif, PT ADM telah mulai menggunakan robot di beberapa tahapan produksi. Durasi pengerjaan satu unit mobil, sekitar 14 jam sehingga ada satu mobil dirampungkan di pabrik setiap menitnya.
Kiat PT ADM adalah Mix Line, di mana perakitan dilakukan untuk berbagai lini model dengan spesifikasi berbeda dalam waktu bersamaan.
“Kita bikin mobil ada yang spesifikasinya tinggi dan rendah. Sehingga kita Mix Line,” kata Kurniawan Rahardono, Executive Karawang Assembly Plant saat ditemui di Karawang beberapa waktu lalu.
Untuk menunjang hal tersebut ia menjelaskan PT ADM akan terus meningkatkan Automation Ratio atau penggunaan bantuan robot dalam tahapan perakitan kendaraan.
“Secara berkala kita kembangkan. Misalnya implementasi Inspeksi tinggal pasang kamera,” ucap pria yang akrab disapa Doni itu.
Jika dibandingkan, satu robot digunakan di pabrik menurut dia setara dengan dua orang pekerja. Namun Doni menegaskan, penambahan robot bukan semata-mata buat Cost Reduction tetapi meningkatkan kualitas mobil.
Sebagai informasi pabrik Daihatsu di Karawang menggunakan robotisasi dengan konsep SSC (Simple, Slim & Compact). Kemudian mendukung netralitas karbon, fasilitas dilengkapi panel surya untuk bantu kurangi emisi.
Mobil melalui sejumlah tahapan mulai dari Press Shop, Engine Shop sampai Assembly Shop sebelum kemudian melalui pengetesan sebelum diantar ke diler.
Misalnya Drum Test atau uji pengereman, sampai Water Leaking Test guna melihat apakah bodi mobil mengalami kebocoran atau tidak.
Pabrik tersebut juga melakukan produksi untuk sejumlah model setir kiri dan unit ekspor ke sejumlah negara seperti Filipina, Meksiko sampai Arab Saudi.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
09 November 2024, 17:00 WIB
09 November 2024, 08:00 WIB
05 November 2024, 18:00 WIB
05 November 2024, 08:00 WIB
01 November 2024, 13:13 WIB
Terkini
09 November 2024, 19:00 WIB
Pindad mulai mempersiapkan produksi massal Maung secara lengkap di Tanah Air untuk dukung Industri Tanah Air
09 November 2024, 17:00 WIB
Presiden Prabowo Sibianto tak terima Indonesia dinilai belum bisa memproduksi mobil dan motor di dalam negeri
09 November 2024, 16:00 WIB
Para menteri kompak siap pakai Maung demi mendukung produk lokal Tanah Air yang tengaj digalakkan Presiden
09 November 2024, 12:00 WIB
Turut meramaikan pameran internasional EICMA 2024 di Italia, ini tampilan dua motor listrik konsep Honda
09 November 2024, 11:00 WIB
Mitsubishi Fuso gelar kegiatan buat anak-anak di Trans Studio Cibubur sebagai bagian dari tanggung jawab masyarakat
09 November 2024, 11:00 WIB
Aion memilih untuk tidak menaikan harga Hyptec HT agar konsumen di Indonesia tidak bingung serta kecewa
09 November 2024, 08:00 WIB
Daihatsu Terios bekas merupakan salah satu pilihan menarik bagi konsumen yang membutuhkan SUV tangguh
09 November 2024, 07:00 WIB
Aion menyebutkan kalau SPK Hyptec HT sudah lebih dari 1.000 unit sejak diluncurkan beberapa waktu lalu