Garda Oto Jadi Asuransi Favorit Masyarakat di Kota Batam
23 Juni 2025, 23:00 WIB
Asuransi alami tekanan akibat adanya penurunan penjualan kendaraan yang belakangan semakin terasa di Tanah Air
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Tekanan penjualan kendaraan baru diklaim ikut mempengaruhi jumlah polis baru yang masuk ke perusahaan asuransi. Semakin sedikit mobil terjual maka makin kecil pula permohonan baru masuk.
Pasalnya kebanyakan polis baru datang dari pelanggan yang melakukan pembelian kendaraan secara kredit.
“Seluruh perusahaan asuransi memiliki situasi serupa yaitu sangat tergantung dengan penjualan secara kredit. Karena memang sudah satu paket ketika membeli mobil,” ungkap Christian Suyoto, Deputy VP MV Marketing - New Account Development Asuransi Astra.
Sayangnya dirinya tidak menjelaskan secara detail sebesar apa penurunan yang mereka alami setelah adanya tekanan pada industri otomotif.
Meski demikian dirinya terus berupaya menjaga konsumen agar tetap melakukan pembaruan klaim ketika masa asuransinya telah habis. Dengan demikian diharapkan jumlah konsumen bisa bertahan.
“Memang masih jarang pelanggan memperpanjang masa asuransi kendaraannya. Karena umumnya hanya mereka pengalaman klaim saja yang melakukannya karena sudah sadar pentingnya sebuah proteksi,” ungkapnya.
Terlebih untuk kendaraan dengan usia lima tahu ke atas biasanya asuransi akan berhenti karena umumnya mobil sudah dijual oleh pemilik.
“Usia kendaraan milik pelanggan biasanya sampai lima tahun kemudian dijual dan membeli unit baru. Memang ada mobil berusia tua serta tetap diasuransi tetapi biasanya karena pelanggan telah merasakan manfaat polis,” tambahnya kemudian.
Beragam cara pun sudah dilakukan Asuransi Astra dan Garda Oto untuk memberi kesadaran pentingnya sebuah asuransi. Termasuk dengan memberi renewal notice sebelum masa berlaku habis.
“Kemudian layanan untuk klaim juga kami pastikan berjalan dengan baik sehingga diharapkan pelanggan merasa terpenuhi kebutuhannya,” terang Christian.
Mereka juga terus menambah jumlah bengkel rekanaan yang bisa memperbaiki kendaraan. Namun seluruh workshop tersebut harus memiliki standar baik sehingga tidak mengecewakan pelanggan.
“Kerena untuk menjadi bengkel rekanan Garda Oto memang tidak mudah. Fasilitasnya harusnya lengkap guna memastikan perbaikan bisa dilakukan sesuai standar,” ungkap Aufar Saskara, Kepala Cabang Asuransi Astra Batam.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
23 Juni 2025, 23:00 WIB
23 Juni 2025, 10:00 WIB
03 Juni 2025, 16:05 WIB
28 Mei 2025, 22:00 WIB
25 Maret 2025, 16:00 WIB
Terkini
24 Juni 2025, 08:00 WIB
Versi terbaru Wuling BinguoEV bergaya sporti dan berdimensi lebih besar, bakal meluncur jelang akhir 2025
24 Juni 2025, 07:00 WIB
VinFast bertekad buat memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan membangun banyak SPKLU
24 Juni 2025, 06:16 WIB
Jangan sampai salah, berikut kami rangkum informasi lengkap dan lokasi SIM keliling Jakarta hari ini
24 Juni 2025, 06:14 WIB
SIM Keliling Bandung beroperasi di MCD Istana Plaza, masyarakat di kota Kembang bisa menyambanginya
24 Juni 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 24 Juni 2025 kembali digelar dengan pengawasan langsung dari kamera ETLE di berbagai titik
23 Juni 2025, 23:00 WIB
Garda Oto jadi salah satu penyedia asuransi yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di kota Batam
23 Juni 2025, 22:00 WIB
Perusahaan induk Neta dikabarkan telah memasuki proses pengajuan kebangkrutan akibat kondisi keuangan
23 Juni 2025, 21:00 WIB
Bos Ducati meminta Marc Marquez buat berdamai dengan Rossi, menurut dia konflik tersebut sudah terlalu lama