BYD Boyong Semua Mobil Listrik ke GIIAS Semarang 2024
26 Oktober 2024, 07:00 WIB
Beli mobil listrik bekas bisa lebih tenang karena garansi tetap berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Membeli mobil listrik bekas kini sudah menjadi hal lumrah karena di beberapa situs jual beli sudah banyak pilihan untuk diambil pelanggan. Harga jualnya pun terbilang jauh lebih terjangkau ketimbang membeli baru.
Namun ada sebagian masyarakat yang justru takut membeli mobil listrik bekas meski masih berusia muda. Kondisi baterai kendaraan dinilai menjadi penyebab utama timbulnya rasa ragu untuk menjadikannya sebagai pilihan.
Padahal beberapa pabrikan kendaraan sudah memastikan bahwa garansi kendaraan termasuk baterai mengikat ke mobil, bukan pemilik. Dengan demikian selama mobil masih dalam masa jaminan maka perlindungan masih bisa dinikmati.
“Garansi mobil listrik Neta adalah lima tahun atau 150.000 km sedangkan komponen tegangan tinggi adalah 8 tahun atau 180.000 Km. Garansi ini cukup panjang dan bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan berikutnya bila dijual saat usia muda,” ungkap Eldi Chandra, After Sales Operation Manager Neta Auto Indonesia pada KatadataOTO .
Hal senada juga disampaikan oleh Wuling Indonesia yang kini masih menjadi pabrikan mobil listrik terlaris di Tanah Air. Dalam keterangan pada KatadataOTO, pabrikan asal China tersebut menyebut bahwa garansi kendaraan elektrifikasi cukup banyak.
“Untuk pelanggan mobil listrik bekas mendapat garansi sesuai jaminan reguler yaitu jaminan selama tiga tahun atau 100.000 km. Sedangkan komponen inti seperti Power Battery System Assembly, Drive Motor dan Controller 8 tahun atau 120.000 kilometer,” ungkap Maulana Hakim, Aftersales Director Wuling Motors.
Ia pun mengungkap bahwa garansi komponen inti kelistrikan, High Voltage Distribution Box dan komponen Vehicle Terminal sampai dengan 5 tahun atau 100.000 kilometer juga bisa didapatkan.
“Namun perlu diingat bahwa seluruh garansi tersebut dihitung sejak unit diserahkan ke tangan pertama,” tambahnya.
Selain itu, baik Neta maupun Wuling pun tidak memberikan program atau paket perpanjangan garansi. Padahal program tersebut bisa memberi ketenangan tambahan bagi pelanggan mobil listrik bekas.
Perlu diingat bahwa seluruh garansi baik Neta maupun Wuling memiliki persyaratan dan ketentuannya masing-masing. Oleh sebab itu pastikan untuk memastikan kondisi kendaraan sebelum melakukan pembelian.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
26 Oktober 2024, 07:00 WIB
25 Oktober 2024, 17:28 WIB
25 Oktober 2024, 14:00 WIB
24 Oktober 2024, 20:00 WIB
23 Oktober 2024, 17:00 WIB
Terkini
26 Oktober 2024, 19:00 WIB
AHM dan Astra Motor Jogja menyerahkan donasi pendidikan kepada dua panti asuhan di kawasan Klaten, Jawa Tengah
26 Oktober 2024, 18:00 WIB
Gaikindo mengungkapkan ada sejumlah faktor yang akhirnya membuat mereka merevisi target penjualan mobil
26 Oktober 2024, 17:16 WIB
Debut di Paris Motor Show 2024, motor scrambler listrik Renault dijual terbatas 10 unit dengan harga fantastis
26 Oktober 2024, 14:10 WIB
Nissan Livina bekas lansiran 2022 terbilang sangat menarik karena tersedia beragam promo kredit yang memudahkan
26 Oktober 2024, 11:00 WIB
Meskipun belum ada kepastian soal insentif mobil hybrid, Chery Tiggo 8 Pro PHEV berpeluang masuk RI di 2025
26 Oktober 2024, 09:00 WIB
Daihatsu Terios bekas lansiran 2020 dijual dengan harga yang sangat kompetitif karena ada opsi TDP Rp 5 juta
26 Oktober 2024, 07:00 WIB
BYD memboyong semua mobil listrik mereka ke GIIAS Semarang 2024 untuk menarik minat masyarakat Jawa Tengah
25 Oktober 2024, 21:00 WIB
Pemberian subsidi motor listrik disinyalir tidak berlanjut di era Prabowo Subianto, produsen minta kejelasan