MPM Insurance Bertransformasi Lewat Nahkoda Baru
12 September 2025, 17:14 WIB
Asuransi alami tekanan akibat adanya penurunan penjualan kendaraan yang belakangan semakin terasa di Tanah Air
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Tekanan penjualan kendaraan baru diklaim ikut mempengaruhi jumlah polis baru yang masuk ke perusahaan asuransi. Semakin sedikit mobil terjual maka makin kecil pula permohonan baru masuk.
Pasalnya kebanyakan polis baru datang dari pelanggan yang melakukan pembelian kendaraan secara kredit.
“Seluruh perusahaan asuransi memiliki situasi serupa yaitu sangat tergantung dengan penjualan secara kredit. Karena memang sudah satu paket ketika membeli mobil,” ungkap Christian Suyoto, Deputy VP MV Marketing - New Account Development Asuransi Astra.
Sayangnya dirinya tidak menjelaskan secara detail sebesar apa penurunan yang mereka alami setelah adanya tekanan pada industri otomotif.
Meski demikian dirinya terus berupaya menjaga konsumen agar tetap melakukan pembaruan klaim ketika masa asuransinya telah habis. Dengan demikian diharapkan jumlah konsumen bisa bertahan.
“Memang masih jarang pelanggan memperpanjang masa asuransi kendaraannya. Karena umumnya hanya mereka pengalaman klaim saja yang melakukannya karena sudah sadar pentingnya sebuah proteksi,” ungkapnya.
Terlebih untuk kendaraan dengan usia lima tahu ke atas biasanya asuransi akan berhenti karena umumnya mobil sudah dijual oleh pemilik.
“Usia kendaraan milik pelanggan biasanya sampai lima tahun kemudian dijual dan membeli unit baru. Memang ada mobil berusia tua serta tetap diasuransi tetapi biasanya karena pelanggan telah merasakan manfaat polis,” tambahnya kemudian.
Beragam cara pun sudah dilakukan Asuransi Astra dan Garda Oto untuk memberi kesadaran pentingnya sebuah asuransi. Termasuk dengan memberi renewal notice sebelum masa berlaku habis.
“Kemudian layanan untuk klaim juga kami pastikan berjalan dengan baik sehingga diharapkan pelanggan merasa terpenuhi kebutuhannya,” terang Christian.
Mereka juga terus menambah jumlah bengkel rekanaan yang bisa memperbaiki kendaraan. Namun seluruh workshop tersebut harus memiliki standar baik sehingga tidak mengecewakan pelanggan.
“Kerena untuk menjadi bengkel rekanan Garda Oto memang tidak mudah. Fasilitasnya harusnya lengkap guna memastikan perbaikan bisa dilakukan sesuai standar,” ungkap Aufar Saskara, Kepala Cabang Asuransi Astra Batam.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
12 September 2025, 17:14 WIB
31 Agustus 2025, 13:00 WIB
30 Agustus 2025, 22:00 WIB
02 Agustus 2025, 13:00 WIB
23 Juni 2025, 23:00 WIB
Terkini
30 September 2025, 10:00 WIB
Franco Morbidelli serta Fabio Di Giannantonio menyambangi Jakarta lebih dulu sebelum melakoni MotoGP Mandalika
30 September 2025, 09:00 WIB
Bagian dari program apresiasi konsumen, Federal Oil ajak sejumlah konsumen menonton MotoGP Jepang 2025
30 September 2025, 08:00 WIB
Sedikitnya ada enam gerbang tol Dalam Kota yang ditutup sementara untuk mendapat perbaikan setelah dirusak massa
30 September 2025, 07:00 WIB
BlackAuto Battle 2025 Surabaya berhasil menarik perhatian para penggelar modifikasi dari bebagai daerah
30 September 2025, 06:00 WIB
Lima tempat ini menyediakan fasilitas SIM keliling Jakarta, simak informasi lengkap jadwal dan lokasinya
30 September 2025, 06:00 WIB
Pada akhir bulan, kepolisian di Kota kembang mengoperasikan SIM keliling Bandung di dua lokasi berbeda
30 September 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 30 September 2025 bakal diwarnai dengan aksi demo di depan gedung DPR RI sejak pagi
29 September 2025, 20:00 WIB
Wamenperin ingin industri sepeda motor di dalam negeri menyusun roadmap untuk selama sepuluh tahun ke depan