Toyota Veloz Hybrid Berpeluang Pakai Baterai CATL Rakitan Lokal
11 Oktober 2025, 17:00 WIB
Fasilitas pabrik Daihatsu di Karawang memiliki kapasitas produksi 200 ribu per tahun dibantu robotisasi
Oleh Serafina Ophelia
KatadataOTO – Fasilitas produksi PT ADM (Astra Daihatsu Motor) merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia, menjadi basis produksi mobil dan komponen untuk merek Toyota dan Daihatsu di luar Jepang.
Hingga sekarang, pabrik Daihatsu mampu mencetak lebih dari delapan juta unit kendaraan buat pasar domestik maupun unit ekspor ke negara lain.
Saat ini ada dua fasilitas milik Daihatsu berlokasi di Sunter dan Karawang. Pabrik di Karawang merupakan yang terkini, beroperasi sejak 2012 dan memiliki kapasitas sampai 200 ribu unit per tahun.
Guna membuat proses produksi semakin efisien dan efektif, PT ADM telah mulai menggunakan robot di beberapa tahapan produksi. Durasi pengerjaan satu unit mobil, sekitar 14 jam sehingga ada satu mobil dirampungkan di pabrik setiap menitnya.
Kiat PT ADM adalah Mix Line, di mana perakitan dilakukan untuk berbagai lini model dengan spesifikasi berbeda dalam waktu bersamaan.
“Kita bikin mobil ada yang spesifikasinya tinggi dan rendah. Sehingga kita Mix Line,” kata Kurniawan Rahardono, Executive Karawang Assembly Plant saat ditemui di Karawang beberapa waktu lalu.
Untuk menunjang hal tersebut ia menjelaskan PT ADM akan terus meningkatkan Automation Ratio atau penggunaan bantuan robot dalam tahapan perakitan kendaraan.
“Secara berkala kita kembangkan. Misalnya implementasi Inspeksi tinggal pasang kamera,” ucap pria yang akrab disapa Doni itu.
Jika dibandingkan, satu robot digunakan di pabrik menurut dia setara dengan dua orang pekerja. Namun Doni menegaskan, penambahan robot bukan semata-mata buat Cost Reduction tetapi meningkatkan kualitas mobil.
Sebagai informasi pabrik Daihatsu di Karawang menggunakan robotisasi dengan konsep SSC (Simple, Slim & Compact). Kemudian mendukung netralitas karbon, fasilitas dilengkapi panel surya untuk bantu kurangi emisi.
Mobil melalui sejumlah tahapan mulai dari Press Shop, Engine Shop sampai Assembly Shop sebelum kemudian melalui pengetesan sebelum diantar ke diler.
Misalnya Drum Test atau uji pengereman, sampai Water Leaking Test guna melihat apakah bodi mobil mengalami kebocoran atau tidak.
Pabrik tersebut juga melakukan produksi untuk sejumlah model setir kiri dan unit ekspor ke sejumlah negara seperti Filipina, Meksiko sampai Arab Saudi.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
11 Oktober 2025, 17:00 WIB
10 Oktober 2025, 15:00 WIB
10 Oktober 2025, 12:00 WIB
09 Oktober 2025, 18:00 WIB
07 Oktober 2025, 17:00 WIB
Terkini
12 Oktober 2025, 19:05 WIB
Towing hadir untuk mengangkut kendaraan mogok maupun sekadar berpindah ke tempat lain yang dibutuhkan
12 Oktober 2025, 17:00 WIB
Chery Tiggo 9 CSH disebut mendapatkan respons positif dari konsumen, SPK-nya mencapai angka 400 unit
12 Oktober 2025, 15:00 WIB
Artis Arief Muhammad kerap membagikan koleksi kendaraannya melalui Instagram, salah satunya BAIC BJ40 Plus
12 Oktober 2025, 13:00 WIB
Francesco Bagnaia mengaku terkejut bisa menjalin hubungan yang baik sebagai rekan satu tim dengan Marquez
12 Oktober 2025, 11:00 WIB
Suzuki Ignis bekas di Oktober 2025 terbilang cukup beragam bahkan ada yang ditawarkan dengan TDP Rp 5 juta
12 Oktober 2025, 09:00 WIB
Nama Geely masih tersemat di mobil listrik Aletra L8 EV, seperti pada bagian lampu depan maupun belakang
12 Oktober 2025, 07:00 WIB
Daihatsu Sigra bekas di Oktober 2025 terbilang cukup menarik karena ada banyak pilihan dengan TDP mulai Rp 5 jutaan
11 Oktober 2025, 17:00 WIB
Segera diluncurkan tahun depan, Toyota Veloz Hybrid berpeluang untuk pakai baterai CATL rakitan lokal