MPM Insurance Bertransformasi Lewat Nahkoda Baru
12 September 2025, 17:14 WIB
Asuransi alami tekanan akibat adanya penurunan penjualan kendaraan yang belakangan semakin terasa di Tanah Air
Oleh Adi Hidayat
KatadataOTO – Tekanan penjualan kendaraan baru diklaim ikut mempengaruhi jumlah polis baru yang masuk ke perusahaan asuransi. Semakin sedikit mobil terjual maka makin kecil pula permohonan baru masuk.
Pasalnya kebanyakan polis baru datang dari pelanggan yang melakukan pembelian kendaraan secara kredit.
“Seluruh perusahaan asuransi memiliki situasi serupa yaitu sangat tergantung dengan penjualan secara kredit. Karena memang sudah satu paket ketika membeli mobil,” ungkap Christian Suyoto, Deputy VP MV Marketing - New Account Development Asuransi Astra.
Sayangnya dirinya tidak menjelaskan secara detail sebesar apa penurunan yang mereka alami setelah adanya tekanan pada industri otomotif.
Meski demikian dirinya terus berupaya menjaga konsumen agar tetap melakukan pembaruan klaim ketika masa asuransinya telah habis. Dengan demikian diharapkan jumlah konsumen bisa bertahan.
“Memang masih jarang pelanggan memperpanjang masa asuransi kendaraannya. Karena umumnya hanya mereka pengalaman klaim saja yang melakukannya karena sudah sadar pentingnya sebuah proteksi,” ungkapnya.
Terlebih untuk kendaraan dengan usia lima tahu ke atas biasanya asuransi akan berhenti karena umumnya mobil sudah dijual oleh pemilik.
“Usia kendaraan milik pelanggan biasanya sampai lima tahun kemudian dijual dan membeli unit baru. Memang ada mobil berusia tua serta tetap diasuransi tetapi biasanya karena pelanggan telah merasakan manfaat polis,” tambahnya kemudian.
Beragam cara pun sudah dilakukan Asuransi Astra dan Garda Oto untuk memberi kesadaran pentingnya sebuah asuransi. Termasuk dengan memberi renewal notice sebelum masa berlaku habis.
“Kemudian layanan untuk klaim juga kami pastikan berjalan dengan baik sehingga diharapkan pelanggan merasa terpenuhi kebutuhannya,” terang Christian.
Mereka juga terus menambah jumlah bengkel rekanaan yang bisa memperbaiki kendaraan. Namun seluruh workshop tersebut harus memiliki standar baik sehingga tidak mengecewakan pelanggan.
“Kerena untuk menjadi bengkel rekanan Garda Oto memang tidak mudah. Fasilitasnya harusnya lengkap guna memastikan perbaikan bisa dilakukan sesuai standar,” ungkap Aufar Saskara, Kepala Cabang Asuransi Astra Batam.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
12 September 2025, 17:14 WIB
31 Agustus 2025, 13:00 WIB
30 Agustus 2025, 22:00 WIB
02 Agustus 2025, 13:00 WIB
23 Juni 2025, 23:00 WIB
Terkini
13 November 2025, 23:00 WIB
PT AHM menghadirkan beberapa warna baru untuk skutik Honda Scoopy, harga mulai Rp 22 jutaan OTR Jakarta
13 November 2025, 22:30 WIB
Produksi mobil nasional, komitmen Presiden Prabowo Subianto akan melibatkan beberapa pihak termasuk Pindad
13 November 2025, 21:30 WIB
Ada satu hal yang disorot oleh bos Ford sebagai perbedaan utama karakter konsumen Indonesia dan Thailand
13 November 2025, 21:30 WIB
Audi berikan bocoran desain mobil Formula 1 perdana mereka yang bakal debut tahun depan, ambil alih tim Sauber
13 November 2025, 21:00 WIB
Penurunan penjualan mobil bekas di 2025 disebabkan oleh beragam faktor, termasuk ketatnya aturan kredit kendaraan
13 November 2025, 20:30 WIB
Brand aksesoris asal Jerman SW-Motech masuk Indonesia di bawah naungan ONE3 Motorshop di ajang IMHAX 2025
13 November 2025, 20:00 WIB
Federal Oil berkomitmen untuk mencegah peredaran oli palsu di Indonesia dengan sejumlah program menarik
13 November 2025, 19:30 WIB
Respiro mencoba menggoda para pengunjung pameran IMHAX 2025 melalui produk-produk terbaru dan juga inovatif