Toyota Indonesia Gelar Pendampingan TEY di Sumatera Barat
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Fasilitas pabrik Daihatsu di Karawang memiliki kapasitas produksi 200 ribu per tahun dibantu robotisasi
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Fasilitas produksi PT ADM (Astra Daihatsu Motor) merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia, menjadi basis produksi mobil dan komponen untuk merek Toyota dan Daihatsu di luar Jepang.
Hingga sekarang, pabrik Daihatsu mampu mencetak lebih dari delapan juta unit kendaraan buat pasar domestik maupun unit ekspor ke negara lain.
Saat ini ada dua fasilitas milik Daihatsu berlokasi di Sunter dan Karawang. Pabrik di Karawang merupakan yang terkini, beroperasi sejak 2012 dan memiliki kapasitas sampai 200 ribu unit per tahun.
Guna membuat proses produksi semakin efisien dan efektif, PT ADM telah mulai menggunakan robot di beberapa tahapan produksi. Durasi pengerjaan satu unit mobil, sekitar 14 jam sehingga ada satu mobil dirampungkan di pabrik setiap menitnya.
Kiat PT ADM adalah Mix Line, di mana perakitan dilakukan untuk berbagai lini model dengan spesifikasi berbeda dalam waktu bersamaan.
“Kita bikin mobil ada yang spesifikasinya tinggi dan rendah. Sehingga kita Mix Line,” kata Kurniawan Rahardono, Executive Karawang Assembly Plant saat ditemui di Karawang beberapa waktu lalu.
Untuk menunjang hal tersebut ia menjelaskan PT ADM akan terus meningkatkan Automation Ratio atau penggunaan bantuan robot dalam tahapan perakitan kendaraan.
“Secara berkala kita kembangkan. Misalnya implementasi Inspeksi tinggal pasang kamera,” ucap pria yang akrab disapa Doni itu.
Jika dibandingkan, satu robot digunakan di pabrik menurut dia setara dengan dua orang pekerja. Namun Doni menegaskan, penambahan robot bukan semata-mata buat Cost Reduction tetapi meningkatkan kualitas mobil.
Sebagai informasi pabrik Daihatsu di Karawang menggunakan robotisasi dengan konsep SSC (Simple, Slim & Compact). Kemudian mendukung netralitas karbon, fasilitas dilengkapi panel surya untuk bantu kurangi emisi.
Mobil melalui sejumlah tahapan mulai dari Press Shop, Engine Shop sampai Assembly Shop sebelum kemudian melalui pengetesan sebelum diantar ke diler.
Misalnya Drum Test atau uji pengereman, sampai Water Leaking Test guna melihat apakah bodi mobil mengalami kebocoran atau tidak.
Pabrik tersebut juga melakukan produksi untuk sejumlah model setir kiri dan unit ekspor ke sejumlah negara seperti Filipina, Meksiko sampai Arab Saudi.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
16 Mei 2025, 21:00 WIB
16 Mei 2025, 18:00 WIB
16 Mei 2025, 17:37 WIB
15 Mei 2025, 17:00 WIB
15 Mei 2025, 14:00 WIB
Terkini
17 Mei 2025, 14:58 WIB
Touring perayaan satu dekade Nmax dan JMC diinisiasi Yamaha, libatkan berbagai generasi motor Nmax dan Xmax
17 Mei 2025, 13:00 WIB
Damri siapkan 200 bus listrik baru sebagai armada TransJakarta yang jadi andalan mobilitas warga Ibu Kota
17 Mei 2025, 11:00 WIB
Kehadiran Chery Tiggo 8 CSH mencuri perhatian penggemar otomotif di Indonesia karena harganya terjangkau
17 Mei 2025, 09:00 WIB
Bakal fokus mempersiapkan kehadiran DST Concept, Mitsubishi masih belum mau luncurkan Xpander Hybrid di RI
17 Mei 2025, 07:15 WIB
Penjualan Mitsubishi tahun fiskal 2024 kembali turun, Xpander pun berhasl menjadi penyelamat perusahaan
16 Mei 2025, 21:00 WIB
Toyota Indonesia gelar pendampingan TEY di Sumatera Barat untuk mematangkan visi dan misi proposal proyek lingkungan
16 Mei 2025, 20:22 WIB
PT MMKSI resmi meluncurkan versi terbaru Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hari ini, simak daftar harganya
16 Mei 2025, 18:00 WIB
Toyota bZ4X Touring atau bZ Woodland punya dimensi sedikit lebih panjang dan tampilannya semakin sporti