Mengenal Pentingnya Asuransi Kendaraan buat Pemilik Mobil
02 Agustus 2025, 13:00 WIB
Asuransi alami tekanan akibat adanya penurunan penjualan kendaraan yang belakangan semakin terasa di Tanah Air
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Tekanan penjualan kendaraan baru diklaim ikut mempengaruhi jumlah polis baru yang masuk ke perusahaan asuransi. Semakin sedikit mobil terjual maka makin kecil pula permohonan baru masuk.
Pasalnya kebanyakan polis baru datang dari pelanggan yang melakukan pembelian kendaraan secara kredit.
“Seluruh perusahaan asuransi memiliki situasi serupa yaitu sangat tergantung dengan penjualan secara kredit. Karena memang sudah satu paket ketika membeli mobil,” ungkap Christian Suyoto, Deputy VP MV Marketing - New Account Development Asuransi Astra.
Sayangnya dirinya tidak menjelaskan secara detail sebesar apa penurunan yang mereka alami setelah adanya tekanan pada industri otomotif.
Meski demikian dirinya terus berupaya menjaga konsumen agar tetap melakukan pembaruan klaim ketika masa asuransinya telah habis. Dengan demikian diharapkan jumlah konsumen bisa bertahan.
“Memang masih jarang pelanggan memperpanjang masa asuransi kendaraannya. Karena umumnya hanya mereka pengalaman klaim saja yang melakukannya karena sudah sadar pentingnya sebuah proteksi,” ungkapnya.
Terlebih untuk kendaraan dengan usia lima tahu ke atas biasanya asuransi akan berhenti karena umumnya mobil sudah dijual oleh pemilik.
“Usia kendaraan milik pelanggan biasanya sampai lima tahun kemudian dijual dan membeli unit baru. Memang ada mobil berusia tua serta tetap diasuransi tetapi biasanya karena pelanggan telah merasakan manfaat polis,” tambahnya kemudian.
Beragam cara pun sudah dilakukan Asuransi Astra dan Garda Oto untuk memberi kesadaran pentingnya sebuah asuransi. Termasuk dengan memberi renewal notice sebelum masa berlaku habis.
“Kemudian layanan untuk klaim juga kami pastikan berjalan dengan baik sehingga diharapkan pelanggan merasa terpenuhi kebutuhannya,” terang Christian.
Mereka juga terus menambah jumlah bengkel rekanaan yang bisa memperbaiki kendaraan. Namun seluruh workshop tersebut harus memiliki standar baik sehingga tidak mengecewakan pelanggan.
“Kerena untuk menjadi bengkel rekanan Garda Oto memang tidak mudah. Fasilitasnya harusnya lengkap guna memastikan perbaikan bisa dilakukan sesuai standar,” ungkap Aufar Saskara, Kepala Cabang Asuransi Astra Batam.
Artikel Terpopuler
Artikel Terkait
02 Agustus 2025, 13:00 WIB
23 Juni 2025, 23:00 WIB
23 Juni 2025, 10:00 WIB
03 Juni 2025, 16:05 WIB
28 Mei 2025, 22:00 WIB
Terkini
15 Agustus 2025, 06:00 WIB
Ganjil genap Jakarta 15 Agustus 2025 kembali digelar meski ada sidang tahunan MPR yang dilakukan sejak pagi
15 Agustus 2025, 06:00 WIB
Sebelum libur panjang karen cuti bersama, pengendara dapat mendatangi salah satu lokasi SIM keliling Bandung
15 Agustus 2025, 06:00 WIB
Jelang akhir pekan, SIM keliling Jakarta masih tersedia di lima lokasi berbeda untuk perpanjangan SIM A dan C
14 Agustus 2025, 22:00 WIB
Kontes Layanan Honda Nasional atau KLHN 2025 rampung, hasillkan pemenang dari berbagai diler Honda di RI
14 Agustus 2025, 21:00 WIB
Sudewo, Bupati Pati melaporkan delapan kendaraan di LHKPN KPK, salah satunya adalah BMW X5 lansiran 2023
14 Agustus 2025, 20:00 WIB
Mobil listrik BMW serta MINI bakal diandalkan sebagai lead car dalam ajang Maybank Marathon 2025 di Bali
14 Agustus 2025, 19:00 WIB
Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan para pemotor demi meminimalisir bahaya benang layangan di jalanan
14 Agustus 2025, 18:00 WIB
Berikut KatadataOTO merangkum skema cicilan BYD Atto 1 buat tipe Dynamic dan Premium, mulai Rp 2 jutaan